Comscore Tracker

6 Jajanan Kaki Lima Khas Jepang yang Gak Boleh Dilewatkan, Enak Semua!

Makanan kaki lima, tapi rasa bintang lima

Kuliner Jepang memang selalu bikin penasaran. Mulai dari minuman, seperti sake, makanan berat layaknya omurice, hingga jajanan kaki lima yang selalu berhasil bikin ngiler. 

Di antara banyaknya jajanan khas Jepang yang dijual di pinggir-pinggir jalan, 6 makanan ini yang paling populer. Wajib dicobain kalau nanti jalan-jalan ke Jepang!

1. Miso ramen

6 Jajanan Kaki Lima Khas Jepang yang Gak Boleh Dilewatkan, Enak Semua!miso ramen (instagram.com/molomo.vegan)

Miso ramen adalah adalah satu jenis ramen yang banyak dijual di pinggir jalan, terutama di kawasan Sapporo. Dibuat dari miso, kaldu, dan aneka sayuran, banyak yang memburu miso ramen saat cuaca sedang dingin-dinginnya. 

Banyak penjaja yang menambahkan seafood seperti kepiting, kerang, dan cumi-cumi sehingga rasanya kian gurih. FYI, miso ramen pertama ditemukan sejak 1960-an, lho! 

2. Kaarage

6 Jajanan Kaki Lima Khas Jepang yang Gak Boleh Dilewatkan, Enak Semua!kaarage (instagram.com/beforelisaeats)

Kaarage adalah teknik memasak Jepang yang terdiri sari makanan yang dilapisi tepung, lalu digoreng. Penggunaan tepung ini yang membuat makanan jadi renyah. 

Orang Indonesia mungkin paling akrab dengan chicken kaarage, tapi ternyata gak cuma dari ayam saja. Di Jepang kamu juga akan menemukan olahan daging dan ikan yang digoreng crispy.

3. Takoyaki

6 Jajanan Kaki Lima Khas Jepang yang Gak Boleh Dilewatkan, Enak Semua!takoyaki (instagram.com/allsgoodfood)

Coba tebak, makanan apa yang kecil, bulat, dan kenyal? Takoyaki adalah makanan yang terbuat dari adonan telur sederhana yang ditambah potongan gurita sampai keju di dalamnya.

Setelah matang, takoyaki akan akan ditaburi irisan daun bawang, serpihan ikan kering, dan potongan tenkasu goreng yang renyah. Yummy

Baca Juga: 5 Makanan Berbahan Kacang Merah Khas Jepang yang Menarik untuk Dicoba

4. Nikuman

6 Jajanan Kaki Lima Khas Jepang yang Gak Boleh Dilewatkan, Enak Semua!nikuman (instagram.com/konyhaparade)

Nikuman adalah roti kukus yang berisi daging babi ala Jepang, tapi dipengaruhi oleh teknik masak dari Tiongkok. Tak hanya daging babi, isian nikuman juga ditambahkan sayur-sayuran dan dibumbui dengan aneka rempah hingga kecap.

Nikuman punya tekstur yang lembut, tapi juga berair. Roti ini disajikan hangat dan banyak dijual di pinggir-pinggir jalan sampai restoran mewah. 

5. Yakitori

6 Jajanan Kaki Lima Khas Jepang yang Gak Boleh Dilewatkan, Enak Semua!yakitori (instagram.com/gjwns244)

Penasaran gak sih di Jepang ada sate atau gak? Ternyata ada! Namanya yakitori, yakni daging ayam yang ditusuk dengan baja atau bambu seukuran tusukan sate di Indonesia.

Daging ayam tadi kemudian dipanggang di atas arang. Ayam akan diberi bumbu sederhana, seperti mirin, kecap manis, sake, dan gula.

Setelah itu, ayam akan dipotong-potong seukuran sekali makan dan dipanggang sampai warnanya kecokelatan. 

6. Korokke

6 Jajanan Kaki Lima Khas Jepang yang Gak Boleh Dilewatkan, Enak Semua!korokke (instagram.com/dmotoji)

Gorengan khas Jepang ternyata gak jauh-jauh dari olahan kentang, seperti di Indonesia. Namanya korokke, kombinasi kentang tumbuk, daging cincang, seafood, dan sayuran.

Kombinasi bahan-bahan tadi kemudian dibentuk jadi seperti patty dan digulung dengan tepung terigu, telur, dan tepung roti. Ini adalah kroket versi Jepang yang gampang banget ditemukan, bahkan di setiap supermarket pun ada.

Hal yang membuat korokke terkenal bukan hanya karena mudah ditemukan, tapi karena enak dan camilan yang bergizi tinggi. 

Masih ada banyak lagi jajanan pinggir jalan yang gak kalah enak di Jepang, sebut saja onigiri atau mochi. Semoga kamu bisa segera meluncur ke Jepang dan cobain langsung makanan-makanan enak di sana!

Baca Juga: 9 Variasi Menu Donburi Khas Jepang, Hidangan Nikmat Antiribet

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya