Comscore Tracker

6 Makanan Lezat Ini Ternyata Awalnya Adalah Produk Gagal Lho

Jadi brownies itu dulunya kue bantat...

Gak semua produk gagal itu harus dibuang begitu saja. Buktinya 6 makanan ini. Meskipun menyandang predikat produk gagal, makanan-makanan ini semakin populer di kalangan pecinta kuliner.

Apakah makanan favoritmu termasuk dalam daftar berikut?

1. Brownies

6 Makanan Lezat Ini Ternyata Awalnya Adalah Produk Gagal Lhowww.marthastewart.com

Brownies adalah kue gagal yang paling sukses. Kenapa? Karena tekstur bantat akibat gagal mengembang, brownies memiliki ciri khas yang berbeda dari kue pada umumnya. Dan hal berbeda inilah yang membuat brownies banyak disukai.

Awal terciptanya brownies terjadi dikarenakan seorang koki yang ingin membuat bolu cokelat lupa memasukkan bahan pengembang ke dalam adonan. Sehingga membuat hasil jadi kue menjadi bantat (keras/tidak empuk). Meskipun kue yang dihasilkan tidak sesuai ekspektasi sang koki tetap menyajikan kue tersebut kepada keluarganya. Ternyata, keluarganya menyukai kue tersebut.

Dan sejak saat itu brownies menjadi kue terkenal hingga saat ini. Wah, facorit siapa nih?

2. Chocochip

6 Makanan Lezat Ini Ternyata Awalnya Adalah Produk Gagal Lhobakers-corner.com.au

Pernah mengalami kegagalan dalam melelehkan cokelat? Berarti kamu sama dengan penemu chocochip ini.

Pada tahun 1930, Ruth Wakefield membuat kue kering dengan mencampurkan potongan cokelat batangan dari Nestle tanpa melelehkannya. Ia berharap coklat akan meleleh saat dipanggang. Saat sudah jadi, potongan cokelat tetap seperti sediakala dan mempunyai tekstur yang renyah saat digigit. Kue kering inipun banyak diminati.

Sejak saat itu, Nestle mencantumkan resep kue kering coklat Ruth Wakefield pada kemasan coklat batangan Nestle. Dan menjadikan choco chip cookies kue kering cokelat terkenal di seluruh penjuru dunia.

3. Corn Flake

6 Makanan Lezat Ini Ternyata Awalnya Adalah Produk Gagal Lholivestrong.com

Terciptanya corn flake adalah bukti kegagalan adalah awal kesuksesan. Hal ini dialami oleh W.K Kellog dan John Harvey Kellog. Pada tahun 1898 mereka gagal dalam membuat granola gandum berry dan menciptakan serpihan gandum yang berbentuk pipih dan mengeras. Serpihan ini tidak dibuang begitu saja. Mereka mencoba mencicipi dan rasanya ternyata enak.

Mereka  meneruskan eksperimen ini dengan menggunakan bahan dasar jagung. Hingga akhirnya Kellog bersaudara memutuskan untuk membangun pabrik corn flake pertama yang bernama "Kellog's Corn Flake" dan menjadikan corn flake sebagai menu sarapan populer.

4. Keripik Kentang

6 Makanan Lezat Ini Ternyata Awalnya Adalah Produk Gagal Lhowww.youtube.com

Siapa sangka keripik kentang termasuk ke dalam daftar makanan gagal.

Hal ini dikarenakan seorang pelanggan yang tidak puas dengan kentang goreng yang ia pesan terlalu tebal. Sehingga Ia pun protes kepada chef restoran tersebut. George Crum selaku chef yang bertanggungjawab, membuat kentang goreng yang baru dan menyajikannya.

Namun pelanggan masih belum puas dan menganggap kentang gorengnya masih terlalu tebal. Karena kesal, George Crum akhirnya mengiris kentang goreng setipis mungkin. Ternyata pelanggan sangat menyukai kentang goreng tipis tersebut. 

Sejak saat itulah kentang goreng tipis/keripik kentang menjadi camilan paling populer di seluruh dunia.

5. Lea & Perrins Sauce

6 Makanan Lezat Ini Ternyata Awalnya Adalah Produk Gagal Lhowww.leaandperrins.co.uk

Pada awalnya Lea & Perrins Sauce adalah saus hasil eksperimen yang gagal.

Pada tahun 1800-an, John Lea dan William Perrins mencoba membuat saus yang enak. Namun saus yang dihasilkan memiliki rasa yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Saus itu ditinggalkan begitu saja di gudang bawah tanah. Dua tahun kemudian, mereka tanpa sengaja menemukan saus tersebut dan mencoba mencicipinya.

Tak disangka, mereka merasakan rasa yang menakjubkan. Karena itu John Lea dan William Perrins memutuskan untuk memproduksi saus bercita rasa asam manis tersebut. Hingga saat ini Lea dan Perrins menjadi saus yang populer dan selalu digunakan di setiap masakan western.

6. Gatot

6 Makanan Lezat Ini Ternyata Awalnya Adalah Produk Gagal Lhowww.tulungagungtourism.com

Istilah gagal paling melekat pada kue yang satu ini. Gatot alias gagal total. Ada yang tahu kue apa ini?

Gatot adalah kue tradisional/jajanan asli dari Gunung kidul, Yogyakarta. Kenapa gatot merupakan kue yang gagal total? Sebagian masyarakat Gunung Kidul terbiasa mengkonsumsi singkong sebagai makanan pokok. Singkong dijemur di bawah sinar matahari untuk dijadikan gaplek.

Pada suatu ketika hujan turun mengenai gaplek-gaplek yang sedang dijemur. Karena lembab dan dibiarkan begitu saja, bakteri Lactobacillus dan jamur tumbuh pada permukaan gaplek. Gaplek pun berubah berwarna kehitaman karena metabolisme mikroba.

Gaplek gagal itupun diolah menjadi panganan baru bernama Gatot. Selain memiliki rasa yang unik, gatot juga mengandung protein dan vitamin B yang tinggi akibat proses fermentasi.

Salah satu pelopor gatot di Yogyakarta adalah mbah Tuminah atau akrab disapa Yu Tum. Ia menjajakan gatot dan juga tiwul mulai tahun 1985. Hingga sekarang gatot menjadi jajanan unik yang tetap memiliki penggemar.

Produk gagal tidak lantas menjadi tidak berguna. Apalagi saat kamu mengalami kegagalan dan langsung berputus asa. Karena makanan-makanan diatas menjadi bukti nyata bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Jadi jangan takut untuk membuat produkmu sendiri, meskipun gagal jangan menyerah. Mungkin saja produkmu bisa terkenal dan membawamu pada gerbang kesuksesan.

 

 

DiyahS Photo Community Writer DiyahS

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You