Comscore Tracker

Menyehatkan, 5 Alternatif Kudapan Lebaran yang Baik bagi Kolesterol

Biar kolesterol gak kambuh saat Lebaran

Lebaran adalah momen yang istimewa bagi umat Islam. Karenanya, tidak lengkap rasanya jika Lebaran tidak dirayakan dengan menyajikan berbagai macam makanan.

Beberapa sajian yang banyak disajikan saat Lebaran di Indonesia adalah opor, rendang, gulai, sayuran bersantan, dan aneka kue kering. Sayangnya, semua makanan tersebut bisa menyebabkan naiknya kolesterol. Naiknya kolesterol biasanya akan menyebabkan berbagai masalah, mulai dari sakit kepala, kelelahan, nyeri dada, masalah pencernaan, hingga tengkuk pegal.

Tentunya, kamu tidak ingin, dong, momen Lebaran jadi rusak akibat kolesterol tinggi? Untuk itu, yuk, ganti kudapan Lebaran yang tidak sehat dengan kudapan yang lebih baik bagi kolesterol. Apa sajakah itu? Cek daftarnya di bawah ini.

1. Popcorn

Menyehatkan, 5 Alternatif Kudapan Lebaran yang Baik bagi Kolesterolilustrasi popcorn (pixabay.com/Free-Photos)

Jagung dan popcorn sama-sama merupakan biji-bijian utuh. Yang artinya makanan tersebut kaya serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol, menurut American Heart Association. Popcorn mengandung lebih banyak serat daripada roti gandum atau beras merah. Makanan ini merupakan camilan rendah kalori jika disiapkan dengan benar dan dimakan dalam jumlah sedang, yang juga baik untuk kolesterol.

Untuk membuat popcorn tetap sehat, matangkan popcorn dengan microwave atau air pop kernel tanpa minyak dan lewati topping mentega dan garam. Untuk menambah rasa, kamu bisa menyemprotkan minyak zaitun dan menambah sedikit keju parmesan.

2. Kacang-kacangan

Menyehatkan, 5 Alternatif Kudapan Lebaran yang Baik bagi Kolesterolilustrasi kacang-kacangan (pexels.com/Mehran B)

Kacang merupakan pilihan camilan yang enak dan sehat bagi kolesterol. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition telah menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh yang menyumbat arteri dengan almon kaya lemak tak jenuh tunggal mampu menurunkan kolesterol jahat LDL sekaligus menjadi strategi ideal untuk mencegah LDL dari oksidasi.

Kenari adalah pilihan bagus lainnya jika kamu memiliki kolesterol tinggi. Namun, perlu dicatat bahwa kacang tinggi kalori. Jadi, pastikan untuk membatasi konsumsi kacang sekitar satu ons per hari.

Baca Juga: 10 Menu Makanan Buka Puasa untuk Diet Sehat, Perut Tetap Nyaman

3. Roti gandum

Menyehatkan, 5 Alternatif Kudapan Lebaran yang Baik bagi KolesterolIlustrasi roti gandum (pixabay.com/FotoshopTofs)

Gandum utuh adalah roti pilihan terbaik untuk diet rendah kolesterol. Roti gandum utuh mengandung lebih banyak serat. Jika ditambah dengan keju, seperti cheddar atau gouda, ini akan lebih baik bagi usus karena menyediakan probiotik, menurut laman Everyday Health.

Yang lebih menarik, roti gandum sebenarnya cukup variatif. Kamu bisa memilih untuk membeli pumpernickel, gandum hitam, atau gandum utuh kuno. Semuanya dapat membantu menjaga kolesterol tetap terkendali.

4. Oat

Menyehatkan, 5 Alternatif Kudapan Lebaran yang Baik bagi Kolesterolilustrasi oat (pixabay.com/haaijk)

Oat mengandung sejenis serat larut yang disebut beta-glukan, yang menurut studi dalam British Journal of Nutrition dikaitkan dengan penurunan kadar LDL. Ini karena oat dapat menyerap air di saluran pencernaan dan menghilangkan kelebihan lemak jenuh sebelum memasuki aliran darah.

Jika selama ini mengira oat hanya bisa disajikan sebagai bubur, kamu salah. Oat juga bisa diolah menjadi berbagai macam kue dan dijadikan kudapan Lebaran yang sehat. Namun, sebisa mungkin hindari penggunaan mentega, margarin, atau bahan lain yang berdampak negatif bagi kolesterol.

5. Cokelat

Menyehatkan, 5 Alternatif Kudapan Lebaran yang Baik bagi Kolesterolilustrasi cokelat (pexels.com/Vie Studio)

Olahan cokelat cukup banyak ditemukan sebagai kudapan Lebaran. Menariknya lagi, cokelat hitam memberikan manfaat bagi Kolesterol.

Camilan cokelat yang baik adalah yang mengandung lebih banyak kakao daripada bahan tambahan lainnya, yang memberikan jumlah flavonoid yang lebih tinggi di setiap sajian. Penelitian dalam Journal of the American Heart Association melaporkan bahwa makan cokelat hitam meningkatkan profil lipid darah dari waktu ke waktu. Cobalah untuk memilih produk cokelat hitam yang setidaknya mengandung 75 persen kakao.

Jangan sampai momen Lebaran tahun ini kacau karena kamu menyantap sajian Lebaran yang menyebabkan naiknya kolesterol. Dengan selektif memilih kudapan untuk Lebaran, harapannya kadar kolesterol akan tetap terjaga selama Lebaran.

Baca Juga: Lezat! 5 Makanan Sehat Penambah Berat Badan buat Kamu yang Diet Gemuk

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya