Comscore Tracker

Dikenal Lezat, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Berbagai Masalah pada Kulit

Bikin skincare sia-sia

Untuk mendapatkan kulit bersih dan sehat, tak sedikit orang yang rela menghabiskan banyak uang dan waktu untuk melakukan perawatan. Namun, fakta yang harus kamu terima, tidak peduli seberapa baik banyak dan mahal produk perawatan wajah yang kamu gunakan, jika tidak memperhatikan diet, sulit bagimu untuk mendapatkan kulit idaman.

Beberapa makanan dikemas dengan nutrisi yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan terawat, tapi ada juga makanan yang harus dihindari jika kamu ingin mencegah keriput, bintik-bintik penuaan, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Inilah beberapa makanan yang perlu kamu hindari karena bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah.

1. Karbohidrat olahan

Dikenal Lezat, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Berbagai Masalah pada Kulitpexels.com/Buenosia Carol

Karbohidrat olahan memiliki nilai gizi yang buruk. Namun, lebih dari itu, karbohidrat olahan memberi makan bakteri jahat di usus. Ya, gula berperan sebagai makanan bagi bakteri jahat yang memberinya kesempatan untuk berkembang biak dan menyingkirkan bakteri baik di sistem pencernaan. Menurut temuan yang dipublikasikan dalam jurnal BMC, pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat telah dikaitkan dengan beberapa kondisi pencernaan.

Karena jerawat adalah kondisi bakteri, masuk akal bahwa jerawat dikaitkan dengan ketidakseimbangan jenis bakteri yang jahat dalam sistem. Inilah alasan mengapa untuk memperbaiki kulit, kamu perlu meningkatkan bakteri usus yang sehat dengan mengonsumsi sumber probiotik, seperti sauerkraut, tempe, dan suplemen probiotik.

2. Daging olahan

Dikenal Lezat, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Berbagai Masalah pada Kulitunsplash.com/Jez Timms

Daging olahan mengandung natrium yang dapat menyebabkan retensi air dan menyebabkan wajah bengkak. Selain itu, studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition juga menunjukkan natrium nitrat, yang merupakan pengawet yang ditambahkan dalam banyak makanan olahan, dapat memecah kolagen dan elastin dan dapat memicu tanda-tanda penuaan dini.

Sebagai solusinya, gantilah daging olahan dengan daging organik yang diberi makan rumput untuk menghindari kelebihan natrium dan natrium nitrat. Sebab, daging yang diberi makan rumput biasanya memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi daripada daging konvensional dan mungkin bebas dari hormon serta antibiotik.

Baca Juga: 5 Makanan Lezat Ini Bikin Kamu Sulit Kurus, Wajib Dihindari Saat Diet!

3. Pemanis buatan

Dikenal Lezat, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Berbagai Masalah pada Kulitunsplash.com/Sharon McCutcheon

Makanan yang ditambah dengan pemanis artifisial, seperti minuman ringan, saus pasta, dan jus, dapat menimbulkan masalah bagi kulit. Menurut laman Eat This Not That, pemanis buatan dapat mempengaruhi hormon dengan cara yang sama seperti gula sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Molekul gula berlebih dapat berikatan dengan kolagen dan elastin. Sebagai akibat dari proses ini, serat kolagen dan elastin kehilangan kekuatan dan fleksibilitasnya, yang berkontribusi pada penuaan kulit.

4. Whey protein

Dikenal Lezat, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Berbagai Masalah pada Kulitpexels.com/samer daboul

Whey protein biasanya ditemukan dalam susu. Namun, whey protein juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen dan ditambahkan dalam makanan lain, seperti shake atau smoothie. Menurut temuan yang dilaporkan dalam jurnal Anais Brasileiros de Dermatologia, whey protein yang biasanya dikonsumsi oleh para binaragawan juga berkaitan dengan lebih banyak jerawat.

Whey protein dapat menyebabkan jerawat karena meningkatkan produksi hormon yang disebut insulin-like growth factor 1 atau IGF-1. Insulin sendiri bersifat meningkatkan produksi sebum yang terkait dengan perkembangan jerawat. Alternatif yang lebih baik untuk whey protein adalah bubuk protein nabati.

5. Cokelat

Dikenal Lezat, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Berbagai Masalah pada Kulitunsplash.com/Food Photographer | Jennifer Pallian

Menurut studi dalam jurnal The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, cokelat terbukti meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat. Tubuh memetabolisme karbohidrat pada cokelat dengan cara yang sama seperti gula. Ini berarti bahwa cokelat juga dapat menyebabkan penuaan dengan merusak kolagen di kulit.

Diet tinggi lemak dan gula rafinasi, seperti yang ditemukan dalam permen dan cokelat, dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu respons peradangan dalam tubuh. Kedua kondisi ini diketahui meningkatkan risiko berjerawat.

Jadi, agar kulitmu tidak bermasalah, pastikan kamu membatasi konsumsi semua makanan di atas, ya.

Baca Juga: Mengenal Reverse Diet, Metode Diet yang Gak Bikin Stres

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya