Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan 

Salah satu ikan paling bergizi di dunia

Ikan salmon termasuk salah satu ikan yang paling bergizi di dunia lho, karena merupakan salah satu sumber terbaik asam lemak omega -3, serta kaya akan vitamin dan juga protein yang berkualitas tinggi. Asam lemak omega-3 ini sangat penting bagi tubuh karena memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga kesehatan tubuh, dan merupakan lemak yang sangat istimewa serta sehat. 

Namun selain itu, ada manfaat lain yang bisa diberikan melalui ikan yang berasal dari Samudra Atlantik utara dan Pasifik.  Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Menjaga kesehatan jantung

Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan verywellhealth.com

Kandungan asam lemak tak jenuh ganda pada ikan salmon dapat membantu untuk meningkatkan kolestrol serum, yang merupakan indikator utama yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan mineral yang ada pada ikan salmon dapat menjaga keseimbangan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

2. Meningkatkan fungsi otak

Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan medicalxpress.com

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi seperti ikan salmon, dapat meningkatkan fungsi otak lho, mengapa? Karena asam lemak omega-3 tersebut bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan peradangan untuk membantu melindungi sistem saraf dari stres oksidatif, dan kerusakan saraf yang terjadi karena faktor usia, serta juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat (memori).

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan principalnutrition.co.uk

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon terbukti efektif secara medis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh tumor. Bahkan, beberapa macam kanker, seperti kanker kulit, kanker hati, kanker kolorektal, kanker prostat, dan tumor otak dapat diobati dan dicegah dengan asam lemak omega-3.

Baca Juga: 6 Fakta Tuna, Ikan Bergizi Kebanggan Perikanan Indonesia

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan lisabaylis.com

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan salmon dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang lho. Karena kandungan asam lemak omega-3 tersebut bersifat anti-inflamasi (anti peradangan), sehingga akan menurunkan resiko terjadinya peradangan pada tulang, dan akan membuat tulang menjadi lebih kuat.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan southfloridaeyehealth.com

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon gak hanya dapat meningkatkan kesehatan tulang saja lho, namun juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 tersebut dapat meringankan sindrom mata kering dan gejala degenerasi makula yang berhubungan dengan usia, yang nantinya bisa menyebabkan kebutaan.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga dapat meningkatkan drainase cairan intraokular dari mata, serta juga membantu mengurangi resiko glaukoma.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan sharecare.com

Jika ingin kesehatan kulitmu lebih terjaga, sebaiknya konsumsilah ikan salmon dari tangkapan liar, mengapa? Karena kandungan asam lemak omega-3 lebih tinggi dari ikan salmon yang dibudidayakan, serta juga mengandung antioksidan karotenoid astaxantin, yang dapat mengurangi efek dari kerusakan kulit akibat radikal bebas, yang bisa menyebabkan penuaan kulit. Dengan mengonsumsi ikan salmon hasil tangkapan liar, kulitmu akan lebih cerah, kenyal, serta juga akan lebih sehat.

7. Mengurangi resiko depresi

Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan unsplash.com/DANNY G

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon, sangat penting untuk struktur membran yang tepat pada otak dan dalam transmisi transmitter serotonin dan dopamin. Fungsi sehat dua transmitter tersebut berperan penting dalam kesehatan otak dan mencegah gejala depresi.

Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh The Journal of Epidemiology & Community Health, seseorang yang mengonsumsi banyak ikan, beresiko 17% lebih kecil terkena depresi, daripada orang yang mengonsumsi sedikit ikan.

Nah, itulah ulasan tujuh manfaat kesehatan dari ikan salmon, yang ternyata gak hanya lezat saja, namun juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 3 Fakta tentang Ikan Kapiek Ndak Batulang, Makanan Khas Kampar Riau!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You