Comscore Tracker

Heboh Diet Fruitarian, Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya!

Pentingnya makan sehat untuk tubuh yang sehat

Sesuai dengan namanya, diet fruitarian merupakan jenis diet dengan mayoritas asupan berasal dari buah yaitu sebesar 75%. Konsumsi diet fruitarian dapat dikombinasikan dengan bahan pangan lain seperti biji-bijian dan sayuran. Diet ini merupakan pola makan yang berkembang dari kalangan vegan. 

Secara prinsip, penganut diet fruitarian hanya mengonsumsi makanan yang ditanam. Diet ini menjadi populer setelah adanya pemberitaan dari media bahwa aktor ternama dari Amerika, Ashton Kutcher, pernah berakhir dirawat di rumah sakit setelah menjalani diet ini.

Buah-buahan memang salah satu makanan yang bernutrisi, kaya akan vitamin dan mineral. Diet ini juga efektif menurunkan berat badan terkait dengan karakter gizi buah-buahan yang rendah jumlah kalorinya. 

Akan tetapi, banyak ahli kesehatan menyampaikan risiko kesehatan dari menjalankan diet ini karena memungkinkan beberapa jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Mau tahu apa saja efek samping yang mungkin timbul dengan menjalani diet fruitarian ini? Mari simak 5 penjelasan berikut ini.

1. Risiko terhadap kesehatan tulang

Heboh Diet Fruitarian, Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya!safebee.com

Pola makan dengan diet fruitarian minim dengan kandungan kalsium dan vitamin D. Kedua nutrisi ini penting untuk membentuk tulang yang kuat bagi tubuh. Beberapa sumber kalsium yang baik seperti susu, yoghurt, atau keju sama sekali tidak dikonsumsi. 

Sementara kebutuhan vitamin D mungkin bisa didapatkan dari paparan sinar matahari. Akan tetapi, jika dalam aktivitas sehari-hari berada di dalam ruangan maka sulit memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D. 

2. Defisiensi vitamin B-12

Heboh Diet Fruitarian, Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya!kidspot.com.au

Linus Pauling Institute Micronutrient Information Center menyampaikan bahwa sumber alami vitamin B-12 berada pada makanan yang berasal dari hewan seperti daging, unggas, telur, dan ikan. 

Kekurangan vitamin B-12 dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena vitamin ini memiliki peran pada pembentukan sel darah merah dan dibutuhkan di jaringan saraf.

Baca Juga: Suka Ngemil Kuaci? Beginilah Khasiatnya Menurut Pakar Diet!

3. Defisiensi lemak

Heboh Diet Fruitarian, Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya!Pexels/energepic.com

Lemak tidak selamanya jahat. Lemak baik seperti asam lemak omega-3 sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan hormon dan mempertahankan fungsi otak dengan baik. Bayangkan jika kamu kekurangan asupan ini, maka dapat berefek buruk pada kesehatan karena otak memegang kontrol penting terhadap tubuh.

4. Risiko pada level gula darah tubuh

Heboh Diet Fruitarian, Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya!Unsplash/Rawpixel

Gula pada buah yaitu fruktosa memang menjadi salah satu alternatif gula alami. Namun, konsumsi fruktosa yang berlebihan juga dapat mengganggu kestabilan gula darah. Konsumsi fruktosa dalam sehari dianjurkan tidak lebih dari 25 gram. 

Dengan mengonsumsi 3 buah per hari saja setara dengan kurang lebih 25 gram fruktosa. Bayangkan jika dengan diet fruitarian yang 75% asupan terdiri dari buah maka fruktosa yang dikonsumsi dalam keadaan berlebih. 

5. Risiko anemia zat besi

Heboh Diet Fruitarian, Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya!Unsplash/Kinga Cichewicz

Beberapa sayuran memang mengandung zat besi seperti bayam. Namun zat besi dari tumbuh-tumbuhan relatif lebih sulit diserap oleh tubuh dibandingkan zat besi dari sumber makanan hewani. Kekurangan zat besi dapat berisiko terjadinya anemia yang ditandai dengan kelelahan, letih, nampak lesu, dan menurunnya imun tubuh.

Yang terpenting dari pola konsumsi makanan adalah keseimbangan dan tidak berlebihan. Ingat ya, sebelum menentukan mengikuti suatu pola diet tertentu ada baiknya mengetahui dengan detail dampak serta risiko yang mungkin ditimbulkan. Mari bijak mengelola pola makan demi tubuh yang sehat!

Baca Juga: Tanpa Diet, Ini 5 Cara Efektif Turunkan Berat Badan Menurut Sains!

Dita Anitya I Photo Verified Writer Dita Anitya I

I love minimalism!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya