Comscore Tracker

Bikin Ngilu, Ini 5 Makanan yang Patut Dihindari Pemilik Gigi Sensitif

Harus lebih selektif dalam memilih makanan

Jika kamu adalah seseorang yang harus berjuang melawan gigi sensitif, kamu pasti paham ketidaknyamanan dan rasa sakit yang sering datang tiba-tiba saat kamu makan atau minum. Sayangnya, gigi sensitif dapat muncul setiap saat dan sering kali menjadi masalah yang harus dihadapinya seseorang seumur hidup.

Dua penyebab utama gigi sensitif adalah karena enamel gigi yang menipis dan resesi gusi dengan paparan akar. Akibatnya, kondisi ini menyebabkan gigi menjadi sensitif terhadap makanan tertentu dan memicu rasa ngilu saat makan. Salah satu cara terbaik untuk mencegah kambuhnya gigi sensitif dalam kehidupan sehari-hari adalah diet. Caranya menghindari kontak dengan makanan dan minuman yang menyebabkan masalah ini.

Dirangkum dari laman Eat This Not That dan Everyday Health, inilah daftar makanan yang perlu kamu hindari jika memiliki gigi sensitif.

1. Es krim

Bikin Ngilu, Ini 5 Makanan yang Patut Dihindari Pemilik Gigi Sensitifunsplash.com/Jason Leung

Es krim tidak hanya dingin yang bisa membuat gigi sensitifmu terasa ngilu, tetapi juga mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Individu dengan gigi sensitif tidak memiliki lapisan enamel yang berfungsi sebagai pelindung. Tanpa lapisan enamel untuk melindungi saraf, suhu makanan bisa lebih memperburuk masalah gigi.

Untuk itu, kamu yang memiliki gigi sensitif harus menghindari es krim dan maknanya lain yang memiliki suhu sangat dingin.

2. Permen lengket 

Bikin Ngilu, Ini 5 Makanan yang Patut Dihindari Pemilik Gigi Sensitifunsplash.com/Marvin Meyer

Permen yang manis dan lengket, seperti toffee, karamel, gummy bear, dan licorice, memiliki banyak kekurangan, terutama bagi orang dengan gigi sensitif. Selain tinggi akan kandungan gula, teksturnya yang lengket membuat camilan manis ini dapat menempel di gigi.

Makanan yang sangat manis dan lengket berpotensi merangsang saraf di dentin, yang mirip dengan enamel gigi, tetapi tidak sekeras enamel dan memiliki lubang mikroskopis kecil untuk lebih mengekspos saraf. Untuk itu, pemilik gigi sensitif patut menghindari konsumsi makanan yang lengket.

Baca Juga: Sering Alami Sakit Gigi? Ini 5 Cara Penanganan Pertamanya!

3. Tomat

Bikin Ngilu, Ini 5 Makanan yang Patut Dihindari Pemilik Gigi Sensitifunsplash.com/Tom Hermans

Tomat merupakan sumber vitamin yang baik, khususnya vitamin C. Akan tetapi, tomat juga sangat asam sehingga sebaiknya dihindari oleh pemilik gigi sensitif karena dapat menyebabkan gigi ngilu dan tidak nyaman.

Bukan hanya tomat mentah saja, tapi saus tomat juga dapat memicu gigi sensitif. Kamu yang bermasalah dengan gigi sensitif perlu menghindari tomat mentah dan saus tomat.

4. Sup

Bikin Ngilu, Ini 5 Makanan yang Patut Dihindari Pemilik Gigi Sensitifunsplash.com/Melissa Walker Horn

Normalnya, sup dan makanan berkuah lainnya paling nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Sayangnya, suhu ekstrem membuat perbedaan signifikan pada gigi sensitif. Jadi, sup dan makanan berkuah panas lainnya dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada gigi sensitif. 

Untuk itu, kamu yang memiliki gigi sensitif sebaiknya menghindari makan sup yang bersuhu sangat panas dan pilihlah makanan berkuah bersuhu kamar sebagai gantinya. Jika kamu kesulitan menghindari godaan makanan berkuah yang panas, cobalah menyeruputnya melalui sedotan untuk meminimalkan kontak dengan gigi.

5. Buah sitrus

Bikin Ngilu, Ini 5 Makanan yang Patut Dihindari Pemilik Gigi Sensitifunsplash.com/Bruna Branco

Buah sitrus, seperti nanas, jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis adalah buah yang sangat asam. Adapun, makanan yang terlalu asam dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif. Hal ini disebabkan karena email gigi rusak. 

Bukan hanya mengonsumsi buah-buahan sitrus, tapi meminum jus buah sitrus juga dapat memicu rasa ngilu pada gigi sensitif.

Jika makanan yang kamu makan sering menyebabkan gigi terasa ngilu, kamu perlu mengubah kebiasaan makan. Selain itu, menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dapat mengurangi sensitivitas gigi. Jika gejala gigi sensitif terus berlanjut selama lebih dari beberapa minggu, pastikan untuk segera berbicara dengan dokter gigi.

Baca Juga: Bisa Memutihkan Gigi, Apa Saja Efek Samping dari Bleaching Gigi?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya