Comscore Tracker

Kurang Sehat, Ini 5 Bahan yang Sebaiknya Tidak Ditambahkan ke Kopi

Enak sih, tapi jangan keseringan

Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Tapi, mayoritas orang tidak mengonsumsi kopi secara murni, melainkan dengan tambahan beberapa bahan lain. Bahkan, sejumlah restoran mulai berlomba-lomba menyajikan kopi dengan tambahan bahan yang unik dan menarik.

Sayangnya, walaupun beberapa bahan tambahan ini bisa membuat rasa kopi makin sedap, tidak semuanya baik untuk dilakukan. Sebaliknya, beberapa bahan tambahan ini justru menyebabkan aktivitas minum kopi jadi tidak sehat. Apa sajakah bahan tersebut? Simak jawabannya di bawah sini.

1. Pemanis buatan

Kurang Sehat, Ini 5 Bahan yang Sebaiknya Tidak Ditambahkan ke Kopiunsplash.com/Sharon McCutcheon

Kebanyakan orang berasumsi bahwa pemanis buatan biasanya tanpa kalori, padahal belum tentu demikian.

Sampai sekarang, penelitian tentang keamanan pemanis buatan masih mendapatkan hasil yang beragam. Sementara beberapa penelitian telah mengaitkan fungsi pemanis buatan untuk mendukung penurunan berat badan, Harvard Health merangkum bahwa penelitian lain telah menemukan bahwa konsumsi pemanis buatan secara teratur dapat menyebabkan konsumsi makanan dengan nilai gizi lebih rendah serta lebih banyak kalori, seperti makanan sarat gula.

Untuk itu, ada baiknya kamu meninggalkan pemanis buatan dari kebiasaan sehari-hari demi menjaga kesehatan.

2. Krimer

Kurang Sehat, Ini 5 Bahan yang Sebaiknya Tidak Ditambahkan ke Kopiunsplash.com/Alex Boyd

Di sini kita tidak membahas tentang susu asli, krim, atau half and half (setengah krim setengah susu), tapi kita membahas tentang krimer. Tidak hanya sarat dengan gula, tiap sendok makan krimer juga mengandung 5 gram gula, padahal umumnya tiap individu menambahkan lebih dari satu sendok makan krimer ke dalam kopi.

Selain itu, menurut situs Eat This Not That! krimer juga mengandung aditif yang buruk untuk tubuh. Seperti minyak yang meningkatkan kadar kolesterol jahat, perasa buatan, dan karagenan yang telah dikaitkan dengan gangguan pencernaan pada beberapa orang.

Baca Juga: 7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

3. Gula tebu

Kurang Sehat, Ini 5 Bahan yang Sebaiknya Tidak Ditambahkan ke Kopiunsplash.com/C Drying

Laporan The National Coffee Association 2020 menemukan bahwa 40 persen orang Amerika menambahkan beberapa jenis susu dan pemanis ke minuman kopi mereka. Artinya, 40 persen dari orang Amerika melakukan kesalahan karena menambahkan semacam gula ke minuman pagi ini. 

Sebenarnya, gula tebu sendiri tidak berbahaya. Hanya saja jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan menimbulkan masalah kesehatan. Gula tambahan ini dapat meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan kronis, mulai dari obesitas, diabetes, hingga masalah jantung sehingga perlu dibatasi konsumsinya.

4. Susu kental manis

Kurang Sehat, Ini 5 Bahan yang Sebaiknya Tidak Ditambahkan ke Kopipexels.com/Chevanon Photography

Susu kental manis adalah salah satu bahan umum dalam beberapa sajian kopi, seperti Vietnamese Iced Coffee atau Spanish drink Café Canario. Tapi perlu kamu tahu, susu kental manis adalah salah satu bahan paling tidak sehat yang biasa ditambahkan ke kopi. 

Menurut situs Very Best Baking, dua sendok makan susu kental manis saja sudah mengandung 22 gram gula dan 130 kalori. Sebagai alternatif pengganti susu kental manis, cobalah susu tanpa gula karena bisa menambah cita rasa kopi tanpa kalori berlebih.

5. Whipped cream

Kurang Sehat, Ini 5 Bahan yang Sebaiknya Tidak Ditambahkan ke Kopiunsplash.com/Phil Hearing

Saat ini, menambahkan whipped cream pada kopi seolah menjadi tren, utamanya jika kamu membeli kopi di kedai kopi kelas atas. Ini mungkin karena banyak orang yang tidak tahu bahwa whipped cream sebenarnya hanyalah sirup jagung fruktosa tinggi yang tidak memiliki kandungan nutrisi. Akhirnya, penambahan whipped cream hanya akan mengarah pada penambahan berat badan. 

Terlebih, menurut situs Litealth, terkadang whipped cream mengandung nitrous oksida yang berbahaya bagi kesehatan.

Sah-sah saja sebenarnya jika sesekali kamu menambahkan bahan-bahan di atas ke dalam segelas kopi. Sebab, perlu diakui bahwa penambahan bahan di atas membuat kopi jadi makin menarik. Hanya saja, kamu tidak boleh terus terusan menambahkan bahan tersebut ke dalam kopi karena tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Kecanduan Kopi, Penikmatnya Harus Tahu!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya