Comscore Tracker

Penting untuk Fungsi Tubuh, Ini 5 Makanan Sehat yang Tinggi Omega-6

Imbangi dengan konsumsi omega-3 #IDNTimesFood

Asam lemak omega-6 adalah nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan berbagai fungsi tubuh. Tubuh kita tidak dapat memproduksi omega-6 sendiri. Jadi, kita perlu mendapatkannya dari makanan.

Di sisi lain, mengonsumsi asam lemak omega-6 dengan rasio yang tinggi terhadap omega-3 dianggap berkontribusi terhadap peradangan dan penyakit kronis. Jadi, untuk memastikan rasio yang tepat, makanlah makanan kaya omega-6 dalam jumlah sedang dan pasangkan dengan sumber asam lemak omega-3 yang baik.

Berikut adalah beberapa makanan bergizi tinggi asam lemak omega-6 dirangkum dari laman WebMD dan Healthline.

1. Telur

Penting untuk Fungsi Tubuh, Ini 5 Makanan Sehat yang Tinggi Omega-6ilustrasi telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Telur bisa menjadi makanan yang lezat, bergizi, dan serbaguna untuk diet karena mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, selenium, dan riboflavin. Selain itu,
satu butir telur besar mengandung sekitar 1,8 gram omega-6 yang terkonsentrasi di kuningnya, bukan putihnya. Kendati kuning telur mengandung kolesterol tinggi, ini hanya memiliki sedikit efek pada kadar kolesterol darah.

Jika kamu tidak memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsumsi sebutir telur setiap hari dapat menjadi sumber protein dan nutrisi penting seperti asam lemak, vitamin, dan mineral. Kamu juga bisa menikmati telur dengan berbagai cara, seperti dibuat orak-arik, digoreng, direbus, atau ditambahkan ke burrito, sandwich, casserole, dan salad.

2. Biji bunga matahari

Penting untuk Fungsi Tubuh, Ini 5 Makanan Sehat yang Tinggi Omega-6ilustrasi biji bunga matahari (pixabay.com/petrucy)

Biji bunga matahari adalah biji yang dipanen dari kepala tanaman bunga matahari dan menawarkan berbagai nutrisi, seperti vitamin E, magnesium, dan protein. Biji bunga matahari juga mengandung 9,3 gram omega-6 dalam 28 gram biji.

Dengan rasa kacang dan tekstur lembut namun renyah, biji bunga matahari bisa menjadi tambahan yang bagus untuk trail mix, granola bar, makanan panggang, dan casserole. Jika kamu menaburkan beberapa sendok biji bunga matahari pada sereal, salad, atau pasta, campurkan beberapa biji rami atau biji chia untuk menambahkan omega-3 ke dalam makanan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat, Tubuh Makin Segar

3. Tahu

Penting untuk Fungsi Tubuh, Ini 5 Makanan Sehat yang Tinggi Omega-6ilustrasi tahu (pixabay.com/allybally4b)

Tahu dibuat dengan mengentalkan susu kedelai dan menekan dadih kedelai. Tahu mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh, seperti protein, zat besi, kalsium, dan mangan. Selain itu, tahu mengandung sekitar 3 gram omega-6 di setiap setengah cangkir tahu.

Karena tinggi protein, tahu juga bisa menjadi alternatif daging yang bagus untuk orang-orang yang menjalani diet nabati. Coba tambahkan tahu ke dalam makanan mingguan dengan membuat orak-arik tahu, menaburkannya di atas salad, atau menjadikannya sebagai pengganti daging di hidangan utama.

4. Kacang almon

Penting untuk Fungsi Tubuh, Ini 5 Makanan Sehat yang Tinggi Omega-6ilustrasi kacang almon (pexels.com/Karolina Grabowska)

Almon merupakan jenis kacang pohon yang berasal dari Timur Tengah dan telah dibudidayakan di seluruh dunia. Almon adalah sumber protein dan serat yang hebat bersama dengan vitamin E, mangan, dan magnesium. Kacang ini juga cocok dinikmati secara langsung, dipanggang, atau dibuat selai.

Kacang-kacangan, seperti almon, bermanfaat untuk kesehatan jantung berkat kandungan asam lemaknya. Almon memiliki 3,7 gram omega-6 per 28 gramnya. Namun, karena kacang ini memiliki banyak kalori, sesuaikan porsi untuk menghindari penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

5. Selai kacang

Penting untuk Fungsi Tubuh, Ini 5 Makanan Sehat yang Tinggi Omega-6ilustrasi selai kacang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sama seperti namanya, selai kacang ialah selai krim yang terbuat dari kacang panggang. Bukan hanya tinggi akan lemak dan protein sehat, selai kacang juga sarat dengan nutrisi penting, seperti niasin, mangan, vitamin E, dan magnesium.

Ditambah, selai kacang serbaguna dan mudah dinikmati. Cobalah menggunakannya sebagai saus untuk buah dan sayuran, olesan roti, mencampurnya ke dalam smoothie atau menambahkannya ke makanan penutup.

Demikianlah sumber asam lemak omega-6 yang sangat baik. Meskipun asam lemak omega-6 memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan, penting untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 untuk mempertahankan rasio lemak sehat.

Baca Juga: 5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya