Comscore Tracker

Meski Enak, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Asam Lambung Meningkat Lho 

#ANGPOIN Utamakan kesehatan lambungmu ya guys!

Penyakit asam lambung atau yang dikenal di dunia medis dengan nama Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau seperti terbakar di dada yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke esofagus.

Penyakit asam lambung atau GERD biasanya disebabkan oleh tidak berfungsinya Lower Esophageal Sphincter (ELS), yang merupakan lingkaran otot pada bagian bawah esofagus.

Penyakit asam lambung atau GERD timbul karena berbagai macam faktor, yaitu faktor keturunan, efek samping setelah mengonsumsi obat-obatan, stres, kelebihan berat badan, keadaan hamil, hernia, dan gastroparesis.

Namun, penyakit asam lambung juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi lho. Nah, berikut ini ulasan tentang 5 makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Yuk, disimak!

1. Daging tinggi lemak

Meski Enak, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Asam Lambung Meningkat Lho kwtx.com

Daging yang memiliki lemak tinggi juga bisa membuat asam lambungmu menjadi meningkat. Mengapa? Karena daging yang berlemak tinggi seperti daging domba, sapi, dan babi sangat lambat untuk dicerna tubuh sehingga dapat menyebabkan asam lambung meningkat.

2. Makanan pedas

Meski Enak, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Asam Lambung Meningkat Lho inspiradata.com

Makanan pedas merupakan makanan favorit bagi orang Indonesia. Bahkan, sebagian orang beranggapan bahwa kurang lengkap rasanya jika makan tidak ada sambalnya. Padahal, mengonsumsi makanan pedas dapat memicu refluks asam.

Akibat dari refluks asam ini kamu akan merasakan panas seperti terbakar pada saluran kerongkonganmu.

Selain itu, refluks asam bisa memicu sindrom Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), atypical syndrome, dan luka pada kerongkongan yang nantinya bisa mengganggu aktivitas sehari-harimu.

Baca Juga: Wah, Kombinasi 5 Bahan Ini Bisa Bikin Gorenganmu Lebih Bervitamin

3. Cokelat

Meski Enak, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Asam Lambung Meningkat Lho Pexels/rawpixel.com

Meski coklat memiliki rasa yang lezat, dan dapat menghilangkan mood yang buruk, ternyata mengonsumsi coklat justru dapat meningkatkan asam lambung lho. Kandungan kafein, lemak dan cocoa yang tinggi pada coklat, dapat menyebabkan refluks. Meski dark chocolate tidak memiliki lemak setinggi milk chocolate, namun tetap bisa memicu asam lambung.

4. Makanan asam

Meski Enak, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Asam Lambung Meningkat Lho craftlog.com

Jika kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung, sebaiknya hindari makanan yang asam. Mengonsumsi makanan asam, seperti asinan dan acar hanya akan membuat asam lambungmu meningkat.

5. Makanan yang digoreng dan tinggi lemak

Meski Enak, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Asam Lambung Meningkat Lho pantau.com

Jika kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung, sebaiknya hindari dan kurangi porsi mengonsumsi makanan yang digoreng dan berlemak tinggi. Mengapa? Karena makanan itu dapat menyebabkan LES (Lower Esophageal Sphincter) menjadi rileks sehingga akan membuat lebih banyak asam lambung yang naik ke esofagus.

Tentunya hal tersebut akan memperparah kondisi asam lambungmu.

Maka sebaiknya hindari dan kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng dan berlemak tinggi seperti keju, kentang goreng, keripik kentang, mentega, dan makanan yang berminyak.

Nah, itulah ulasan dari 5 makanan yang dapat menyebabkan asam lambungmu menjadi meningkat. Sebaiknya hindari atau kurangi mengonsumsi makanan tersebut karena asam lambung yang terus meningkat dapat menyebabkan penyakit yang kronis, contohnya yaitu kanker kerongkongan.

Baca Juga: Punya Penyakit Maag? Ini 6 Makanan yang Baik Untuk Asam Lambung

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You