Comscore Tracker

5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapi

Jangan malas minum susu, ya!

Alergi pada susu sapi sangat mungkin terjadi. Gak cuma anak-anak, banyak juga orang dewasa yang jadi kesulitan karena alergi satu ini dan memilih untuk gak minum susu lagi. 

Padahal, minum susu gak melulu dari sapi kok. Ada jenis susu lain yang gak kalah enak dan sehat yang bisa kamu coba. Yuk, cek ada jenis apa saja! 

1. Susu Kedelai

5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapiilustrasi susu kedelai (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Jenis susu yang satu ini mudah sekali ditemukan di mana-mana. Bahkan di pedagang jajan pasar, susu yang dibuat dari kedelai tersebut memiliki aneka rasa seperti mangga, melon, atau stroberi. 

Banyak yang beralih dari susu sapi ke susu kedelai selai karena vegan, tapi juga karena khasiatnya yang baik. Terlebih untuk kamu yang punya riwayat sakit kolesterol, susu kedelai yang tanpa gula tambahan baik dikonsumsi secara rutin. 

2. Susu Almon

5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapiilustrasi susu almond (instagram.com/sherryb_pt)

Sudah pernah mencoba susu almond sebelumnya? Susu almond ini sedang naik daun, lho. Banyak yang memilih susu tersebut sebagai pengganti susu sapi karena rasanya yang lebih enak, apalagi jika dijadikan campuran kopi.

Diet? Nah, susu almond ini juga lebih cocok dikonsumsi karena berasal dari tumbuhan. Namun jika kamu tertarik membeli susu almond di minimarket terdekat, jangan lupa perhatikan takaran gulanya. Sebab terkadang gula tambahan dalam susu kemasan cukup tinggi. 

Baca Juga: Resep Bikin Susu Kurma yang Sederhana, Cuma Butuh Tiga Bahan

3. Susu Kelapa

5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapiilustrasi susu kelapa (pexels.com/elif tekkaya)

Gak, kamu gak salah baca kok. Memang ada yang namanya susu kelapa dengan cita rasa yang gurih dan khas. Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan santan. 

Susu kelapa ternyata punya kandungan yang hebat jika dikonsumsi dengan cukup. Sebut saja seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi gak gampang sakit. 

4. Susu Rami

5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapiilustrasi susu rami (instagram.com/alivehealth)

Susu rami mungkin masih asing di telinga kamu. Wajar kok. Tapi sesekali kamu harus menjajal yang satu ini. Terbuat dari campuran biji rami yang sudah dikupas dan air, rasanya gak jauh berbeda dengan susu kedelai. 

Kandungan susu rami pun gak kalah baik dibanding susu lain. Sebut saja seperti kalsium, vitamin D, dan protein. Berminat coba? 

5. Susu Kacang Mete

5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapiilustrasi susu kacang mete (pexels.com/Dalila Dalprat)

Kacang mete biasanya jadi kudapan atau campuran dalam cokelat karena teksturnya yang renyah dan punya rasa gurih. Namun ternyata, kacang mete juga bisa jadi susu yang rasanya enak, kok! 

Kandungan nutrisi dalam susu kacang mete ini seperti kalsium, vitamin A, D, dan B-12. Namun kamu perlu melihat tabel nutrisi dalam tiap bungkusnya untuk memastikan kandungannya, ya! 

Beragam 'kan rekomendasi susu pengganti susu sapi yang bisa kamu coba? Rasanya enak, nutrisinya pun gak kalah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Sajian Menggugah Selera Berbahan Susu Almond, Mana Pilihanmu?

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya