Comscore Tracker

5 Hidangan yang Disajikan Bersama dengan Tortilla, Rasanya Mendunia

Adakah yang jadi favoritmu?

Tortilla ialah roti berbentuk bulat pipih yang biasanya dibuat menggunakan jagung dan tambahan tepung lainnya. Lain halnya dengan roti pada umumnya, untuk membuat tortilla tidak dibutuhkan ragi atau pengembang. Hal ini agar tortilla bisa dibentuk pipih dan bertekstur renyah saat digoreng.

Tortilla juga biasanya tidak dimakan begitu saja karena memiliki rasa yang hambar, melainkan disajikan dengan bahan-bahan lainnya. Tortilla sudah menjadi bahan makanan yang umum ditemukan di berbagai negara di dunia karena menjadi bagian wajib dari kuliner khas negara tersebut.

Kira-kira, makanan apa saja yang bisa disajikan bersama dengan tortilla? Cek jawabannya pada pembahasan berikut ini.

1. Burrito

5 Hidangan yang Disajikan Bersama dengan Tortilla, Rasanya Menduniailustrasi burrito (pexels.com/Pixabay)

Burrito adalah hidangan yang banyak terdapat di Meksiko yang terdiri dari tortilla dan berbagai macam isian. Isian burrito memiliki rasa yang gurih dan biasanya berupa daging, nasi, kacang, sayuran favorit, keju, dan bumbu khas Meksiko seperti salsa, pico de gallo, guacamole, atau crema.

Tortilla kemudian dilipat berbentuk silinder dan setiap sisinya tertutup rapat sehingga semua isi dapat menyatu. Burrito biasanya dimakan langsung dengan tangan, tapi kadang juga bisa dengan garpu dan pisau serta disajikan bersama saus.

2. Nacho

5 Hidangan yang Disajikan Bersama dengan Tortilla, Rasanya Menduniailustrasi nacho (pixabay.com/tarheelgarden)

Nacho adalah hidangan yang berasal dari Meksiko, tepatnya Meksiko utara. Untuk membuat hidangan ini, tortilla dipotong-potong dan digoreng agar menjadi keripik. Setelah itu, keripik tortilla disajikan di atas piring dan diberi topping berbahan keju dan bahan lain sesuai selera.

Nacho cocok dijadikan camilan saat santai dan kadang disajikan sebagai hidangan pembuka. Nacho pertama kali ditemukan pada tahun 1940 dan terdiri dari keripik tortilla dengan topping berupa keju dan jalapeno. Sering waktu, topping ini menjadi semakin beragam, seperti potongan daging, kacang goreng, keju parut, sayuran, dan saus salsa.

Baca Juga: 9 Fakta Tortilla de Patata, Telur Dadar Khas Spanyol yang Lezat

3. Taco

5 Hidangan yang Disajikan Bersama dengan Tortilla, Rasanya Menduniailustrasi taco (pixabay.com/adoproducciones)

Taco adalah kuliner tradisional Meksiko yang terdiri dari tortilla seukuran tangan dengan berbagi macam isian. Untuk memakan taco, tortilla dilipat lalu dimakan dengan tangan.

Isian taco bisa bermacam-macam. Uumnya berupa daging sapi atau ayam, seafood, kacang-kacangan, sayuran, dan keju, sehingga taco bisa menjadi hidangan yang serbaguna dan sangat bervariasi. Selain isiannya bervariasi, saus yang digunakan juga bisa bervariasi, seperti salsa, guacamole, krim, dan sambal.

4. Kebab

5 Hidangan yang Disajikan Bersama dengan Tortilla, Rasanya Menduniailustrasi kebab (pixabay.com/rafasuarezfoto)

Tidak seperti hidangan sebelumnya yang berasal dari Meksiko, kebab adalah kuliner dengan tortilla asli Turki dan telah mendunia. Isian kebab biasanya berupa irisan daging, berbagai macam sayuran, saus, keju, telur, dan mayones yang dibungkus dengan tortilla.

Daging yang biasa digunakan untuk isian kebab berupa daging sapi, kambing, atau ayam yang dipanggang terlebih dahulu. Kebab juga biasanya dibungkus dengan rapat berbentuk silinder mirip dengan burrito.

Makanan ini juga sangat populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, beberapa negara Afrika, dan beberapa negara Eropa.

5. Quesadilla

5 Hidangan yang Disajikan Bersama dengan Tortilla, Rasanya Menduniailustrasi quesadilla (pixabay.com/newstx)

Quesadilla adalah kuliner kolonial Meksiko yang terbuat dari tortilla dengan isian utamanya berupa keju, yang kadang ditambah dengan daging dan berbagai bumbu. Setelah itu, kulit tortilla dilipat berbentuk bulan sabit dan dimasak di atas kompor hingga terbentuk kulit yang krispi.

Quesadilla memiliki bentuk yang tipis sehingga cocok dijadikan makanan ringan. Ada dua cara menyajikan quesadilla: half quesadilla berupa selembar tortilla yang diberi isian favorit lalu dilipat dan dimasak. Kemudian whole quesadilla dibuat dengan dua lembar tortilla yang di tengahnya diberi isian keju.

Semua hidangan tortilla ini langsung bikin ngiler ya? Kalau ingin mencicipi hidangan ini, kamu tinggal membeli kulit tortilla yang banyak dijual di pasaran dan membuat isian sesuai selera.

Baca Juga: 5 Macam Sup Tortilla yang Cocok untuk Kudapan Musim Hujan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya