Comscore Tracker

6 Makanan Sehat yang Terbukti Mampu Membakar Lemak, Cocok buat Diet!

Perhatikan juga cara mengolahnya

Demi menurunkan berat badan ke angka yang ideal, banyak dari kita yang rela berolahraga secara ekstrem dan menjalani diet ketat hingga menahan lapar sepanjang waktu. Padahal diet sehat dan seimbang merupakan kunci penting agar program penurunan berat badan yang kamu jalani bisa sukses.

Menariknya lagi, ternyata ada sejumlah makanan lezat yang terbukti dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak, sehingga sangat baik untuk diet. Lantas apa sajakah itu? Melansir dari Healthline dan Redbook, berikut beberapa di antaranya.

1. Ikan

6 Makanan Sehat yang Terbukti Mampu Membakar Lemak, Cocok buat Diet!unsplash.com/Zeshalyn capindo

Salmon, herring, sarden, makarel dan ikan berminyak lainnya merupakan sumber asam lemak omega-3, yang telah terbukti mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, asam lemak omega-3 memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mampu mencegah lonjakan insulin dan timbunan lemak, serta dapat membantu menghilangkan lemak tubuh. Ikan juga kaya akan protein yang membantu kamu merasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme selama proses pencernaan.

2. Makanan yang difermentasi

6 Makanan Sehat yang Terbukti Mampu Membakar Lemak, Cocok buat Diet!great-taste.net

Pola makan yang serba instan dan tidak sehat saat ini dapat memicu pertumbuhan bakteri jahat di usus secara berlebih yang memicu perasaan ngidam terhadap makanan tertentu. Makanan yang difermentasi seperti kefir, yogurt, kimchi, dan sauerkraut adalah sumber prebiotik alami yang mampu mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus dan membantu tubuh memecah makanan dengan lebih efisien.

3. Minyak zaitun

6 Makanan Sehat yang Terbukti Mampu Membakar Lemak, Cocok buat Diet!essentials.bertolli.com

Minyak zaitun adalah salah satu sumber lemak tersehat di dunia dan telah terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida, meningkatkan kolesterol baik HDL, dan merangsang pelepasan GLP-1, yang merupakan salah satu hormon yang membantu kamu tetap kenyang.

Terlebih lagi, menurut sejumlah penelitian yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat meningkatkan laju metabolisme dan peluruhan lemak.

Baca Juga: 5 Sarapan Sehat Cepat Saji, untuk Hidup Sehat Tanpa Ribet!

4. Teh oolong

6 Makanan Sehat yang Terbukti Mampu Membakar Lemak, Cocok buat Diet!cashbac.com

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information, ditemukan bahwa kombinasi katekin dan kafein dalam teh oolong bermanfaat dalam meningkatkan pembakaran kalori sebanyak 102 kalori per hari.

Yang lebih mengesankan, minum teh oolong terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme dan mempromosikan penurunan berat badan. Teh oolong juga dapat meningkatkan pembakaran kalori sebanyak dua kali lipat dari teh hijau, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

5. Whey protein

6 Makanan Sehat yang Terbukti Mampu Membakar Lemak, Cocok buat Diet!unsplash.com/pixzolo photography

Kombinasi dari konsumsi whey protein dan olahraga terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan otot serta menjaganya kendati kamu sedang dalam program penurunan berat badan. Selain itu, dibanding sumber protein lainnya, protein whey juga terbukti paling efektif dalam menekan nafsu makan. Ini lantaran whey protein mampu merangsang pelepasan hormon kenyang, seperti PYY dan GLP-1.

Terlebih, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information, disebutkan bahwa konsumsi whey protein mampu meningkatkan pembakaran lemak dan mempromosikan penurunan berat badan, baik pada orang dengan berat badan berlebih maupun pada mereka yang sudah kurus.

6. Kopi

6 Makanan Sehat yang Terbukti Mampu Membakar Lemak, Cocok buat Diet!Milleniamart.sg

Selain memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kinerja fisik. Konsumsi kopi satu jam sebelum olahraga ternyata mampu meningkatkan pembakaran lemak serta durasi olahraga. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Springer, kandungan kafein dalam kopi ternyata mampu meningkatkan laju metabolisme hingga 13 persen, tergantung pada jumlah yang dikonsumsi.

Untuk mendapatkan manfaat pembakaran lemak dari kafein tanpa mengalahkan efek samping, seperti kecemasan atau insomnia, kamu perlu membatasi konsumsi kafein sebanyak 100 sampai 400 mg per hari.

Ingin menurunkan berat badan demi alasan kesehatan memang baik, untuk itu mengonsumsi makanan sehat yang terbukti meningkatkan pembakaran lemak, seperti makanan di atas merupakan solusi yang bijaksana nan cerdas bagi kamu. Tapi ngomong-ngomong, kamu paling suka yang nomor berapa nih?

Baca Juga: 9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You