Comscore Tracker

Baik untuk Jantung, 5 Makanan Ini Bisa Melancarkan Sirkulasi Darah

Semuanya mudah ditemukan

Sirkulasi darah sangat penting untuk menjaga fungsi dan kesehatan tubuh. Sebaliknya, sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti mati rasa, sakit, dan kram otot. Sirkulasi darah yang buruk dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti penyakit arteri perifer, diabetes, obesitas, dan banyak lagi.

Meskipun obat-obatan sering digunakan untuk mengobati masalah peredaran darah, sebenarnya makanan yang baik dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Nah, inilah beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

1. Cokelat Hitam

Baik untuk Jantung, 5 Makanan Ini Bisa Melancarkan Sirkulasi Darahunsplash.com/Charisse Kenion

Cokwlat hitam terbukti membantu tubuh menghasilkan nitrogen monoksida yang memainkan peran penting dalam melindungi jantung dan pembuluh darah. Kakao yang terdapat dalam cokelat hitam mengandung antioksidan yang dapat membantu mengelola tekanan darah dan kolesterol serta meningkatkan aliran darah.

Menurut laman The Healthy, untuk mendapatkan manfaat ini, pilihlah cokelat hitam yang mengandung setidaknya 72 persen kakao.

2. Salmon

Baik untuk Jantung, 5 Makanan Ini Bisa Melancarkan Sirkulasi Darahunsplash.com/Caroline Attwood

Ikan salmon, herring, sarden, tuna albacore, dan makerel kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan. Karena itu, American Heart Association merekomendasikan tiap individu untuk mengonsumsi dua porsi ikan ini per minggu.

Menurut National Institutes of Health, penelitian menunjukkan kekurangan asam lemak omega-3 menyebabkan sirkulasi darah yang buruk. Ikan salmon yang tinggi akan omega-3 mengandung sifat pengencer darah dan antikoagulan alami yang memungkinkan peningkatan sirkulasi untuk seluruh tubuh.

Baca Juga: Simak 10 Panduan Memilih Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes

3. Cabai Hijau

Baik untuk Jantung, 5 Makanan Ini Bisa Melancarkan Sirkulasi Darahunsplash.com/Vipul Borade

Cabai hijau memberi dorongan ke darah yang meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Dalam sebuah studi yang diterbitkan di British Medical Journal, para peneliti mengamati diet yang dilakukan oleh sekitar setengah juta laki-laki dan perempuan selama rentang 7 tahun.

Dalam pengamatan tersebut, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan makanan pedas, seperti cabai, beberapa hari dalam seminggu memiliki risiko kematian 14 persen lebih rendah selama studi, termasuk dari penyakit jantung dan kanker.

4. Rumput Laut Wakame

Baik untuk Jantung, 5 Makanan Ini Bisa Melancarkan Sirkulasi Darahunsplash.com/Dilara Yilmaz

Dikutip dari laman The Healthy, telah dilakukan sebuah studi tentang efek hipotensi wakame. Peneliti Jepang yang terlibat menemukan bahwa konsumsi wakame kering selama 4 minggu dapat mengurangi tekanan darah pada manusia.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition juga menemukan manfaat wakame dalam hal menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pilihlah rumput laut berkualitas tinggi yang tidak terkontaminasi dengan logam berat atau kotoran lainnya.

5. Bawang Putih

Baik untuk Jantung, 5 Makanan Ini Bisa Melancarkan Sirkulasi Darahunsplash.com/Matthew Pilachowski

Selain meningkatkan cita rasa masakan, konsumsi bawang putih juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat membantu mencegah penyumbatan arteri.

Konsumsi dua hingga tiga siung setiap hari sangat ideal untuk membantu memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, kamu akan mendapatkan manfaat terbesar dari bawang putih jika menghancurkan atau menekannya terlebih dahulu sebelum ditambahkan dalam masakan.

Selain konsumsi makanan di atas, pastikan kamu juga menerapkan gaya hidup sehat, seperti aktif bergerak dan membatasi makanan rendah gizi untuk memperlancar sirkulasi darah.

Baca Juga: Biar Tetap Sehat, Ini 6 Makanan yang Wajib Dihindari Orang Lanjut Usia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya