Comscore Tracker

5 Kebiasaan Saat Berbuka Ini Gak Baik Bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!

Kamu gini juga nggak?

Selain ibadah, puasa sejatinya memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Banyak sekali penelitian yang telah membuktikan manfaat berpuasa bagi kesehatan. Kendati demikian, banyak sekali orang-orang yang tidak mendapatkan manfaat dari berpuasa lantaran memiliki kebiasaan berbuka yang salah.

Sayang banget kan, kalau selama berpuasa kamu hanya mendapatkan lapar dan haus saja tanpa merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Nah, mulai sekarang yuk ubah kebiasaan buruk selama berbuka. Lantas apa saja kebiasaan buruk yang harus segera kamu ubah? Ini dia ulasannya.

1. Langsung mengisi perut hingga penuh

5 Kebiasaan Saat Berbuka Ini Gak Baik Bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!hipandhealthy.com

Setelah menahan diri untuk tidak makan dan minum, momen berbuka puasa kerap dijadikan ajang untuk balas dendam dan melahap semua makanan hingga perut seketika penuh. Padahal setelah beberapa jam dalam keadaan kosong, sistem pencernaan berada dalam mode 'paling santai'.

Langsung mengisi perut hingga penuh saat berbuka dapat menyebabkan sistem pencernaan harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Alhasil berbagai masalah pada perut akan kamu alami seperti kembung, diare, konstipasi, asam lambung, dan sebagainya.

2. Mengonsumsi makanan pedas

5 Kebiasaan Saat Berbuka Ini Gak Baik Bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!indoindians.com

Sambal dan cabai memang ampuh menambah cita rasa masakan dan meningkatkan selera makan. Kendati demikian, hindari langsung mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa. Ini lantaran perut yang kosong bisa kaget ketika diberi asupan makanan pedas. Dampaknya, lambung akan mensekresi asam lambung secara berlebihan yang dapat mengikis dinding lambung kemudian menyebabkan mag, diare, dan mual.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ampuh Atasi Masalah Kulit Kering, Kamu Sudah Tahu?

3. Langsung menyantap gorengan

5 Kebiasaan Saat Berbuka Ini Gak Baik Bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!earth.com

Godaan cita rasa yang gurih dan renyahnya gorengan memang membuat camilan yang satu ini sulit ditolak. Ditambah saat gorengan tersebut masih panas, rasanya gorengan sangat pas dijadikan makanan untuk membatalkan puasa. Padahal sebenarnya kebiasaan ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Gorengan mengandung banyak sekali minyak yang tidak baik dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong, karena membuat lambung harus bekerja sangat keras untuk mencerna makanan berminyak.

4. Mengonsumsi minuman bersoda dan makanan bergas

5 Kebiasaan Saat Berbuka Ini Gak Baik Bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!Monarch-beverage.com

Buat kamu yang memiliki riwayat maag, kamu wajib banget menghindari makanan serta minuman bergas seperti minuman bersoda, sawi, dan kol. Sebab berbagai makanan dan minuman tesebut mengandung gas yang dapat memicu sekresi asam lambung dan gas dalam perut yang kemudian menyebabkan perut terasa kembung, begah, dan mual.

5. Makan dengan terburu-buru

5 Kebiasaan Saat Berbuka Ini Gak Baik Bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!Unsplash.com/Sander Dalhuisen

Karena gak mau melewatkan salat maghrib berjamaah, gak jarang orang-orang kemudian berbuka puasa dengan terburu-buru dan makan dengan sangat cepat. Padahal kebiasaan ini gak baik bagi kesehatan lho. Makanan haruslah dikunyah terlebih dahulu sampai lembut baru kemudian dapat ditelan. Hal ini berguna agar proses pencernaan makanan di lambung dan usus dapat berjalan dengan baik dan nutrisi makanan terserap sempurna.

6. Berbuka dengan yang manis-manis

5 Kebiasaan Saat Berbuka Ini Gak Baik Bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!Rumahmesin.com

Selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa berbuka puasa dengan makanan manis merupakan hal yang dianjurkan dan baik bagi kesehatan. Padahal sebaliknya, langsung memakan makanan manis usai berpuasa seharian justru membuat gula darah meningkat secara tajam.

Jika kamu ingin tetap mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka, gantilah gula yang biasa kamu pakai dengan madu. Kendati demikian, kamu tetap gak boleh mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan karena madu mengandung kalori tinggi yang berpotensi menyebabkan lonjakan berat badan.

Karena sejatinya puasa bukan hanya perihal menahan diri dari makan dan minum sejak matahari terbit hingga terbenam, tetapi juga tentang membuat tubuh lebih sehat. Maka sebaiknya  perhatikan asupan serta kebiasaanmu saat berbuka agar kegiatan puasamu sepanjang hari tidak menjadi sia-sia.

Baca Juga: Dikenal Lebih Menyehatkan, Ini 5 Kelebihan Makanan Organik 

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You