Comscore Tracker

Bukan Hanya Hiasan, Ini 5 Manfaat Hebat Konsumsi Kaktus bagi Kesehatan

Pernah coba makan kaktus?

Kaktus merupakan tanaman gurun yang populer dan banyak dijadikan tanaman hias. Selain dijadikan hiasan, sebenarnya kaktus juga bisa dimakan, lho. Bahkan, di Meksiko, kaktus jenis Nopales menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari karena kaya akan vitamin dan nutrisi. Biasanya, di Meksiko kaktus ini disajikan bersama dengan telur dan salad untuk meningkatkan manfaat kesehatannya.

Simak beberapa manfaat kesehatan mengejutkan dari makan kaktus, yuk!

1. Menenangkan nyeri sendi

Bukan Hanya Hiasan, Ini 5 Manfaat Hebat Konsumsi Kaktus bagi Kesehatanunsplash.com/Anna Auza

Konsumsi jus kaktus bermanfaat untuk menghambat migrasi leukosit, yang bertindak sebagai katalisator dalam perkembangan penyakit radang, menurut studi dalam Archives of Pharmacal Research.

Ditambah, kandungan vitamin A, B2 dan C dalam kaktus dianggap sangat baik untuk penderita rheumatoid arthritis. Selain itu, jus kaktus bersifat antiinflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit dan melawan peradangan sehingga dapat meredakan nyeri yang menyertai artritis.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Bukan Hanya Hiasan, Ini 5 Manfaat Hebat Konsumsi Kaktus bagi Kesehatanfreepik.com/cookie_studio

Menurut pemaparan dalam laman University of Memphis, kandungan jus dalam kaktus bermanfaat dalam membantu pertumbuhan bakteri baik di usus. Jus ini juga bersifat sebagai agen detoksifikasi alami yang dapat digunakan dalam pengobatan divertikulitis dan kolitis. Sifat pencahar jus ini memungkinkan kaktus digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit.

Sifat antiinflamasi jus kaktus dapat pula membantu mengurangi peradangan di uretra dan kandung kemih, khususnya pada masalah batu empedu dan infeksi kandung kemih.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kumquat, si Oranye yang Kaya Antioksidan

3. Menurunkan kolesterol

Bukan Hanya Hiasan, Ini 5 Manfaat Hebat Konsumsi Kaktus bagi Kesehatanunsplash.com/Hush Naidoo

Menurut penelitian di University of Vienna, ditemukan bahwa daun kaktus dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian lain di Prancis juga memverifikasi efek yang sama pada 68 perempuan. Setelah dilakukan penelitian selama 4 minggu, ada penurunan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh mereka. Karenanya, makan kaktus juga dapat dikaitkan dengan pengurangan risiko masalah jantung.

4. Melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas

Bukan Hanya Hiasan, Ini 5 Manfaat Hebat Konsumsi Kaktus bagi Kesehatanpexels.com/Maggie Zhan

Jus kaktus merupakan sumber antioksidan langka yang disebut betalain, yang sangat baik bagi tubuh. Betalain bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh sehingga memberikan kamu tubuh yang sehat dan tidak gampang sakit, menurut studi pada jurnal Nutrients.

Kombinasi jus kaktus dengan buah-buahan sumber vitamin C, seperti sitrus dan nanas, dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh secara keseluruhan. Dengan demikian, rutinitas konsumsi jus kaktus secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit degeneratif dan penyakit terkait usia.

5. Menstabilkan kadar gula darah

Bukan Hanya Hiasan, Ini 5 Manfaat Hebat Konsumsi Kaktus bagi Kesehatanpexels.com/PhotoMIX Company

Konsumsi jus kaktus secara konsisten dapat membantu menjaga kadar gula darah. Ini karena kandungan pektin dalam jus kaktus bermanfaat untuk memperlambat laju penyerapan gula oleh tubuh. Dengan demikian, konsumsi jus ini secara teratur oleh orang dengan diabetes dapat membantu mencegah fluktuasi kadar gula. Bahkan, konsumsi jus ini secara teratur juga disarankan untuk mencegah diabetes tipe II, menurut situs kesehatan WebMD.

Akan tetapi, bagi individu tertentu tetap disarankan untuk membatasi jumlah jus kaktus yang dikonsumsi agar tidak mengalami hipoglikemia.

Setelah mengetahui manfaat dahsyat dari konsumsi kaktus, pastinya kamu langsung penasaran bagaimana sih cara yang benar mengonsumsi kaktus. Nah, kaktus dapat diolah dengan cara dipanggang daunnya, dibuat saus salsa, dibuat smoothie, difermentasi sebagai kombucha, bahkan beberapa jenis kaktus memilih buah yang dapat dimakan secara langsung.

Baca Juga: Selain Lezat dan Menenangkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Makanan Berkuah

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya