Comscore Tracker

Selain Sebagai Penyedap, 5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

Harus stok di rumah

Selama ini, rempah-rempah diketahui akan kemampuannya dalam meningkatkan rasa makanan. Namun, siapa sangka, ternyata rempah-rempah yang kerap kita jadikan bumbu dalam berbagai masakan ternyata juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Beberapa jenis rempah-rempah ini, khususnya yang kerap ditemukan di dapur, ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Nah, apa sajakah bumbu dapur yang dapat menurunkan kadar kolesterol? Simak jawabannya berikut ini.

1. Kayu manis

Selain Sebagai Penyedap, 5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Turunkan Kolesterolunsplash.com/Mae Mu

Kayu manis terkenal karena kemampuannya membantu menurunkan gula darah. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care yang melibatkan 60 peserta laki-laki dan perempuan dengan diabetes tipe 2, didapatkan hasil bahwa konsumsi setengah sendok teh kayu manis setiap hari selama 40 hari berhasil menurunkan gula darah, trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total. Kayu manis juga terbukti menurunkan tekanan darah.

2. Bawang putih

Selain Sebagai Penyedap, 5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Turunkan Kolesterolunsplash.com/Matthew Pilachowski

Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan untuk memasak dan obat. Menurut laman Healthline, beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih mampu menurunkan tekanan darah pada orang dengan darah tinggi dan membantu menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total.

Baca Juga: 8 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol, Ampuh dan Cepat Tanpa Obat! 

3. Kunyit

Selain Sebagai Penyedap, 5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Turunkan Kolesterolunsplash.com/FOODISM360

Kunyit memiliki banyak kandungan antioksidan yang tidak mudah hancur ketika dimasak. Selain itu, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Satu studi dalam Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa asupan 2,4 gram kunyit selama empat minggu menghasilkan penurunan kolesterol LDL dan protein C-reaktif sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Jahe

Selain Sebagai Penyedap, 5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Turunkan Kolesterolunsplash.com/Don Shin

Jahe terkenal akan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya. Biasanya, jahe dikonsumsi sebagai teh untuk mengatasi mual. Namun, penelitian dalam jurnal Phytomedicine menunjukkan bahwa jahe juga dapat mengatasi penyakit kardiovaskular.

Dalam studi tersebut, diketahui bahwa jahe mencapai hasil yang baik bila digunakan dalam jumlah 2 gram, yang bisa membantu penurunan rata-rata trigliserida 38 poin dan penurunan total kolesterol 12 poin.

Studi lain dalam International Journal of Endocrinology and Metabolism yang dilakukan terhadap individu dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa jahe mengurangi gula darah dan hemoglobin A1c sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Cabai merah

Selain Sebagai Penyedap, 5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Turunkan Kolesterolunsplash.com/Alexander Schimmeck

Cabai merah mengandung vitamin C, potasium, dan konstituen seperti kapsaisin, yang bertanggung jawab atas sensasi panas dan banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat dari konsumsi cabai untuk kesehatan kardiovaskular adalah memperlancar sirkulasi.

Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa cabai merah dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol HDL.

Cabai merah dapat meningkatkan fungsi endotel dengan meningkatkan oksida nitrat, yang membantu arteri rileks atau berkembang dan meningkatkan sirkulasi. Penelitian juga menunjukkan kapsaisin pada cabai menurunkan pembentukan plak di dinding arteri. Cabai juga menawarkan antioksidan kuat dan efek antiinflamasi, yang baik bagi sistem kardiovaskular.

Gak nyangka ya, ternyata bumbu dapur yang selama ini kita gunakan untuk menyedapkan makanan ternyata juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Selain dengan menambahkan rempah-rempah di atas dalam masakan, langkah lain yang juga perlu dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi dengan menjaga pola makan dan gaya hidup.

Baca Juga: Cara Mudah Turunkan Kolesterol Tinggi, Makanlah 8 Buah-buahan Ini

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya