Comscore Tracker

5 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Kelelahan, Langsung Semangat!

Gak perlu minuman berenergi

Setelah lelah beraktivitas dan ingin mengembalikan tenaga, banyak orang yang mengandalkan minuman berenergi. Minuman berenergi biasanya tinggi kafeina dan hanya meningkatkan energi, kemudian memperlambatnya lagi. Jadi, sebaiknya singkirkan solusi instan tersebut.

Padahal, daripada memilih minuman berenergi, ada banyak makanan yang bisa kamu pilih yang memiliki efek mengembalikan tingkat energi sehingga baik dikonsumsi saat kelelahan. Baca terus untuk mengetahui makanan sehat apa saja yang dapat mengatasi kelelahan dan memberikan semangat untuk kembali beraktivitas.

1. Oat

5 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Kelelahan, Langsung Semangat!pexels.com/haaijk

Oat tidak hanya baik untuk sarapan, tapi juga mengatasi rasa lelah setelah beraktivitas seharian. Semangkuk besar oat mengandung serat--yang mengenyangkan--dan sedikit protein, menurut temuan dalam Journal of Food Science and Technology.

Pilihan terbaik adalah memilih oatmeal tawar, steel-cut oats, atau old-fashioned karena tidak mengandung gula tambahan. Untuk menambah rasa, kamu dapat menambahkan susu, madu, dan beberapa buah beri.

2. Biji chia

5 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Kelelahan, Langsung Semangat!pixabay.com/u_kvsy5ovv

Biji chia bisa menjadi sumber energi jangka panjang yang sangat baik karena memiliki kandungan karbohidrat, lemak sehat, dan serat. Dua sendok makan chia menyediakan sekitar 24 gram karbohidrat dan 4,8 gram omega-3 yang menyehatkan jantung dan mengandung antiinflamasi.

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan enam atlet ketahanan, menunjukkan bahwa makan biji chia menawarkan energi yang sama banyaknya dengan minuman olahraga berkarbohidrat. Penelitian ini telah diterbitkan dalam The Journal of Strength and Conditioning Research.

Untuk sehari-hari, kamu bisa menaburkan beberapa sendok makan biji chia ke dalam smoothie atau yoghurt untuk memberikan dorongan energi yang cukup bagi kamu untuk mengatasi kelelahan.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Rumahan Paling Favorit, Rasanya Enak dan Sehat

3. Pisang

5 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Kelelahan, Langsung Semangat!pexels.com/Luis Quintero

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One membandingkan pisang dengan minuman olahraga berkarbohidrat bagi para pengendara sepeda yang melakukan perjalanan panjang. Dalam pengamatan tersebut, peneliti menemukan bahwa pisang menawarkan bahan bakar yang sama banyaknya kepada penunggangnya seperti halnya minuman olahraga.

Ini karena pisang mengandung kalium, serat, vitamin, dan karbohidrat dalam jumlah tepat yang memberi kamu dorongan untuk memiliki energi yang besar secara alami. Jadi, kamu bisa menggantikan minuman berenergi dengan pisang.

4. Kacang polong

5 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Kelelahan, Langsung Semangat!unsplash.com/Milada Vigerova

Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membantu memperpanjang dorongan energi yang diperoleh dari karbohidrat untuk energi yang tahan lama. Salah satu makanan yang merupakan sumber serat yang bagus adalah kacang polong.

Dilansir laman Men's Journal, serat juga menjaga tingkat energi tetap stabil karena membantu menstabilkan gula darah. Kacang polong juga mengandung magnesium dengan kadar sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan dalam satu cangkir kacang polong. Magnesium sendiri membantu merilekskan tubuh sehingga tubuh bisa istirahat dan memulihkan energi.

5. Teh hijau

5 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Kelelahan, Langsung Semangat!pixabay.com/dungthuyvunguyen

Bukan rahasia lagi bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, ternyata, teh hijau juga bisa menambah semangat setelah kamu lelah beraktivitas seharian. Kombinasi kafeina dan L-theanine memberi kamu energi tanpa efek gelisah.

Sebagai bonusnya, teh hijau juga meningkatkan kekuatan otak yang mungkin berguna saat kamu sedang bekerja, menurut studi dalam jurnal Psychopharmacology. Luangkan waktu untuk menyeduh teh hijau sendiri karena varietas instan yang dibeli di toko sering kali mengandung banyak tambahan gula.

Jadi, singkirkan segala jenis minuman berenergi dan ganti dengan makanan sehat di atas untuk membantu mengatasi rasa lelah dan meningkatkan semangat!

Baca Juga: Selain Sehat, 5 Makanan Ini juga Berdampak Baik bagi Lingkungan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya