Comscore Tracker

Selain Lezat dan Menenangkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Makanan Berkuah

Apalagi kalau dimakan saat hangat

Makanan berkuah menjadi favorit banyak orang saat cuaca sedang dingin atau hujan. Selain itu, rasa gurih dan lezat dari kuahnya juga bisa meningkatkan selera makan. Ditambah, jika disajikan dalam keadaan hangat dan pedas, makanan ini bisa langsung membuat tubuh lebih nyaman.

Namun, selain lezat dan menenangkan, ternyata makan makanan berkuah juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh, lho. Apa sajakah itu? Yuk, baca terus artikel ini untuk tahu jawabannya.

1. Cepat kenyang

Selain Lezat dan Menenangkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Makanan Berkuahunsplash.com/Henrique Felix

Banyaknya air dalam makanan berkuah membuat kamu akan lebih cepat kenyang hanya dengan makan lebih sedikit kalori. Menurut sebuah penelitian di Penn State University, peneliti menemukan bahwa mahasiswa yang makan sup ayam dan nasi mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada mahasiswa yang makan ayam dan nasi casserole, namun semuanya dilaporkan sama-sama puas.

Karenanya, makan makanan bervolume tinggi dan rendah kalori lainnya dapat membantu individu menurunkan berat badan. Itu baik untuk kamu yang sedang diet.

2. Meningkatkan asupan sayur

Selain Lezat dan Menenangkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Makanan Berkuahunsplash.com/Lightscape

Sayuran memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Adapun, American Heart Association merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi delapan atau lebih porsi buah dan sayuran setiap hari atau sekitar 4-5 cangkir. Sayangnya, karena rasa sayuran yang dinilai kurang menarik bagi sebagian orang, tak sedikit yang enggan memakan sayuran sesuai jumlah yang direkomendasikan.

Akan tetapi, jika sayuran diolah menjadi makanan berkuah yang gurih, siapa pun pasti suka. Terlebih, hampir semua jenis sayuran cocok untuk digunakan dalam makanan berkuah, seperti sup, sayur asam, soto, krim sup, soto, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Berbahan Ikan Makerel, Sehat dan Lezat!

3. Meringankan gejala flu 

Selain Lezat dan Menenangkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Makanan Berkuahunsplash.com/Melissa Walker Horn

Selama beberapa dekade, makanan berbahan dasar kaldu yang hangat biasa diberikan kepada penderita flu untuk meringankan gejala flu. Dilansir laman Health, ini karena uap dari kuah kaldu akan mempercepat pergerakan lendir melalui hidung untuk meredakan hidung tersumbat.

Makanan berkuah yang sehat, seperti sup sayuran juga dapat membantu mengurangi peradangan, menurut studi dalam jurnal CHEST. Hal ini penting karena masuk angin memicu respons peradangan di saluran pernapasan bagian atas, yang berkontribusi pada gejala flu seperti hidung tersumbat. Selain itu, garam pada kuah akan menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan tetap terhidrasi. Ini dapat membantu mengurangi gejala, seperti sakit kepala dan mulut kering.

Untuk manfaat ekstra, tambahkan rempah-rempah ke dalam kuah, seperti bawang putih, jahe, cabai rawit, kunyit, dan lada hitam yang bermanfaat untuk kesehatan.

4. Menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Selain Lezat dan Menenangkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Makanan Berkuahunsplash.com/Sharon Chen

Salah satu makanan berkuah paling terkenal dan disukai banyak orang adalah sup. Sup sendiri adalah makanan kaya nutrisi karena terbuat dari sayuran, daging, dan kacang-kacangan.

Daging menyediakan protein yang dibutuhkan oleh hampir semua jaringan tubuh. Kacang memberikan serat yang dibutuhkan oleh organ pencernaan. Sementara, sayur mengandung banyak nutrisi yang manfaat lainnya, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, menurut Penn State University.

5. Membantu menghidrasi tubuh 

Selain Lezat dan Menenangkan, Ini 5 Manfaat Kesehatan Makanan Berkuahunsplash.com/Markus Winkler

Makanan berkuah biasanya berbahan dasar air sehingga memiliki efek menghidrasi tubuh dan bergizi. Menurut laman Healthline, makan makanan yang mengandung banyak air sangat penting untuk mencegah dehidrasi dan masalah kesehatan yang berkaitan dengannya, seperti kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang cepat. Terlebih lagi, dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti kegagalan organ.

Selain itu, terhidrasi juga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat mempercepat penyembuhan penyakit, seperti flu. Selain itu, tubuhmu tidak mudah sakit.

Ternyata, selain lezat, makanan berkuah juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Ngomong-ngomong, apa nih makanan berkuah yang paling kamu suka?

Baca Juga: Tak Perlu Obat, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Mengatasi Pegal-pegal

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya