Comscore Tracker

Meski Enak, 5 Makanan Ini Dianggap Bisa Memicu Hipertensi Lho!

Jangan terlalu banyak ya guys!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Hipertensi yang tidak segera mendapatkan perawatan yang baik, akan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit kronis, contohnya seperti gagal jantung, gagal ginjal dan stroke. Hipertensi biasanya terjadi karena dua faktor, yang pertama adalah faktor genetik, dan yang kedua adalah gaya hidup yang buruk.

Seseorang yang memiliki anggota keluarga yang menderita hipertensi, maka peluangnya terkena hipertensi juga lebih besar. Begitu juga jika seseorang yang memiliki gaya hidup yang buruk, contohnya saja seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara berlebihan atau terlalu sering, maka ia juga akan beresiko terkena hipertensi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau batasi mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat, dan yang bisa memicu peningkatan tekanan darah, seperti 5 macam makanan berikut ini.

1. Mie instan

Meski Enak, 5 Makanan Ini Dianggap Bisa Memicu Hipertensi Lho!inspiradata.com

Mie instan merupakan salah satu makanan favorit bagi banyak orang, terutama para anak kos. Selain karena harganya yang murah, penyajiannya juga praktis serta juga memiliki rasa yang lezat. Namun, terlalu banyak mengonsumsi mie instan juga dapat memicu hipertensi lho, mengapa bisa? Karena kandungan garam yang ada pada mie instan sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah karena sifatnya garam yang dapat menarik air.

Selain itu, kandungan lemak dan kalori yang tinggi pada mie instan dapat meningkatkan berat badan yang nantinya dapat memicu obesitas, yang merupakan salah satu faktor utama penyebab terjadinya hipertensi. Oleh sebab itu, batasi mengonsumsi mie instan yang berlebihan, agar tekanan darahmu tidak mengalami peningkatan yang drastis.

2. Makanan cepat saji

Meski Enak, 5 Makanan Ini Dianggap Bisa Memicu Hipertensi Lho!pexels.com/daria shevtsova

Makanan cepat saji atau fast food seperti hamburger, pizza, kentang goreng dan lainnya mengandung garam dan natrium yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat tekanan darah meningkat, yang pada akhirnya dapat memicu hipertensi.

Baca Juga: Hobi Makan Junk Food? Siap-siap Kena Hipertensi

3. Roti

Meski Enak, 5 Makanan Ini Dianggap Bisa Memicu Hipertensi Lho!oster.com

Terlalu banyak atau sering mengonsumsi roti dapat meningkatkan tekanan darah lho, mengapa? Karena roti mengandung lemak jenuh, sodium, dan natrium yang tinggi, sehingga bisa memicu terjadinya hipertensi.

Sebaiknya konsumsi roti sewajarnya saja, karena terlalu banyak mengonsumsi roti juga dapat meningkatkan resiko peningkatan asam lambung karena pengembang yang ada pada roti bersifat asam.

4. Makanan yang mengandung pemanis buatan

Meski Enak, 5 Makanan Ini Dianggap Bisa Memicu Hipertensi Lho!pexels.com/abhinav goswami

Makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti cake, puding, dan lainnya mengandung gula yang cukup banyak, sedangkan kandungan gula yang banyak dapat memicu terjadinya hipertensi, mengapa? Karena penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi lebih dari 74 gram gula per hari, beresiko dapat meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan gula yang terlalu banyak juga dapat memicu obesitas, yang merupakan salah satu faktor penyebab hipertensi.

5. Kulit ayam

Meski Enak, 5 Makanan Ini Dianggap Bisa Memicu Hipertensi Lho!ayamayaman.com

Meski kulit ayam memiliki rasa yang menggoda dan juga lezat, ternyata kulit ayam dapat memicu hipertensi lho, mengapa? Karena kulit ayam mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi. Terlalu sering mengonsumsinya dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL atau kolestrol jahat, sehingga dapat memicu tekanan darah menjadi naik.

Nah, itulah ulasan tentang 5 makanan yang dianggap dapat memicu hipertensi. Sebaiknya batasi konsumsi makanan-makanan tersebut, karena bukan hanya hipertensi saja yang akan mengintai, namun juga berbagai macam penyakit lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Makanan & Minuman Enak Ini Ternyata Gak Sehat Jika Sering Dikonsumsi

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You