Comscore Tracker

7 Makanan Penutup Khas Korea Selatan yang Harus Kamu Coba, Lezat! 

Ada banyak hidangan menarik lainnya selain patbingsoo lho

Selain terkenal dengan boyband, girlband dan drakornya, Korea Selatan menyimpan segudang hal menarik yang sayang untuk kamu lewatkan. Salah satunya adalah kulinernya.

Kalau kamu sudah sering mendengar nama makanan Korea seperti tteokpokki, ramyeon atau bibbimbap, sekarang saatnya kamu kenalan dengan hidangan penutup khas Korea Selatan.

1. Hotteok

7 Makanan Penutup Khas Korea Selatan yang Harus Kamu Coba, Lezat! mrspskitchen.ne

Hotteok adalah makanan sejenis pancake yang terbuat dari tepung, air, gula, susu, dan ragi. Berbeda dengan pancake ala barat, hotteok biasanya memiliki isian berupa pasta manis yang terbuat dari gula, madu, kacang cincang dan kayu manis.

Namun saat ini, hotteok sudah memiliki banyak varian rasa lainnya seperti isian green tea, raspberry, atau cream cheese.

2. Songpyeon

7 Makanan Penutup Khas Korea Selatan yang Harus Kamu Coba, Lezat! asian-recipe.com

Songpyeon merupakan hidangan tradisional Korea yang berbentuk seperti dumpling dan terbuat dari beras ketan. Meskipun terlihat seperti dumpling, tapi sangpyeon termasuk kedalam jenis hidangan tteok dan biasanya memiliki isian pasta kacang merah atau kacang kastanye.

Hidangan ini biasa disantap pada festival Chuseok.

3. Hwajeon

7 Makanan Penutup Khas Korea Selatan yang Harus Kamu Coba, Lezat! alchetron.com

Seperti songpyeon, hwajeon juga termasuk ke dalam jenis tteok dan berbahan dasar kue beras. Secara bahasa, "hwa" berarti bunga dan "jeon" yang artinya goreng. Kelopak bunga yang diletakkan di atas hwajeon tidak hanya berguna sebagai hiasan, tapi juga dapat dimakan.

Biasanya hwajeon menggunakan bunga musiman seperti bunga rhodendron, mawar, atau golden bell.

Baca Juga: 7 Dessert Khas Hong Kong yang Cocok untuk Buka Puasa, Enak Banget!

4. Patbingsoo

7 Makanan Penutup Khas Korea Selatan yang Harus Kamu Coba, Lezat! thisistucson.com

Siapa yang tidak mengenal hidangan penutup yang satu ini? Patbingsoo atau es serut kacang merah ini terbuat dari es serut, susu kental manis dan pasta kacang merah.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang mulai menambahkan aneka topping pada patbingsoo seperti menambahkan es krim, potongan buah, sirop, whipped cream atau berbagai topping kekinian seperti oreo dan marshmallow.

5. Bungeoppang

7 Makanan Penutup Khas Korea Selatan yang Harus Kamu Coba, Lezat! heroes-get-made.tumblr.com

Bungeoppang atau dikenal dengan taiyaki di Jepang merupakan kue berbentuk ikan yang biasanya memiliki isian pasta kacang merah.

Berasal dari kata "bungeo" yang berarti ikan mas dan "ppang" yang artinya roti, bungeoppang memiliki tekstur yang renyah dan lembut di dalamnya.

Jika mengunjungi Korea Selatan, pastikan kamu membeli bungeoppang untuk dibawa pulang.

6. Hangwa

7 Makanan Penutup Khas Korea Selatan yang Harus Kamu Coba, Lezat! backpackerlee.wordpress.com

Hangwa adalah kue tradisional asal Korea Selatan yang terbuat dari tepung beras, madu, gula dan minyak wijen serta diolah dengan dicetak, digoreng, ataupun dikukus.

Hangwa terdiri dari 4 jenis yaitu yakgwa, gangjeong, dasik, dan yaksik.

7. Jeonggwa

7 Makanan Penutup Khas Korea Selatan yang Harus Kamu Coba, Lezat! blog.daum.net

Jeonggwa sering disebut sebagai variasi lain dari hangwa. Jeonggwa merupakan manisan yang terbuat dari buah atau akar tanaman yang direbus dalam madu atau gula. Jeonggwa juga memiliki banyak jenis seperti saenggang jeonggwa (생강정과) yang dibuat dengan jahe atau insam jeonggwa (인삼정과) yang dibuat dengan ginseng.

Itulah 7 hidangan penutup asal Korea Selatan yang harus kamu coba. Selain unik, rasanya juga pasti menarik dan layak untuk kamu cicipi. Nah, mana hidangan penutup yang paling ingin kamu coba?

Baca Juga: 5 Street Food Paling Populer di Korea Selatan, Wajib Kamu Coba!

Dwi Kurniawati Lestari Photo Verified Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya