Comscore Tracker

Biasa Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Ternyata Bergizi jika Dimakan

Dari pisang sampai jeruk

Kamu pasti sering memakan beberapa jenis buah beserta kulitnya, seperti apel, mentimun, pir, dan anggur. Biasanya, buah yang dimakan tanpa dikupas terlebih dahulu memiliki kulit yang tipis dan rasa yang cenderung manis, sedangkan kulit buah yang tebal biasanya langsung dibuang.

Namun, siapa sangka, ternyata beberapa kulit buah yang tebal dengan rasa cenderung kurang sedap ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan bisa dimakan. Apa sajakah itu? Simak jawabannya di sini.

1. Kulit semangka

Biasa Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Ternyata Bergizi jika Dimakanunsplash.com/Amanda Lins

Kulit buah semangka aman dikonsumsi. Terlebih, kulit semangka memiliki manfaat yang luar biasa. Dilansir situs Organic Facts, kulit semangka mengandung konsentrasi tinggi vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, dan seng. Tingginya nutrisi dalam kulit buah semangka membuat buah ini dapat meningkatkan kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan, dan bahkan baik untuk kehamilan. 

Kadar kalium yang tinggi dapat menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung. Vitamin C dari kulit semangka membantu merangsang produksi sel darah putih untuk melawan infeksi dalam tubuh. Tingginya serat dan rendahnya kalori kulit semangka baik untuk menurunkan berat badan dan membantu metabolisme sekaligus membuat kamu kenyang lebih lama. Gula alami yang ditemukan di kulit semangka membantu mengatasi morning sickness dan pembengkakan yang biasa terjadi selama kehamilan. 

Kamu bisa mengonsumsi kulit semangka dengan membuatnya menjadi smoothie, selai, atau hanya dengan dipotong-potong dan dijadikan campuran salad.

2. Kulit pisang

Biasa Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Ternyata Bergizi jika Dimakanunsplash.com/Gabrielle Henderson

Sebagian dari kamu pasti pernah menggunakan kulit pisang untuk merawat kulit dan gigi. Namun, siapa sangka ternyata kulit pisang juga bisa dimakan. Dikutip dari laman Business Insider, beberapa nutrisi yang ada dalam pisang, antara lain serat, vitamin C, vitamin B-6, vitamin B12, kalium, dan magnesium.

Karena itu, konsumsi kulit pisang mampu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan energi, hingga membuat tekanan darah menjadi lebih teratur. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mencampurkan kulit pisang dalam smoothie, digoreng, panggang, atau direbus. Cara ini membuat kulit pisang jadi lebih lembut dan lebih mudah dikunyah.

Baca Juga: 4 Arti Kode Label pada Buah, Jangan Sampai Kamu Salah Makan!

3. Kulit kiwi

Biasa Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Ternyata Bergizi jika Dimakanunsplash.com/K8

Dikutip dari laman Healthline, kulit kiwi mengandung serat, folat, dan vitamin E. Serat dalam kiwi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Folat penting untuk pertumbuhan dan pembelahan sel. Sementara, vitamin E memiliki sifat antioksidan.

Dengan mengonsumsi kulit kiwi, kamu telah meningkatkan asupan serat sebanyak 50 persen, folat 32 persen, dan vitamin 34 persen lebih banyak dibandingkan jika kamu hanya makan daging kiwi saja.

4. Kulit jeruk

Biasa Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Ternyata Bergizi jika Dimakanunsplash.com/Stephanie Harvey

Buah jeruk lebih banyak manfaatnya jika dimakan bersama kulitnya. Bahkan, menurut laman Global Healing, kulit jeruk ini bisa membantu membersihkan paru-paru.

Kulit jeruk juga memiliki antioksidan kuat, senyawa penekan histamin alami, dan flavonon. Senyawa penekan histamin ini dapat membantu orang yang memiliki alergi. Kulitnya juga kaya akan vitamin C, vitamin A, enzim, serat, dan pektin.

5. Kulit lemon

Biasa Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Ternyata Bergizi jika Dimakanunsplash.com/Han Lahandoe

Menurut situs New Health Guide, lemon sebaiknya dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Buah sitrus ini membawa berbagai nutrisi, seperti kalsium, kalium, dan vitamin C. Dengan mengonsumsi lemon sekaligus dengan kulitnya, ini dapat menurunkan kadar kolesterol, melawan kanker, meningkatkan kesehatan tulang, dan meningkatkan kesehatan mulut. 

Lemon mampu menurunkan kolesterol LDL karena mengandung polifenol flavonoid. Kandungan vitamin C-nya membantu membersihkan pembuluh darah, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah masalah gigi, dan meningkatkan kesehatan mulut. Kulit lemon mengandung limonene dan salvestrol Q40 yang melawan sel kanker. Sedangkan, kalsium yang dikandung kulitnya membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoartritis, patah tulang, dan osteoporosis.

Ternyata, kulit buah yang selama ini kita buang memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Jadi, kamu tertarik untuk mulai mengonsumsi kulit buah seperti yang telah dijelaskan?

Baca Juga: 5 Kreasi Menu Segar Berbahan Buah Markisa, Bikin Penasaran!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya