Comscore Tracker

6 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!

Bisa mencegah gagal ginjal juga lho

Timun sering digunakan sebagai lalapan dan juga dijadikan sebagai sayur pelengkap pada sandwich maupun hamburger. Nah, selain dikonsumsi untuk lalapan dan pelengkap makanan cepat saji, timun juga memiliki banyak manfaat lho untuk tubuh.

Salah satunya yaitu dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, karena timun bersifat anti-inflamasi. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada timun dapat mengatasi rasa dehidrasi.

Selain bisa menghilangkan kantung mata dan juga dehidrasi, timun juga masih memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh, yang ternyata masih jarang diketahui banyak orang. Penasaran apa saja manfaat timun untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Menurunkan tekanan darah / hipertensi

6 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!economictimes.com

Salah satu manfaat besar dari timun untuk kesehatan tubuh adalah dapat menurunkan tekanan darah / hipertensi. Timun mengandung kalium yang memiliki kemampuan untuk mengatur kadar garam yang ada pada ginjal.

Seseorang yang tekanan darahnya tinggi, biasanya pada tubuhnya terdapat kadar sodium yang sangat tinggi.

Akibat kadar sodium yang sangat tinggi ini, akan membuat kadar air pada tubuh menjadi tidak seimbang, sehingga dapat memicu tekanan darah menjadi naik.

Selain itu, timun juga mengandung banyak nutrisi, seperti magnesium dan juga serat, yang secara efektif dapat menurunkan tekanan darah.

2. Membantu menurunkan berat badan

6 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!voiceofsoman.com

Tak hanya mampu menurunkan tekanan darah saja, ternyata timun juga bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Kandungan kalori pada timun cukup rendah, sehingga tidak akan membuat berat meningkat secara signifikan jika rajin mengonsumsinya.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada timun dapat membuat orang yang mengonsumsinya merasakan kenyang lebih lama, sehingga kamu dapat mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

6 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!hellosehat.com

Tak hanya dapat membantu menurunkan berat badan saja, rajin mengonsumsi timun juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Timun mengandung dua fitonutrisi yang berfungsi dapat mencegah kanker, yaitu cucurbitacun dan lignan.

Berdasarkan sebuah penelitian, timun juga mengandung flavonoid fisetin, yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Baca Juga: 4 Salad Mentimun Ala Mancanegara, Cocok Jadi Menu Diet Andalanmu!

4. Melancarkan sistem pencernaan

6 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!rennie.co.uk

Kandungan serat yang tinggi pada timun dapat melancarkan sistem pencernaan. Rutin mengonsumsi timun minimal tiga kali dalam sehari, akan membuatmu terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan, serta juga dapat mengatasi masalah pencernaan yang sedang kamu derita.

5. Meningkatkan kesehatan otak

6 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!psypost.org

Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, rutin mengonsumsi timun juga dapat meningkatkan kesehatan otak. Kandungan flavonol anti-inflamasi pada timun berfungsi untuk meningkatkan konektivitas pada neuron, sehingga dapat meningkatkan kesehatan otak.

Selain itu, kandungan vitamin B7 pada timun dapat merilekskan sistem saraf, dan bisa membantu untuk mengurangi dampak akibat dari stres dan juga gangguan kecemasan.

6. Menjaga kesehatan ginjal

6 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!premiersurgical.com

Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit kronis yang ditakuti banyak orang karena dapat menyebabkan kematian, dan biaya pengobatannya juga cukup mahal. Oleh karena itu, sebaiknya jaga kesehatan ginjalmu mulai dari sekarang, agar nantinya kamu dapat terhindar dari penyakit gagal ginjal.

Salah satu cara agar dapat terhindar dari penyakit gagal ginjal adalah dengan rajin mengonsumsi air dari perasan timun yang masih segar setiap hari, mengapa? Karena timun mengandung fluorin, kalium, silikon, serta juga memiliki kadar kalori yang cukup rendah, sehingga dapat membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak yang ada di dalam tubuh.

Dengan terbuangnya sisa metabolisme dan deposit lemak, maka kesehatan ginjalmu dapat terjaga dengan baik.

Nah, itulah ulasan singkat dari beberapa khasiat atau manfaat timun yang baik untuk kesehatan tubuh yang ternyata masih jarang diketahui oleh banyak orang. Yuk, rutin mengonsumsi timun!

Baca Juga: 5 Variasi Olahan Mentimun yang Perlu Kamu Coba, Cocok Buat Menu Puasa!

eliza ustman Photo Verified Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya