Comscore Tracker

Wajib Dicoba, 6 Cemilan Khas Manado yang Bikin Nagih!

pasti penasaran, deh

Siapa yang tak kenal Manado? Salah satu kota besar di wilayah timur Indonesia ini ternyata banyak memiliki banyak kejutan dalam bentuk camilan yang dijamin membuat ketagihan. Sekilas daftar camilan berikut tampak umum, dalam artian bisa ditemukan di daerah lain dengan nama berbeda. Tapi, kalau kamu mau coba, cita rasanya benar-benar unik dan tak kalah dalam menggoyang lidah.

Apa aja, sih, camilan khas Manado yang perlu kamu coba? Ini dia daftarnya.

1. Dodol Amurang

Wajib Dicoba, 6 Cemilan Khas Manado yang Bikin Nagih!KSMTour.com

Seperti halnya Garut dan beberapa daerah di Indonesia yang juga memiliki panganan sejenis dodol, di Manado kamu bisa mencoba makanan satu ini dan dijamin tidak hanya kemasannya juga rasanya membedakan dari dodol lainnya.

Yup, dodol amurang. Panganan yang terbuat dari campuran gula aren, beras ketan, minyak kelapa murni, kacang, dan kayu manis ini banyak terdapat di Kabupaten Minahasa Selatan.

Harga makanan wajib dalam acara syukuran masyarakat Manado ini berkisar Rp500 sampai Rp5.000  tergantung ukurannya.

2. Klappertaart

Wajib Dicoba, 6 Cemilan Khas Manado yang Bikin Nagih!SepotongKue

Klappertaart atau tart kelapa adalah kue khas Belanda dengan sentuhan budaya Indonesia.Bagi kamu para pecinta sejarah,
melewatkan kue ini saat berkunjung ke Manado bagai melukis langit tanpa awan alias melewat bagian terpenting yang pasti melekat dalam sejarah tanah Manado, guys.

Kue ini terbuat dari campuran kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa.Dan menurut sejarahnya juga nih, kue manis dengan tekstur selembut senyuman pujaan hati ini paling enak disajikan dingin, lho. Soal harga, klapertaart ini sendiri berkisar antara Rp15.000 - Rp60.000,- tergantung dari ukurannya.

3. Halua Kenari

Wajib Dicoba, 6 Cemilan Khas Manado yang Bikin Nagih!tokopedia

Bagi yang ingin mencoba tidaklah sulit menemukan camilan favorit masyarakat Manado ini, karena banyak sekali dijual di toko oleh-oleh. For your information aja, kudapan ini sangat mirip dengan ampyang dan dijamin cocok menemani kamu saat menyeruput kopi atau teh.

Cemilan yang berbahan dasar kacang kenari dengan lapisan gula merah yang dilebur ini bisa kamu dapatkan dengan harga antara Rp10.000,- s/d Rp45.000,- tergantung dari ukuran dan beratnya. Kacang kenari adalah tumbuhan yang tumbuh subur di Sulawesi Utara, tak heran ada olahan camilan berbahan dasar kacang kenari.

4. Pala manis

Wajib Dicoba, 6 Cemilan Khas Manado yang Bikin Nagih!

Bagi kalian penggemar olahan pala, cemilan khas Manado satu ini tidak boleh terlewatkan, guys. Meskipun tersaji dengan kualitas ekspor tapi kalian tak perlu khawatir karena harga rata-rata kudapan dengan tekstur mengkilap ini hanya berkisar 40.000 rupiah per bungkusnya.Selain itu, kalian bisa mendapatkan cemilan sehat ini di berbagai sudut kota Manado dan juga di counter Bandara maupun Pelabuhan Bitung.

5. Panada ikan tuna

Wajib Dicoba, 6 Cemilan Khas Manado yang Bikin Nagih!ResepUmi.com

Ini dia salah satu warisan sejarah penjajahan di tanah Manado selain klapertaart. Dan yang satu ini adalah warisan dari Bangsa Portugis.Panada yang berarti empanada atau isian makanan berupa ikan yang dibungkus roti. Sekilas kue ini seperti pastel dengan isian ikan cakalang dibumbu panpis yang merupakan campuran ikan cakalang yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang.

Harga kue yang merupakan salah satu makanan terpopuler di Manado ini dibanderol mulai Rp1.250,- bergantung dari isinya. So, ada harga untuk setiap sentuhan rasa pada isinya ya, guys.

6. Kacang goyang

Wajib Dicoba, 6 Cemilan Khas Manado yang Bikin Nagih!IndonesiaKaya

Aslinya, sih, ini Kacang atom dengan balutan terigu yang dilumuri gula. Namanya sendiri disesuaikan dengan proses pembuatannya. Eits, jangan kagetya kalau selain warnanya yang menggoda, ada campuran coklat van Houten, lho, yang menjadi salah satu bahan yang tercampur dalam panganan imut ini. Daerah yang terkenal sebagai pembuat kacang goyang adalah Kotamobagu.

Harga si manis warna warni ini berkisar antara 10.000,- rupiah sampai 25.000,- rupiah.

Farid Solana Photo Writer Farid Solana

an apprentice in the world of wordsmith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya