Comscore Tracker

Girls, Jauhi 5 Makanan Ini Agar Terhindar dari Kanker Serviks 

No 3 yang paling susah dihindari 

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang alat reproduksi wanita yang umumnya disebabkan oleh virus HPV. Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit mematikan selain kanker payudara, yang sangat ditakuti oleh para wanita terutama para wanita usia produktif. Kanker serviks banyak menyerang wanita usia produktif dengan rentang usia 36 sampai 55 tahun dan tidak menutup kemungkinan kanker serviks juga menyerang wanita yang berusia di bawah 30 tahun.

Agar dapat terhindar dari kanker serviks, kamu bisa melakukan pencegahan dengan vaksin HPV dan melakukan pemeriksaan dini seperti HPV Test, Pap Smear dan Inspeksi Visual Asam. Selain melakukan pemeriksaan dini, kamu juga harus selektif pada makanan apa saja yang kamu konsumsi, karena makanan yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab munculnya sel-sel kanker. Berikut ini ulasan lima makanan yang harus kamu jauhi agar terhindar dari kanker serviks. Catat ya girls!

1. Makanan yang dibakar

Girls, Jauhi 5 Makanan Ini Agar Terhindar dari Kanker Serviks unsplash.com/Maria Fernanda Gonzalez

Makanan yang dibakar seperti sate dan ayam bakar memang makanan yang menggoda, tetapi sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan tersebut karena dapat memicu munculnya sel kanker. Makanan yang diolah dengan proses pembakaran dengan arang akan menyebabkan aktifnya zat yang bersifat racun sehingga akan memicu tumbuhnya sel kanker dan salah satunya adalah sel kanker serviks.

2. Makanan yang berlemak

Girls, Jauhi 5 Makanan Ini Agar Terhindar dari Kanker Serviks unsplash.com/Jonathan Pielmayer

Gorengan merupakan camilan favorit bagi setiap orang apalagi saat hujan turun, padahal makanan yang berlemak seperti gorengan harus dihindari, karena wanita yang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak memiliki resiko yang lebih besar terkena kanker serviks.

Makanan berlemak bisa memproduksi hormon estrogen dan seseorang yang memiliki hormon estrogen yang berlebih akan mudah terkena kanker serviks. Oleh karena itu hindari ya mengonsumsi makanan berlemak dan kamu bisa mengganti camilan kamu dengan buah-buahan segar, karena buah yang segar terutama buah organik dapat mencegah timbulnya sel kanker.

Baca Juga: 13 Bahaya Makan Fast Food, Ini Sebabnya Makanan Ini Disebut Junk Food 

3. Makanan cepat saji

Girls, Jauhi 5 Makanan Ini Agar Terhindar dari Kanker Serviks unsplash.com/ Christopher Flowers

Makanan cepat saji merupakan makanan favorit banyak orang, selain rasanya yang enak, penyajiannya pun praktis dan tidak ribet untuk dimakan. Tetapi sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Seperti halnya dengan mengonsumsi makanan cepat saji yang berlebihan dapat menyebabkan kanker serviks.

Makanan cepat saji mengandung banyak lemak, zat pengawet serta pemanis yang ketiganya merupakan penyebab munculnya sel kanker, salah satunya adalah sel kanker serviks.

4. Makanan yang banyak mengandung gula

Girls, Jauhi 5 Makanan Ini Agar Terhindar dari Kanker Serviks unsplash.com/Rod Long

Makanan yang mengandung gula memang dibutuhkan tubuh sebagai salah satu sumber energi, tetapi konsumsilah dengan jumlah yang sewajarnya. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker serviks.

Makanan-makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti kue cake, kue tart, dan makanan manis lainnya dapat memicu kanker serviks. Hindari ya mengonsumsi makanan yang terlalu manis!

5. Makanan yang mengandung bahan kimia

Girls, Jauhi 5 Makanan Ini Agar Terhindar dari Kanker Serviks consumerreports.org

Di era modern seperti sekarang ini sangat sulit menemukan makanan yang tidak mengandung bahan kimia karena makanan yang dijual dipinggir jalan dan di supermarket kebanyakan menggunakan bahan kimia seperti pewarna buatan, pemanis buatan dan zat pengawet yang dapat memicu kanker serviks.

Oleh karena itu lebih baik kamu memasak sendiri makanan yang kamu konsumsi dari pada beli di luar yang belum tentu terjamin kualitas dan juga rasanya. Pilihlah bahan-bahan organik seperti buah dan sayur organik yang baik untuk kesehatan serta agar terhindar dari kanker serviks.

Itulah lima makanan yang harus dijauhi agar terhindar dari kanker serviks, apabila kamu sudah terlanjur menggemari makanan tersebut, kamu bisa belajar untuk mengurangi mengonsumsinya. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan sampai karena kenikmatan yang hanya bersifat sementara akan membuat hidupmu menderita karena penyakit yang mematikan.

Baca Juga: Meski Enak, 7 Makanan dan Minuman Ini Wajib Dihindari Saat Musim Hujan

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

humble and strong women

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You