Comscore Tracker

7 Makanan Penutup Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba, Rasanya Unik!

Kalau jalan-jalan ke Sri Lanka, 7 kudapan ini wajib dicoba

Sri Lanka adalah negara yang tepat untuk mengulik kebudayaan, tradisi, dan tentu saja makanan enak bin unik. Orang-orang di sana selalu berbelanja di pasar tradisional demi dapatkan bahan yang berkualitas, lho. Termasuk saat memilih bahan makanan untuk dessert.

Banyak sekali makanan manis asal Sri Lanka yang gampang ditemukan sebagai street food, terutama saat ada upacara keagamaan. Penasaran ada makanan manis apa yang populer di Sri Lanka? Yuk, simak!

1. Kokis

7 Makanan Penutup Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba, Rasanya Unik!Kokis (instagram.com/thetasteatlas)

Kokis adalah makanan penutup sekaligus kudapan asal Sri Lanka yang terinspirasi dari makanan khas Belanda. Kokis sendiri dibuat dari adonan berbahan santan, tepung beras, dan telur kemudian dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk bunga yang cantik. 

Setelah dicetak, biasanya kokis akan digoreng dengan minyak kelapa sampai teksturnya renyah. Kudapan satu ini wajib ada dalam perayaan Tahun Baru Sinhala dan Tamil. 

2. Aluwa

7 Makanan Penutup Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba, Rasanya Unik!Aluwa (www.instagram.com/mi_foodie_quest)

Makanan penutup Sri Lanka yang satu ini unik banget, namanya aluwa. Dibuat dari tepung beras panggang, kacang mete bubuk, dan sirup gula; rasanya yang manis makin lengkap dengan tambahan aneka rempah seperti kapulaga atau cengkeh. Namun gak selalu dengan sirup gula, ada juga yang langsung pakai tebu. 

Varisi dari aluwa semakin beragam dengan ada yang menambahkan kacang mete atau kacang hijau sebagai pugas. Aluwa sendiri paling banyak ditemui saat rayakan Tahun Baru Sinhala yang dirayakan pada bulan April. 

3. Pani Appa

7 Makanan Penutup Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba, Rasanya Unik!Pani Appa (www.instagram.com/sl_foodstories)

Mirip kue serabi asal Solo, tapi kalau kudapan manis asal Sri Lanka ini namanya pani appa. Dibuat dengan tepung beras, pani appa akan dinikmati dengan sirup kental manis yang legit. Beberapa penjual kaki lima kini makin kreatif dengan menambahkan potongan pisang di atasnya.

Tepung beras tadi ditambah dengan santan, gula merah, kemudian dipanggang sampai warnanya kecokelatan. Camilan ini paling enak dinikmati dengan secangkir teh panas tawar saat sore. 

Baca Juga: 5 Kuil di Kolombo Sri Lanka, Keindahannya Bikin Terpana!

4. Helapa

7 Makanan Penutup Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba, Rasanya Unik!Helapa (www.instagram.com/sen.s_club)

Merupakan kombinasi dari tepung kurakkan, tepung beras, kapulaga, kelapa parut, dan beberapa bahan lainnya, helapa termasuk kudapan yang istimewa. Bahan-bahan tadi dimasak bersamaan dan dicampur sampai mengembang, diratakan di atas daun kanda, kemudian dilipat dan dikukus sampai mengeras.

Soal rasa, kamu gak perlu ragu karena helapa merupakan makanan khas yang selalu banyak dicari. Namun jika nanti kamu berkesempatan menjajal makanan ini, ingat untuk buka dulu bungkus daunnya sebelum disantap, ya!

5. Aggala

7 Makanan Penutup Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba, Rasanya Unik!Aggala (instagram.com/a_beggar_in_the_belly)

Kalau kamu penasaran dessert populer Sri Lanka, maka jawabannya adalah aggala. Aggala adalah bola-bola panggang yang dibuat dari kombinasi tepung beras, kelapa, garam, dan madu. Ada juga yang membuat versi gurih dengan tambahan merica.


Selain itu, kini banyak variasi aggala yang menambahkan kayu manis ke dalam adonan supaya mengangkat aromanya dan gak sedikit juga yang menambah biji wijen.

Aggala banyak dijual dari sore sampai malam. Oleh karena itu lebih banyak dikenal sebagai kudapan sore teman minum teh. 

6. Aasmi

7 Makanan Penutup Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba, Rasanya Unik!Aasmi (instagram.com/yumihashimoto0504)

Aasmi adalah manisan asal Sri Lanka yang wajib diburu saat kamu jalan-jalan ke negara ini. Manisan ini dibuat dari santan, jus okra, air, tepung beras, dan air, adonan kemudian digoreng menjadi seperti benang yang seolah bertumpuk. Supaya manis, sebelum disajikan aasmi akan disiram dengan sirup gula warna-warni yang kemudian mengeras. 

Bisa dibilang, aasmi termasuk makanan penutup yang awet, apalagi jika disimpan dalam wadah yang kedap udara. Kamu akan dengan mudah menemukan makanan ini saat ada upacara Tamil, pernikahan, atau ulang tahun.  

7. Athirasa

7 Makanan Penutup Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba, Rasanya Unik!Athirasa (www.instagram.com/carveyour_cravings)

Mirip seperti donat, athirasa dibuat dari kombinasi nasi panggang, tepung beras, santan, minyak kelapa dan kapulaga. Bahan tadi dicampur sampai menjadi pasta, dipipihkan, dibentuk bolat dan digoreng dengan minyak panas. 

Kue tradisional ini biasanya akan disajikan dengan makanan manis lain seperti kokis atau kavum. Tak hanya populer di Sri Lanka, athirasa juga banyak dijual di India, terutama selama upacara Diwali. 

Kebanyakan makanan manis Sri Lanka memang terbuat dari tepung beras, tapi tekstur dan rasa yang dihasilkan berbeda. Menurut kamu, mana nih yang paling bikin penasaran dan pengin coba?

Baca Juga: 6 Kota Terindah di Sri Lanka, Destinasi Wisata yang Bikin Senang

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya