Comscore Tracker

Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Kuat Menghadapi Masalah, Cobain Ya!

Perut tenang, pikiran tenang, masalah selesai~

Saat menghadapi masalah tubuh memerlukan banyak energi untuk berpikir, konsentrasi dan juga meningkatkan memori. Energi dapat dipenuhi melalui makanan yang merupakan sumber tenaga bagi tubuh. Makanan apa saja yang dapat dikonsumsi saat menghadapi berbagai masalah? Simak berikut ini ya.

1. Makanan dengan kandungan asam lemak omega-3

Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Kuat Menghadapi Masalah, Cobain Ya!pexels/Oscar Mikols

Asam lemak seperti omega-3 berperan dalam perkembangan kekuatan otak dan juga fungsi memori. Asam lemak omega-3 dapat diperoleh dari ikan salmon, makarel, tuna segar, trout, sarden dan ikan hering. Saat bingung menghadapi masalah, coba ganti hidangan fastfood dengan menu ikan dengan omega-3.  Untuk asupan sehari-hari ikan kaya omega-3 dapat dikonsumsi satu atau dua kali dalam seminggu.

2. Sayuran

Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Kuat Menghadapi Masalah, Cobain Ya!pixabay.com/Nipapun

Sayuran banyak mengandung serat yang dapat membuat perut kenyang lebih lama karena melepas energi secara perlahan sehingga tidak mudah lapar. Untuk sayuran dapat mengonsumsi wortel, brokoli atau sayuran berdaun gelap. Sayuran berdaun gelap banyak mengandung zat besi yang baik dikonsumsi selama pusing menghadapi masalah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan kurang fokus.

3. Buah-buahan

Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Kuat Menghadapi Masalah, Cobain Ya!pixabay.com/pasja1000

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan serta membuat perut kenyang lebih lama. Buah-buahan yang dapat dikonsumsi seperti apel, pir, raspberry dan pisang. Untuk olahan, dapat menambahkan buah kering ke dalam semangkuk bubur atau sereal gandum. Selain serat, vitamin C yang terkandung di dalam buah juga diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah, buah kiwi dan jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik lho.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Mengandung Probiotik untuk Kesehatan Pencernaan!

4. Makanan mengandung protein

Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Kuat Menghadapi Masalah, Cobain Ya!pixabay.com/RitaE

Protein juga berguna bagi tubuh, seperti halnya ikan, biji-bijian, kacang-kacangan dan juga daging merah. Selain kaya protein, daging merah juga  mengandung zat besi yang baik untuk menjaga fokus dan membuat tubuh tidak mudah cepat lelah.

5. Karbohidrat kompleks

Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Kuat Menghadapi Masalah, Cobain Ya!pixabay.com/ulleo

Karbohidrat kompleks baik bagi tubuh, ini membuat perut kenyang lebih lama karena energi dilepaskan secara perlahan sehingga tidak mudah lapar. Karbohidrat kompleks juga baik dalam  menjaga kestabilan gula darah, kekuatan otak dan mencegah penurunan konsentrasi.

Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari aneka produk gandum seperti biji, roti, sereal, atau pasta gandum dan juga nasi merah. Gandum mengandung glukosa dan energi penting sebagai bahan bakar bagi otak serta kaya serat yang berfungsi untuk mengatur pasokan glukosa ke dalam tubuh. Selain itu gandum juga kaya akan vitamin B yang memiliki fungsi untuk menyehatkan sistem saraf.

Sarapan pagi dengan menu yang mengandung gandum dapat meningkatkan daya ingat dan perhatian jangka pendek dibanding menu sarapan dengan karbohidrat olahan atau tidak sarapan sama sekali.

Jadi, sebelum kerja sarapan dulu ya dan Jangan lupa hindari makanan pedas agar perut tidak bermasalah.

6. Jangan lupa minum air putih

Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Kuat Menghadapi Masalah, Cobain Ya!pexels/Daria Shevtsova

Minum dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan juga memiliki segudang manfaat seperti mencegah kulit kering, kulit kusam, keram otot dan sakit kepala. Minum air putih juga dapat memaksimalkan fokus serta mencegah penurunan kewaspadaan lho.

Bawalah botol air minum ke mana saja kamu pergi. Isi botolmu dengan air putih dan hindari minuman bersoda atau minuman berenergi lainnya karena minuman tersebut memiliki kadar gula yang tinggi, akibatnya tubuh akan menggunakan air untuk mengelola gula tersebut. Hal ini bisa membuat tubuh kekurangan air dan kita mudah merasa haus. Jangan sampai dehidrasi ya! Pastikan botolmu terisi air putih.

Tidak ada makanan yang bergizi lengkap ya, semua harus dikombinasikan. Makanan yang seimbang dapat membantu untuk fokus dan terhindar dari penyakit. Gimana guys siap menghadapi masalah? semangat ya!

Baca Juga: Sering Jadi Gorengan, 7 Makanan Ini Malah Bermanfaat untuk Kecantikan

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You