Comscore Tracker

7 Dessert Khas Guatemala, Referensi untuk Sajian Manis di Rumah

Kayu manis jadi rempah andalan

Guatemala merupakan salah satu negara di Amerika Tengah yang memiliki kebudayaan beragam, termasuk kulinernya. Beberapa kuliner khas negara tersebut hampir mirip dengan Meksiko. Selain itu, bahan dasar yang digunakan pun mudah ditemukan di daerah tropis lainnya, seperti labu siam dan pisang.

Ingin membuat dessert sendiri dan berbeda dari biasanya? Berikut ini tujuh dessert khas Guatemala yang bisa kamu jadikan referensi. Let's check this out!

1. Polvorosas

7 Dessert Khas Guatemala, Referensi untuk Sajian Manis di Rumahbaconismagic.ca

Polvorosas menjadi salah satu makanan penutup yang populer di beberapa negara, termasuk Guatemala, Venezuela, dan Kolombia. Meski serupa, yang membedakan dari negara lainnya yakn taburan gula halus di atasnya.

Kue kecil yang bisa kamu makan dalam sekali lahap ini terbuat dari tepung. Sedangkan rasa khasnya berasal dari tambahan kayu manis. Kalau di Indonesia, sekilas mirip dengan kue bagea. 

2. Borracho

7 Dessert Khas Guatemala, Referensi untuk Sajian Manis di Rumahcraftlog.com

Masih dengan dessert manis, borracho menjadi salah satu dessert yang mudah kamu temui di Guatelama. Ini sebenarnya kue bolu ringan yang disiram dengan sirup. Bukan sirup biasa, melainkan sirup rum atau gula cair yang dimasak dengan kayu manis.

Sedangkan topping-nya berupa buah segar. Ada pula puding tepung maizena yang dicampur dengan susu. Bisa juga ditambahkan kismis supaya makin kaya rasa. 

3. Rellenitos de platano

7 Dessert Khas Guatemala, Referensi untuk Sajian Manis di Rumahthefoodieskitchen.com

Selain kue, ada rellenitos de platano yang menjadi dessert manis selanjutnya. Meski berbahan dasar pisang, ini bukan sekadar pisang goreng, lho. Melainkan pisang yang dihaluskan, kemudian diisi dengan kacang.

Kacang tersebut sudah dimasak dengan cokelat dan gula atau madu. Jangan lupa, tetap tambahkan kayu manis pada pisang yang telah dihaluskan sebelumnya. Kemudian digoreng dan ditaburi gula halus. Bisa disajikan saat masih hangat maupun dingin.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Unik di Guatemala City, Keren Banget!

4. Chancelatas

7 Dessert Khas Guatemala, Referensi untuk Sajian Manis di Rumahmayatrails.com.gt

Kalau kamu sering menjumpai olahan labu siam berupa sayur lodeh maupun tumis, coba deh bikin dessert. Meski tampak aneh bagimu, nyatanya chancelatas mudah ditemukan di seluruh wilayah Amerika Latin, lho. 

Chancelatas terbuat dari labu siam yang direbus, kemudian dipotong menjadi beberapa bagian. Setelah itu diambil daging buahnya dan dihaluskan bersama campuran lain, termasuk gula, kayu manis, dan kismis. Uniknya, isian tersebut diletakkan kembali di atas kulit labu siam dan dipanggang.

5. Pan de banano

7 Dessert Khas Guatemala, Referensi untuk Sajian Manis di Rumahhaceloconhuevos.com

Kembali menggunakan pisang sebagai bahan dasar, kali ini ada pan de banano. Roti pisang sederhana ini merupakan dessert klasik di Guatemala. Selain itu, terbilang mudah dalam pembuatannya.

Bahan dasar untuk rasa autentik cukup dengan tepung, gula, pisang dan kayu manis. Namun, sering kali ditambahkan kismis dan perasa lainnya, seperti vanilla.

6. Empanadas dulces

7 Dessert Khas Guatemala, Referensi untuk Sajian Manis di Rumahtrendhunter.com

Empanadas dulces sekilas mirip dengan pastel basah yang sering kamu jumpai di antara jajan pasar. Namun, dessert satu ini memiliki rasa manis dan taburan gula di atasnya. Sedangkan isiannya berupa selai buah atau krim vanilla. 

Dessert manis ini juga mudah kamu temui di toko-toko roti di negara asalnya. Secara tradisional, justru menjadi bagian dari perayaan menjelang Hari Paskah. 

7. Bocado de reina

7 Dessert Khas Guatemala, Referensi untuk Sajian Manis di Rumahfacebook.com/comidayrestaurante

Berbeda dari ragam dessert sebelumnya, kali ini justru terbuat dari roti sisa. Kalau kamu punya roti sisa, bisa nih buat sendiri di rumah. Cukup tambahkan susu kental manis, telur, ekstrak vanilli, dan kayu manis.

Sedangkan variasi lainnya yakni menambahkan pisang yang dihaluskan. Ada pula kismis atau choco chips

Itulah tadi ketujuh dessert khas Guatemala yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat sajian manis di rumah. Mau buat yang mana nih? 

Baca Juga: 5 Aneka Dessert Berbahan Greek Yoghurt untuk Ide Dessert di Rumah

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya