Comscore Tracker

Meskipun Asam, Ini 5 Manfaat Dahsyat Mangga Muda bagi Kesehatan

Gak hanya baik untuk ibu hamil aja

Mangga dianggap sebagai salah satu buah yang paling lezat dan kaya nutrisi. Terlebih, mangga punya banyak varietas dan masing-masing memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga membuat orang tidak akan bosan mengonsumsi mangga. Mangga yang sudah matang tidak perlu diragukan lagi rasanya. Selain itu, tak sedikit orang yang menyukai mangga, bahkan dalam keadaan masih belum matang atau mangga muda.

Jika dibandingkan dengan mangga yang sudah matang, mangga muda memiliki rasa yang lebih masam. Namun, di balik rasanya yang masam dan menyegarkan, mangga muda ternyata memiliki manfaat kesehatan yang hebat. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu jawabannya di pembahasan berikut.

1. Meningkatkan kesehatan hati

Meskipun Asam, Ini 5 Manfaat Dahsyat Mangga Muda bagi Kesehatanunsplash.com/Avinash Kumar

Konsumsi mangga muda bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati karena membantu mengobati penyakit hati. Menurut studi dalam jurnal Pharmacognosy Reviews, asam dalam mangga muda mampu meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri.

Mangga juga meningkatkan penyerapan lemak dengan mengeluarkan racun dan limbah keluar dari tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh  

Meskipun Asam, Ini 5 Manfaat Dahsyat Mangga Muda bagi Kesehatanunsplash.com/Rawan Yasser

Menurut penelitian dalam Journal of Horticultural Science and Biotechnology, kandungan vitamin C dan A dalam mangga muda, bersama dengan nutrisi penting lainnya, bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat nutrisinya secara maksimal, sebaiknya konsumsi mangga muda tanpa diolah terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Mangga, Manisnya Bikin Perut Keroncongan!

3. Mencegah dehidrasi

Meskipun Asam, Ini 5 Manfaat Dahsyat Mangga Muda bagi Kesehatanwomenwholiveonrocks.com

Dilansir laman Boldsky, mangga muda membantu mengurangi efek dari panas yang hebat dan mencegah dehidrasi karena mangga muda mampu menghentikan kehilangan natrium klorida dan zat besi yang berlebihan dari tubuh sehingga buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada musim panas.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, yang perlu kamu lakukan hanyalah merebus mangga muda dan mencampurkannya dengan gula, jintan, dan sedikit garam. Selain itu, minum jus mangga muda juga dapat mencegah hilangnya natrium klorida dan zat besi secara berlebihan karena keringat berlebih.

4. Mengatasi penyakit skorbut   

Meskipun Asam, Ini 5 Manfaat Dahsyat Mangga Muda bagi Kesehatanunsplash.com/Rudi Fargo

Skorbut adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C, yang menyebabkan pendarahan pada gusi, ruam, memar, kelemahan dan kelelahan.

Karena mangga muda kaya akan vitamin C, konsumsi mangga muda dapat membantu menyembuhkan masalah ini. Selain itu, mangga muda juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kebersihan gigi dengan mencegah bau mulut dan melawan kerusakan gigi.

5. Membantu program penurunan berat badan 

Meskipun Asam, Ini 5 Manfaat Dahsyat Mangga Muda bagi Kesehatanunsplash.com/Jonathan Borba

Mangga muda adalah salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi ketika kamu ingin menurunkan berat badan. Menurut jurnal Frontiers in Plant Science, buah mentah membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Terlebih, mangga muda juga lebih rendah kalori dan mengandung lebih sedikit gula sehingga baik untuk program penurunan berat badan.

Selain dimakan langsung, mangga muda juga cocok dijadikan berbagai macam olahan, seperti rujak, asinan, manisan, hingga sambal. Namun, jika kamu ingin mendapatkan manfaat maksimal dari mangga muda, sebaiknya konsumsi mangga muda secara langsung, ya.

Baca Juga: 5 Jenis Mangga Paling Populer yang Ada di Indonesia, Mana Kesukaanmu?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya