Comscore Tracker

5 Cara Populer Mengolah Oyster, Mulai dari Dikukus hingga Diasap

Kira-kira, kamu lebih suka olahan oyster yang mana?

Olahan dari laut memang gak pernah gagal bikin lidah bergoyang. Mulai dari udang saus tiram, nasi goreng hitam lengkap dengan potongan cumi, atau yang paling nikmat adalah kepiting saus padang. Lalu, bagaimana dengan oyster? Kamu sudah pernah coba?

Oyster atau tiram kini tengah naik daun karena banyak disajikan di restoran pinggir laut sampai restoran mewah dengan harga selangit. Secara tekstur, akan mirip dengan kerang biasa, tapi lebih empuk dan halus. Gak heran disebut makanan kelas atas. 

Berikut ini adalah 5 cara mengolah oyster paling populer dan umum dilakukan. Ada apa saja ya?

1. Dengan cara diasap

5 Cara Populer Mengolah Oyster, Mulai dari Dikukus hingga Diasapoyster asap (instagram.com/thecrookedramvt)

Cara mengasap oyster mirip dengan mengasap seafood pada umumnya. Oyster dimasukkan dalam sebuah panggangan atau pengasap, kemudian diproses dalam suhu 225 ° F  sampai empuk dan gak lagi berlendir. 

Gak selama daging, ini karena ukuran oyster yang lebih kecil sekitar 35-50 menit. Walau begitu, cangkangnya yang keras bikin harus ekstra sabar saat mengupasnya

2. Dengan cara dikukus

5 Cara Populer Mengolah Oyster, Mulai dari Dikukus hingga Diasapoyster kukus (instagram.com/kingclawseafood)

Mengukus oyster berbeda dengan merebus, ya. Kamu perlu alat kukus atau panci yang diisi air. Lalu saat mendidih, letakkan oyster dalam sebuah wadah tapi jangan sampai terkena airnya. Oyster dimasak dengan uap dalam waktu beberapa menit saja tanpa menghilangkan rasa alaminya 

Cara satu ini disebut cara memasak oyster yang paling sehat. Rasa alaminya akan keluar dan gak menghilangkan dagingnya yang kenyal. Tanpa perlu minyak apa pun, oyster kukus akan rendah kalori dan lemak. 

Baca Juga: 5 Olahan Oyster Khas Amerika Serikat yang Nikmatnya Tiada Tanding!

3. Dengan cara digoreng

5 Cara Populer Mengolah Oyster, Mulai dari Dikukus hingga Diasapoyster goreng (instagram.com/fongsama)

Memang gak banyak yang mengolah oyster dengan cara digoreng. Tapi buat pencinta seafood sepertimu, gak ada salahnya 'kan buat mencoba? Prosesnya cukup lama karena kamu harus mengupas cangkangnya lebih dulu. 

Gak langsung digoreng, daging dikeluarkan dari cangkang dengan cara dikeruk, direndam kocokan telur, dan dibalut tepung roti yang sudah diberi bumbu. Goreng dalam minyak panas sampai kekuningan, lalu sajikan selagi hangat. 

4. Dengan cara dipanggang

5 Cara Populer Mengolah Oyster, Mulai dari Dikukus hingga Diasapoyster panggang (instagram.com/uchikoaustin)

Meski bukan pilihan memasak oyster yang tersehat, menjajal sesekali tiram bakar gak ada salahnya. Biasanya, oyster akan dibakar dengan tetap di dalam cangkang, lalu diberi bumbu sesuai selera. 

Umumnya bumbu untuk oyster panggang hanya garam dan merica, tapi ada juga yang menggunakan keju permesan. Hanya butuh 10 menit dimasak dalam api besar sambil sesekali mengolesi mentega. Dijamin rasanya gak bikin kecewa!

5. Dengan cara dioven

5 Cara Populer Mengolah Oyster, Mulai dari Dikukus hingga Diasapoyster panggang (instagram.com/longportfc)

Mengoven oyster mungkin sebelumnya gak pernah kamu duga. Kamu butuh sebuah oven lalu dipanaskan dalam suhu 475°. Setelahnya pada bagian bawah, kamu perlu siapkan sebuah rak datar atau sebuah loyang seukuran oven yang diisi air. Airnya tak perlu sampai penuh, atau setidaknya 1/3. Lalu, masukkan oyster ke dalamnya dan panggang selama 7 menit atau sampai cangkangnya terbuka. 

Ternyata, ada banyak cara buat menikmati oyster yang merupakan seafood highend ini. Meski yang paling sehat adalah dengan cara dikukus, menikmati oyster tentu tergantung selera.

Kalau menurut kamu, paling enak dimasak apa nih? 

Baca Juga: Gak Cuma Lezat, Ternyata Oyster Memiliki 6 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya