Comscore Tracker

5 Makanan yang Ampuh untuk Melancarkan ASI, Ibu Menyusui Wajib Tahu

Sehat, alami, dan mudah didapat

Bagi ibu yang menyusui bayi, baik secara eksklusif atau dikombinasikan dengan susu formula, mendapatkan makanan yang cukup adalah hal yang penting. Menjaga tingkat energi, makan makanan padat nutrisi, dan tetap terhidrasi akan membantu ibu menyusui menghasilkan ASI yang dibutuhkan bayi.

Sebenarnya, cara terbaik untuk meningkatkan produksi susu adalah sering-sering menyusui. Namun, jika merasa telah cukup menyusui bayi tetapi masih membutuhkan peningkatan suplai ASI, kamu dapat memperbanyak konsumsi makanan yang termasuk galactagogue untuk membantu meningkatkan pasokan ASI.

Inilah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk meningkatkan asupan ASI.

1. Bayam

5 Makanan yang Ampuh untuk Melancarkan ASI, Ibu Menyusui Wajib Tahuunsplash.com/Louis Hansel

Konsumsi makanan tinggi zat besi efektif mengisi kembali kekurangan zat besi, utamanya bagi ibu yang mengalami perdarahan pascapersalinan atau kehilangan jumlah darah yang tidak normal selama kelahiran. Hal ini dapat memengaruhi ASI.

Satu penelitian dalam jurnal Birth menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah dikaitkan dengan suplai susu yang rendah. Karenanya, makanan tinggi zat besi, seperti bayam, baik untuk dikonsumsi oleh para ibu menyusui. Selain bayam, makanan kaya zat besi lainnya yang dapat kamu konsumsi adalah daging merah, hati, kacang-kacangan, buncis, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

2. Jahe segar

5 Makanan yang Ampuh untuk Melancarkan ASI, Ibu Menyusui Wajib Tahumedicalnewstoday.com

Jahe segar dikenal baik untuk kesehatan. Selain itu, jahe segar juga dapat meningkatkan produksi ASI dan membantu let-down reflex, menurut studi dalam jurnal Breastfeeding Medicine.

Kamu dapat dengan mudah menambahkan jahe mentah segar ke dalam masakan. Kamu juga bisa menambahkan jahe ke dalam rutinitas harian dengan meminum teh jahe. Perlu diingat, jahe segar aman diminum dalam jumlah wajar, tapi kamu tidak boleh mengonsumsi suplemen jahe tanpa berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Kondisi Ini akan Terjadi jika Mencoba Diet Daging Merah, Penasaran?

3. Adas

5 Makanan yang Ampuh untuk Melancarkan ASI, Ibu Menyusui Wajib Tahupixabay.com/congerdesign

Adas telah lama dianggap sebagai galactogogue. Dilansir laman Drugs, beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan kecil antara pemberian adas dengan ASI yang lebih baik.

Adas banyak digunakan dalam teh dan suplemen lain untuk ibu menyusui, tetapi juga sangat cocok digunakan sendiri. Adas paling enak jika diolah dengan cara dipanggang, dimasukkan dalam salad, bahkan diiris dan disajikan dengan saus.

4. Biji-bijian utuh

5 Makanan yang Ampuh untuk Melancarkan ASI, Ibu Menyusui Wajib Tahuunsplash.com/Daria Nepriakhina

Biji-bijian utuh merupakan makanan yang sangat bergizi untuk ibu menyusui. Menurut laman Verywell Family, biji-bijian utuh dianggap memiliki sifat yang mendukung hormon yang bertanggung jawab dalam produksi ASI. Jadi, makan biji-bijian dapat meningkatkan suplai ASI bagi ibu menyusui.

Biji-bijian yang paling umum digunakan untuk meningkatkan suplai ASI adalah oatmeal yang dimasak lama. Kamu juga dapat mencoba jelai, beras merah gandum, biskuit oatmeal, atau makanan lain yang terbuat dari biji-bijian.

5. Kacang dan polong-polongan

5 Makanan yang Ampuh untuk Melancarkan ASI, Ibu Menyusui Wajib Tahuunsplash.com/Milada Vigerova

Kacang dan polong-polongan adalah sumber protein, vitamin, mineral, dan fitoestrogen yang baik, dijelaskan dalam laman Parents. Kacang arab, misalnya, telah digunakan sebagai galactagogue sejak zaman Mesir Kuno dan merupakan makanan pokok dalam masakan Afrika Utara, Timur Tengah, dan Mediterania. Kacang arab menjadi sebagai salah satu galactagogue yang paling mudah diakses.

Meskipun kacang arab adalah legum laktogenik yang paling banyak digunakan secara tradisional, kamu tidak perlu membatasi pada satu jenis kacang polong atau legum. Kedelai, misalnya, juga memiliki kandungan fitoestrogen tertinggi dari semua kacang. Makan berbagai jenis kacang-kacangan dan polong-polongan tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, tetapi juga untuk membantu memastikan bahwa kamu memiliki persediaan susu yang sehat.

Selain dengan asupan makanan di atas, hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan suplai ASI adalah sering menyusui bayi. Selain itu, jika kamu khawatir memiliki masalah dengan ASI, carilah konsultan laktasi yang akan membantu mencari solusi bagi ibu dan situasi pribadi bayi.

Baca Juga: 7 Superfood yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui, ASI Jadi Makin Lancar

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya