Comscore Tracker

7 Makanan Ini Ternyata Baik Dikonsumsi untuk Cegah Dehidrasi

Ternyata gak cuma air putih, lho! 
Beraktivitas seharian penuh dapat menyebabkan tubuh mulai lelah disertai gejala pusing. Ini yang dinamakan dehidrasi. Dehidrasi terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Cara yang paling ampuh untuk menghindarinya yaitu dengan mengonsumsi air putih yang banyak. 
 
Dehidrasi jika tidak segera ditangani maka dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menyepelekannya. Ada baiknya selain mengonsumsi air putih, kamu juga perbanyak mengonsumsi 7 makanan sehat yang dapat mencegah dehidrasi seperti berikut ini.

1. Semangka

7 Makanan Ini Ternyata Baik Dikonsumsi untuk Cegah Dehidrasipixabay.com/pexels

Selain rasanya lezat, buah semangka ternyata dapat mencegah dehidrasi. Buah ini sendiri mengandung serat, antioksidan, vitamin, dan magnesium yang sangat baik untuk tubuh. Maka tidak heran jika banyak yang memilih semangka sebagai buah pelengkap saat makan siang maupun malam.

2. Mentimun

7 Makanan Ini Ternyata Baik Dikonsumsi untuk Cegah Dehidrasipixabay.com/stevepb

Mentimun mengandung 95% air sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Terlebih lagi mentimun juga dapat diolah menjadi apa saja, baik makanan maupun minuman. Selain dimakan langsung, mentimun dapat dijadikan salad ataupun minuman yang segar.

3. Stroberi

7 Makanan Ini Ternyata Baik Dikonsumsi untuk Cegah Dehidrasipixabay.com/congerdesign

Tidak banyak yang tahu bahwa 91% kandungan stroberi merupakan air sehingga buah ini sangat baik untuk kamu konsumsi di kala dehidrasi. Banyak sekali resep buah stroberi yang kamu coba. Mulai dari smoothie hingga pai buah yang rasanya lezat dan menyehatkan.

Baca Juga: Cepat Minum Air! Ini 6 Gejala Dehidrasi yang Jarang Disadari

4. Jeruk

7 Makanan Ini Ternyata Baik Dikonsumsi untuk Cegah Dehidrasipixabay.com/pixel2013

Mengonsumsi satu buah jeruk sama halnya dengan meminum setengah gelas air putih. Hal ini menjadikan jeruk sebagai salah satu buah yang wajib kamu bawa ketika berolahraga. Atau bisa juga kamu membuat jus jeruk untuk pelepas dahaga di siang hari yang panas.

5. Blewah

7 Makanan Ini Ternyata Baik Dikonsumsi untuk Cegah Dehidrasipixabay.com/JillWellington

Es blewah seringkali kamu temui saat bulan puasa. Hal ini bukan secara kebetulan, karena belewah mengandung 90% air sehingga buah ini dapat mengatasi dehidrasi setelah seharian berpuasa. Buah yang rasanya manis ini juga bisa dimakan langsung dan rasanya pun gak kalah enak dari buah-buah di atas.

6. Susu

7 Makanan Ini Ternyata Baik Dikonsumsi untuk Cegah Dehidrasipixabay.com/couleur

Meski bukan tergolong buah dan sayuran, ternyata susu juga dapat mencegah dehidrasi.

Susu sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan susu mengandung elektrolit dan protein yang dapat menggantikan cairan tubuh. 

7. Sup

7 Makanan Ini Ternyata Baik Dikonsumsi untuk Cegah Dehidrasipixabay.com/couleur
Sup terbuat dari air sehingga makanan ini juga dapat menggantikan cairan dalam tubuh. Terlebih lagi ada berbagai macam masakan sop yang bisa kamu buat. Mulai dari sup daging hingga sup buah yang terdiri dari beberapa jenis buah-buahan yang menyehatkan. 
 
Itulah 7 makanan sehat yang dapat mencegah dehidrasi. Yuk, jangan lupa perbanyak konsumsi air putih dan ketujuh makanan di atas agar tidak mudah dehidrasi.
 

Baca Juga: 10 Bahan Makanan yang Merupakan Superfood, Gizi Sehat dan Seimbang!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya