Comscore Tracker

6 Trik Bikin Manisan Kolang-Kaling Tanpa Ribet

Ternyata nggak perlu direbus dulu

Kolang-kaling memang bagus dikonsumsi, karena mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium, karbohidrat, serat kasar, serta vitamin A, B, dan C. Namun kadang banyak yang malas membuat, karena prosesnya ribet dan lama.

Apalagi kalau tidak pintar mengolah, bisa-bisa manisan kolang-kalingnya keras dan beraroma asam. Nah, bagi yang baru coba-coba bikin manisan kolang-kaling, bisa nih lihat enam trik anti gagal.

1. Pilih buah kolang-kaling muda

6 Trik Bikin Manisan Kolang-Kaling Tanpa Ribetaboutfilipinofood.com

Bentuk kolang-kaling di pasar bermacam-macam. Mulai dari bentuk bulat tebal dengan ukuran agak kecil, hingga pipih lebar. Untuk membuat manisan, bisa dipilih kolang-kaling yang masih muda. Ciri-cirinya berbentuk pipih, lebar dan tipis.

2. Pastikan buah kolang-kaling masih segar

6 Trik Bikin Manisan Kolang-Kaling Tanpa Ribetshopee.co.id/ @manjadda

Ciri dari buah kolang-kaling yang segar, ditandai dengan buah yang tidak berlendir, rasanya netral dan aromanya tidak asam. Selain itu jika kolang-kaling yang dijual direndam air, pastikan air rendamannya masih bening. Hati-hati juga kolang-kaling yang diberi formalin. Salah satu tandanya, tidak ada lalat tertarik mendekati rendaman kolang-kaling yang dijual.

3. Manfaatkan daun bambu atau daun jambu

6 Trik Bikin Manisan Kolang-Kaling Tanpa RibetPixabay.com/ susannp4

Jika masih ada lendir di kolang-kaling yang dijual di pasar, cukup mencucinya dengan air mengalir sampai bersih. Setelah dipastikan bersih dan tidak ada lendir, cuci lagi kolang-kaling dengan daun bambu atau daun jambu. Metode ini jauh lebih praktis, dibandingkan harus merendam kolang-kaling selama empat jam di air bekas cucian beras.

Baca Juga: 5 Manfaat Kolang-kaling untuk Tubuh, Bukan Sekadar Pemanis Olahan Es

4. Kolang-kaling tidak perlu direbus

6 Trik Bikin Manisan Kolang-Kaling Tanpa RibetPexels.com/ Pixabay

Kolang-kaling yang sudah bersih, disaring terlebih dahulu dan didiamkan sampai kering. Setelah itu baru disiram dengan gula pasir sesuai selera dan diberi daun jeruk. Diamkan semalaman di kulkas, sampai gula pasirnya mencair. Tidak perlu direbus atau ditambah pewarna. Hemat waktu dan lebih sehat tentunya.

5. Rebus air gula

6 Trik Bikin Manisan Kolang-Kaling Tanpa Ribetpixabay.com/ 256417

Gula pasir yang mencair dan daun jeruk disaring dan direbus sampai mengental. Setelahnya air gula yang masih panas langsung disiramkan ke atas kolang-kaling hingga rata. Diamkan dulu di kulkas sampai dingin, baru dihidangkan. Gampang kan?

Selain rasanya yang legit, resep manisan kolang-kaling tanpa direbus ini juga membuat buah kolang-kaling terasa lebih kenyal. Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memilih Kolang Kaling yang Segar untuk Buka Puasa

Ella Devianti Photo Community Writer Ella Devianti

A born to be writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You