Comscore Tracker

Beda dengan Indonesia, Ini Menu Sarapan di 7 Negara Lainnya 

Nggak semua orang suka sarapan pakai nasi, ternyata!

Coba ingat-ingat, tadi pagi kamu sarapan apa? Pastinya nggak jauh-jauh dari nasi dan teh hangat ‘kan?

Namun tahukah kamu kalau setiap negara di dunia punya kebiasaannya sarapan yang berbeda-beda? Iya, perbedaan budaya yang ada mempengaruhi selera dan cara masyarakat di negara-negara itu sendiri.

Supaya kamu nggak penasaran, berikut ini adalah menu sarapan yang biasanya dinikmati orang dari berbagai negara. Siapa tahu kamu jadi ingin coba!

1. Orang Brazil ternyata unik. Mereka terbiasa sarapan dengan kopi, buah, dan roti

Beda dengan Indonesia, Ini Menu Sarapan di 7 Negara Lainnya unsplash.com/Ihor Dvoretskyi

Siapa yang sering kesiangan sampai nggak sempat sarapan? Duh, kalau kamu salah satunya, yuk kurangi kebiasaan nggak sehat ini.

Jika memang sangat buru-buru, lebih baik sontek menu sarapan ala masyarakat Brazil ini. Mereka biasanya sarapan dengan roti isi daging atau ayam, ditemani segelas kopi, dan juga buah. Nah, buah yang dimakan juga yang bisa bikin kenyang seperti pepaya.

2. Sadar bahwa bekerja butuh banyak tenaga, orang Kanada umumnya sarapan dengan serba protein  

Beda dengan Indonesia, Ini Menu Sarapan di 7 Negara Lainnya unsplash.com/Thought Catalog

Jika nantinya kamu berkesempatan mengunjungi negara Kanada, mungkin kamu tidak akan menemukan adanya nasi goreng di atas meja untuk sarapan. Kenapa? Karena mereka biasanya menikmati sarapan dengan menu pancake yang disiram sirup maple dan ditemani dengan kopi.

Selain pancake, orang Kanada juga kerap sarapan dengan roti panggang, telur goreng, dan bacon. Hm….kaya akan protein ya!

3. Olesan roti panggang yang ‘beda’ dari Australia, vegemite namanya

Beda dengan Indonesia, Ini Menu Sarapan di 7 Negara Lainnya huffingtonpost.com.au

Selain nasi, orang Indonesia memang sudah biasa sarapan dengan roti, sih. Sama dengan masyarakat Australia yang menu sarapan kesukaannya adalah roti panggang.

Eits, tapi tidak pakai sebarang selai karena mereka punya vegemite. Nah, vegemite ini adalah olesan roti yang dibuat dari ekstrak ragi bir yang dibuat secara tradisional. Warnanya hitam kental dan biasanya ditambah dengan mentega dan irisan keju.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kaya Toast di Singapura, Menu Sarapan Favorit!

4. Sup hangat khas masyarakat Kolombia

Beda dengan Indonesia, Ini Menu Sarapan di 7 Negara Lainnya foodcultureandthecity3.wordpress.com

Ingin sarapan yang hangat-hangat? Coba cari tahu resep suh hangat ala masyarakat Kolombia yang bernama changua. Sup ini bukan sebarang sup karena dibuat dari susu, air, dan kentang. Kemudian, orang-orang akan menambahkan telur rebus sebagai pelengkapnya.

Bedanya dengan orang Indonesia yang makan sup dengan nasi, orang di Kolombia justru makan changua ini dengan roti. Menarik, ya?

5. Sarapan serba manis dari Kuba  

Beda dengan Indonesia, Ini Menu Sarapan di 7 Negara Lainnya finca.micalas.com

Jika kamu pernah nonton k-drama Song Hye Kyo dengan Park Bo Gum yang berjudul Encounter, pasti nggak asing lagi dengan negara Kuba yang jadi salah satu latar tempat drama tersebut.

Nah, Kuba juga punya kebiasaan sarapan yang unik, lho! Mereka biasanya sarapan dengan kopi susu yang manis sekali. Kemudian, kopi susu itu ditemani tostada yang merupakan roti panggang yang diolesi mentega.

6. Ful medamas, sup kaya rempah ala Mesir

Beda dengan Indonesia, Ini Menu Sarapan di 7 Negara Lainnya simplyfreshdinners.com

Ful medames adalah salah satu menu sarapan yang umum kamu temui di negara Mesir. Bentuknya mirip sup dan dibuat dari kacang fava yang konon, merupakan warisan dari Mesir kuno. Nah, kacang fava itu kemudian direbus dan dihaluskan, kemudian pada saat sarapan tiba akan dihidangkan bersama dengan lemon, jinten, minyak zaitun, dan berbagai penyedap rasa lainnya.

7. Sarapan rasa makan siang di Jepang 

Beda dengan Indonesia, Ini Menu Sarapan di 7 Negara Lainnya allabout-japan.com

Menurut sebagian besar orang di luar Jepang, menu sarapan yang ada di sana cukup ‘berat’. Bagaimana tidak, menu sarapan di Jepang bisa dibilang lengkap dan mengenyangkan karena terdiri dari nasi, lauk pauk, dilengkapi dengan sup miso, hingga nori. Jelas menu ini cukup berat jika dibandingkan dengan sarapan ala negara lain di atas, ya?

Menarik ‘kan melihat menu sarapan dari berbagai negara di dunia? Nah, jika disuruh memilih dan mencoba, menu sarapan asal negara mana yang ingin kamu coba? Yuk, share di kolom komentar!

Baca Juga: 7 Menu Sarapan Rendah Gula yang Bikin Rasa Kantuk Gak Datang

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya