Comscore Tracker

5 Makanan yang Bikin Tubuh Lebih Berenergi, Cocok buat Sarapan!

Biar tubuh gak mudah lelah

Mengonsumsi makanan yang sehat berguna untuk memberikan nutrisi bagi tubuh. Pasalnya tubuhmu membutuhkan vitamin, karbohidrat, protein, dan zat besi yang berasal dari makanan. Sayangnya tidak semua makanan yang kamu konsumsi sehari-hari memberikan manfaat yang kamu butuhkan.

Ada banyak sekali makanan yang sifatnya mengenyangkan tetapi tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Padahal untuk beraktivitas, kamu perlu mendapatkan energi yang lebih banyak.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai mengonsumsi kelima manfaat makanan yang bikin kamu lebih berenergi seperti berikut ini.

1. Pisang 

5 Makanan yang Bikin Tubuh Lebih Berenergi, Cocok buat Sarapan!ilustrasi buah pisang (Pexels.com/Dom J)

Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang mudah sekali dijumpai di Indonesia. Banyak yang meremehkan nutrisi yang terkandung dalam pisang.

Berdasarkan Food Data, pisang mengandung potasium, B6, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Tidak heran banyak ahli nutrisi yang menganjurkan pisang untuk dikonsumsi saat sarapan.

Ahli gizi dan diet, Vibha Puri, menyatakan bahwa mengonsumsi 2-3 pisang sebelum berlari akan mencegahmu dari kecapekan. Pisang sendiri memang salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh para atlet. Terlebih lagi pisang juga bagus sebagai pengganti elektrolit tubuh. Jadi, sebelum olahraga jangan lupa mengonsumsi pisang, ya.

2. Telur

5 Makanan yang Bikin Tubuh Lebih Berenergi, Cocok buat Sarapan!ilustrasi telur (Pexels.com/Pixabay)

Para ibu zaman dahulu tidak salah ketika selalu menyuruh anaknya mengonsumsi telur sebelum berangkat sekolah. Nyatanya telur memang memiliki gizi yang tinggi. Sebutir telur mengandung protein dan vitamin B yang baik untuk metabolisme tubuh dan menjaga agar kamu berenergi seharian.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BMC, telur juga mengandung leusina atau asam amino yang biasa ditemukan dalam protein. Leusina dapat membantu sel agar memproduksi energi yang membuat tubuh tidak mudah lelah setelah seharian beraktivitas.

Baca Juga: 5 Kreasi Blintz, Kulit Dadar Praktis untuk Menu Sarapan Baru

3. Ikan 

5 Makanan yang Bikin Tubuh Lebih Berenergi, Cocok buat Sarapan!ilustrasi ikan salmon (Pexels.com/Kriztina Papp)

Ikan seperti salmon dan tuna memang kaya akan protein, asam lemak, dan vitamin B. Tidak heran apabila kedua jenis ikan tersebut seringkali menjadi rekomendasi menu diet. Mengonsumsi ikan juga dapat memenuhi asam lemak omega-3 dan vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berdasarkan data dari National Institutes of Health, asa lemak omega-3 berguna untuk mengurangi inflamasi yang seringkali menjadi penyebab kelelahan. Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa omega-3 biasanya dikonsumsi oleh pasien yang sedang dalam tahap penyembuhan penyakit kanker agar mereka tidak cepat kelelahan.

4. Apel 

5 Makanan yang Bikin Tubuh Lebih Berenergi, Cocok buat Sarapan!ilustrasi buah apel (Pexels.com/Eygeniv Aleksev)

Apel menjadi salah satu buah yang paling populer karena rasanya lezat. Tidak hanya enak, ternyata apel juga mengandung berbagai manfaat.

Apel kaya akan kandungan karbohidrat dan serat. Berdasarkan Food Data, satu buah apel mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan 2,1 gram serat.

Penelitian oleh Fakultas Farmasi di Universitas Ankara Turkey juga mengemukakan bahwa antioksidan yang terkandung dalam apel membuat karbohidrat dicerna oleh tubuh secara bertahap sehingga energi yang dihasilkan tubuh bertahan lama. Terlebih lagi mengonsumsi apel juga baik untuk kesehatan kulit.

5. Ubi jalar 

5 Makanan yang Bikin Tubuh Lebih Berenergi, Cocok buat Sarapan!ilustrasi ubi jalar (Pexels.com/Kinder Media)

Di Indonesia sendiri, ubi jalar merupakan salah satu makanan pengganti nasi. Nutrisi yang terkandung dalam ubi jalar sendiri sebenarnya melebihi nasi.

Berdasarkan Food Data, 100 gram ubi jalar mengandung 25 gram karbohidrat, 3,1 gram serat, dan vitamin A.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Naples di Italia bahkan merekomendasikan ubi jalar untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini karena fiber yang terkandung dalam ubi jalar membuat tubuh kita merasa kenyang dalam waktu yang lama,

Nah, setelah mengetahui manfaat kelima makanan di atas, makanan nomor berapa yang akan kamu konsumsi saat sarapan?

 

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Bubur Sehat untuk Sarapan, Ada yang Manis!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya