Comscore Tracker

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Makanan Terbaik untuk Usus

Perlu rutin dikonsumsi

Usus memiliki tugas penting untuk mencerna makanan dan menyedot semua kelembapan dari makanan yang kemudian digunakan untuk menghidrasi tubuh. Sama seperti bagaimana pilihan makanan memengaruhi jantung, otak, dan otot, makanan juga memengaruhi usus.

Agar usus tetap sehat dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, kamu perlu memasukkan makanan yang tepat. Berikut adalah daftar makanan yang baik untuk usus.

1. Kacang kenari

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Makanan Terbaik untuk Ususilustrasi kacang kenari (pixabay.com/milesz)

Kacang kenari menyediakan beberapa serat dan asam lemak Omega-3 dalam bentuk asam alfa-linolenat. Nutrisi tersebut membuat kacang kenari sangat baik untuk membersihkan usus besar.

Penelitian pada hewan yang dilaporkan dalam Cancer Prevention Research menunjukkan bahwa konsumsi kacang kenari menghasilkan lingkungan usus yang lebih sehat dan dapat mengurangi perkembangan tumor usus besar yang bersifat kanker. Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan lain dari kenari yang akan kamu peroleh dari memakannya, seperti mengurangi inflamasi, mempertahankan berat badan, mengurangi risiko diabetes, dan menurunkan tekanan darah.

2. Yoghurt

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Makanan Terbaik untuk Ususilustrasi yogurt (pixabay.com/ponce_photography)

Produk fermentasi susu, seperti yoghurt, menyediakan probiotik yang sehat untuk usus. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cancer, dijelaskan bahwa makan banyak yoghurt dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 38 persen.

Sebagai bonus, probiotik juga dapat membantu mengurangi gas yang terkait dengan makan kacang-kacangan dan sayuran silangan. Jika kamu tidak bisa makan produk olahan susu, ada banyak makanan kaya probiotik lain sebagai gantinya.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Rumahan Paling Favorit, Rasanya Enak dan Sehat

3. Sayuran silangan

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Makanan Terbaik untuk Ususilustrasi brokoli (pixabay.com/ExplorerBob)

Serat merupakan bahan penting untuk membersihkan usus besar. Membahas tentang serat, beberapa sumber serat terbaik datang dalam bentuk sayuran.

Satu studi dalam jurnal Nutrition and Cancer menemukan bahwa menyantap satu porsi sayuran hijau yang dimasak dapat menurunkan risiko kanker usus besar hingga 24 persen dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari itu. Lantaran melacak gram serat tidak selalu praktis, jadi metode yang lebih mudah adalah memastikan bahwa dua pertiga makanan yang ada di piringmu merupakan sayuran silangan yang kaya serat, seperti brokoli, kembang kol, dan kale.

4. Kacang dan lentil

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Makanan Terbaik untuk Ususilustrasi kacang-kacangan (pexels.com/Mehran B)

Kacang-kacangan dan lentil juga mengandung serat yang baik bagi usus. Menurut Mayoclinic, individu yang makan serat paling banyak dari sumber nabati, seperti kacang-kacangan, memiliki kemungkinan 35 persen lebih kecil untuk memiliki polip usus besar— benjolan di lapisan usus besar yang berpotensi berkembang menjadi kanker—dibandingkan dengan individu yang makan paling sedikit.

Selain itu, kacang-kacangan mungkin juga mengandung fitokimia pelindung kanker. Karenanya, kamu tak perlu menghindari makanan tinggi lemak ini.

5. Kinoa dan beras merah

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Makanan Terbaik untuk Ususilustrasi kinoa (pixabay.com/NatureFriend)

Untuk menjaga usus tetap sehat, kamu harus fokus pada makanan utuh. Biji-bijian yang diproses secara minimal, seperti beras merah, oat, dan kinoa, sangat bagus untuk dikonsumsi sehari-hari.

Biji-bijian utuh dikemas dengan serat sehingga biji-bijian utuh menjadi salah satu makanan terbaik untuk membersihkan usus besar. American Institute for Cancer Research melaporkan bahwa makan tiga porsi biji-bijian utuh setiap hari menurunkan risiko kanker kolorektal sebesar 17 persen.

Menjaga kesehatan usus sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Sebab, di ususlah nutrisi makanan akan diserap. Jadi, jangan lupa konsumsi makanan di atas untuk menjaga kesehatan usus.

Baca Juga: Lezat! 5 Makanan Sehat Penambah Berat Badan buat Kamu yang Diet Gemuk

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya