Comscore Tracker

5 Makanan Lezat Ini Bikin Kamu Sulit Kurus, Wajib Dihindari Saat Diet!

Bisa sebabkan masalah kesehatan juga

Makanan yang kamu makan memiliki pengaruh yang besar pada berat badan. Beberapa makanan dapat membantu menurunkan berat badan. Sementara, makanan yang lain, terutama produk olahan, bisa membuat berat badan bertambah.

Oleh sebab itu, kamu yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan perlu lebih cermat dalam memilih makanan. Sebab, jika salah memilih makanan, alih-alih membuat dietmu berhasil, yang ada berat badanmu justru bertambah.

Buat kamu yang sedang diet, yuk, hindari makanan berikut ini karena menyebabkan kamu susah kurus.

1. Kentang goreng dan keripik kentang

5 Makanan Lezat Ini Bikin Kamu Sulit Kurus, Wajib Dihindari Saat Diet!pexels.com/Valeria Boltneva

Kentang utuh merupakan makanan yang sehat dan mengenyangkan, tapi tidak demikian dengan kentang goreng dan keripik kentang. Meskipun olahan kentang tersebut lezat dan gurih, ia sangat tinggi kalori. Sebagian orang cenderung akan memakannya terlalu banyak.

Dalam studi observasi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, kentang goreng dan keripik kentang berkontribusi dengan kenaikan berat badan. Oleh karena itu, kamu wajib menghindari olahan kentang ini saat sedang ingin menurunkan berat badan.

2. Roti putih

5 Makanan Lezat Ini Bikin Kamu Sulit Kurus, Wajib Dihindari Saat Diet!pexels.com/Buenosia Carol

Roti putih telah melewati proses yang tinggi dan sering kali mengandung banyak gula tambahan. Roti putih juga terkenal memiliki indeks glikemik tinggi dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Satu studi yang dilakukan terhadap 9.267 orang menemukan bahwa makan 120 gram roti putih per hari dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan dan obesitas sebesar 40 persen. Studi ini telah dilaporkan dalam jurnal BMC Public Health.

Baca Juga: Biar Bergizi! 10 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari

3. Donat

5 Makanan Lezat Ini Bikin Kamu Sulit Kurus, Wajib Dihindari Saat Diet!unsplash.com/Heather Ford

Bukan hal aneh rasanya jika donat menjadi salah satu makanan penyebab tubuh sulit kurus. Sebab, donat dibuat hampir seluruhnya dari gula, mulai dari adonan hingga taburan.

Menurut penjelasan laman Eat This Not That, di dalam tubuh, donat terurai menjadi gula sederhana dengan cepat. Hal ini menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak insulin. Ketika ada banyak insulin, ada terlalu banyak gula yang masuk ke dalam sel lemak sehingga tidak ada yang tersisa untuk darah. Hasilnya adalah gula darah rendah yang membuat kamu merasa segera lapar tak lama setelah mengonsumsi donat.

4. Hamburger

5 Makanan Lezat Ini Bikin Kamu Sulit Kurus, Wajib Dihindari Saat Diet!Unsplash.com/sk

Hamburger identik dengan kandungan lemak jenuhnya yang tinggi dan berkaitan dengan penyakit jantung. Lebih parah lagi, kandungan lemak jenuh ini memicu peradangan jaringan adiposa putih, yang merupakan salah satu jenis jaringan lemak.

Jaringan putih tersebut adalah jenis lemak yang menyimpan energi, bukan membakar energi seperti yang dilakukan sel lemak cokelat. Ketika sel-sel lemakmu membesar dengan asupan lemak jenuh yang lebih besar, sel-sel tersebut akan melepaskan agen proinflamasi yang mendorong peradangan sistemik dan penambahan berat badan, menurut sebuah ulasan di jurnal Expert Review of Cardiovascular Therapy.

5. Biskuit

5 Makanan Lezat Ini Bikin Kamu Sulit Kurus, Wajib Dihindari Saat Diet!Unsplash.com/Tanphong Toochinda

Jika biskuit berlapis mentega masih menjadi camilan favoritmu di waktu luang, jangan harap lingkar pinggangmu cepat berkurang. Itu karena camilan ini tidak mengandung serat yang mengenyangkan dan menyehatkan jantung sehingga menghasilkan lonjakan gula darah dan membuatmu cepat lapar.

Biji-bijian olahan, seperti pada bahan baku biskuit ini, kehilangan nutrisi berharga selama proses pemurnian dan membutuhkan sedikit waktu untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengganti biji-bijian utuh dengan biji-bijian olahan meningkatkan kehilangan kalori dengan mempertahankan kalori selama pencernaan dan mempercepat metabolisme.

Selain membuat sulit kurus, semua makanan ini juga rendah nutrisi sehingga tidak baik untuk kesehatan. Jadi, pastikan kamu membatasi konsumsi semua makanan ini.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Pernah Coba?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya