Comscore Tracker

6 Olahan Ayam Bersantan Selain Opor, Ide Menu Lebaran yang Sama Enak

Mulai dari yang segar sampai pedas, semuanya lezat

Opor ayam selalu jadi primadona saat lebaran. Disantap dengan ketupat dan tambahan sambal goreng, opor pasti habis lebih dulu dibanding menu lainnya. Padahal, menu olahan ayam bersantan selain opor ada banyak yang lainnya, lho.

Meski seolah jadi tradisi, gak masalah mengganti dengan masakan berbeda. Misalnya dengan salah satu makanan berbahan ayam dan santan di bawah ini yang gak kalah enaknya dari opor, ada yang pedas berkuah sampai yang segar.

Apa saja ya kira-kira?

1. Soto ayam kuah santan

6 Olahan Ayam Bersantan Selain Opor, Ide Menu Lebaran yang Sama Enakinstagram.com/ipunpurwati_

Jangan kaget jika ini pertama kalinya kamu tahu ada soto yang menggunakan santan. Memang sih biasanya kuah soto berwarna bening, tapi untuk yang satu ini akan tampak lebih kental dan pekat karena pakai santan.

Sebagai teman makan, kamu bisa membuat sambal tomat dan kerupuk udang. Jangan lupa ketupat supaya lebaran vibes makin terasa.

2. Gulai ayam

6 Olahan Ayam Bersantan Selain Opor, Ide Menu Lebaran yang Sama Enakinstagram.com/anekacatatanmasakan

Jika kamu mencari olahan ayam bersantan pekat yang sedikit pedas, coba pertimbangkan untuk memasak gulai ayam. Makanan khas Sumatera ini dimasak dengan banyak rempah yang pasti membuatnya jadi enak banget. 

Namun biasanya gulai ayam dinikmati dengan nasi putih, bukan lontong atau ketupat. Apapun teman makannya, makin lengkap kalau ada sambal ijo yang makin bikin semangat makan!

3. Garang asem ayam

6 Olahan Ayam Bersantan Selain Opor, Ide Menu Lebaran yang Sama Enakinstagram.com/yanesthi

Punya ciri khas dimasak dengan daun pisang, garang asem punya rasa yang segar. Ini karena menggunakan perpaduan belimbing wuluh dan tomat hijau untuk menciptakan rasa asem yang nikmat. 

Makanan khas Jawa Tengah ini memang warnanya tidak sekuning opor dan ayamnya pun dicincang supaya lebih mudah dimakan. Eits, urusan rasa jangan khawatir karena yang pasti gak kalah enak!

Baca Juga: 10 Menu Makanan Wajib saat Lebaran Idulfitri, yang Mana Favoritmu?

4. Rendang ayam

6 Olahan Ayam Bersantan Selain Opor, Ide Menu Lebaran yang Sama Enakinstagram.com/diana_ing2

Makanan khas Sumatera memang gak ada matinya! Jika tadi gulai, sekarang ide olahan ayam bersantan selain opor adalah rendang. Iya, rendang gak harus dibuat dari daging sapi kok. 

Cara masaknya gak jauh beda antara rendang ayam dan rendang sapi. Bahkan untuk rendang ayam, kamu bisa menambahkan kentang atau telur supaya porsinya makin banyak. Well, masak rendang ayam akan sempurna jika keluargamu suka pedas-pedas!

5. Kari ayam

6 Olahan Ayam Bersantan Selain Opor, Ide Menu Lebaran yang Sama Enakinstagram.com/nigelstanislauslite

Banyak yang bilang bahwa kari ayam gak jauh berbeda dengan opor. Padahal keduanya memiliki ciri khas masing-masing yaitu opor adalah makanan khas Indonesia dengan kuah santan kuning yang gurih. Sementara kari ayam adalah perpaduan makanan khas India dan Timur Tengah yang kuahnya lebih encer dan pedas. Selain itu, kari juga menggunakan daun salam untuk memperkuat rasa. 

6. Gudeg

6 Olahan Ayam Bersantan Selain Opor, Ide Menu Lebaran yang Sama Enakinstagram.com/mahasiswakulineran

Apabila kamu ingin menghindari makanan pedas di lebaran nanti, coba suguhkan gudeg ayam yang rasanya manis legit lengkap dengan telur arehnya. Jika ingin lebih istimewa, gunakan ayam kampung supaya makin gurih. 

Ingin ada rasa pedasnya? Tambah masakan berupa oseng mercon atau sambal goreng kerecek untuk memenuhi hasrat makan pedas keluarga. 

Gak melulu opor kok jika ingin menyajikan makanan enak di lebaran nanti. Olahan ayam bersantan seperti di atas pun gak kalah istimewa dan nikmat. Nah, kira-kira kamu tertarik masak yang mana, nih? 

Baca Juga: 7 Menu Olahan Kentang Khas India yang Nikmat, Inspirasi Menu Baru!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya