Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Tanaman Langka Asal Tiongkok

Fosil hidup yang tahan api

Ginkgo biloba merupakan tanaman dari famili Ginkgoceae yang berasal dari Tiongkok. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang unik seperti kipas. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini, biasanya muncul sebagai obat di film atau drama kolosal China. Buat kamu yang belum tahu dan masih penasaran seperti apa sih tanaman ginkgo ini, yuk simak fakta-faktanya!

1. Sering disebut "fosil hidup"

5 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Tanaman Langka Asal Tiongkokpixabay.com/marzena7-4247462/

Ginkgo ini dipercaya hidup sejak 200 juta tahun yang lalu atau periode Jurassic. Ginkgo yang pernah ditemukan di Tiongkok berusia lebih dari 3.500 tahun. Tanaman ini memiliki kemampuan adaptasi yang cukup tinggi dan tahan terhadap serangan hama penyakit. Sehingga dapat tumbuh subur di lingkungan tercemar sekalipun. Hal tersebut yang menjadikan ginkgo tetap dapat bertahan hidup hingga saat ini. 

2. Termasuk jenis dioecious

5 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Tanaman Langka Asal Tiongkokpixabay.com/punch_ra-715918

Dioecious merupakan sebutan bagi tanaman yang pohon pejantan dan betinanya terpisah. Ginkgo jantan memiliki kerucut, terlihat seperti jari terkulai yang menghasilkan serbuk sari. Sedangkan betinanya memiliki ovula berwarna hijau. Ginkgo memanfaatkan angin untuk membantu dalam penyerbukan. Buahnya berwana kuning hingga oranye dan akan berbuah setelah 15 - 20 tahun.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kombucha, Teh Fermentasi dengan Segudang Manfaat

3. Salah satu tanaman yang selamat dari bencana

5 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Tanaman Langka Asal Tiongkokthisnzlife.co.nz

International Union for Conservation of Nature (IUCN) merupakan . Sedangkan daftar merah IUCN merupakan indikator penting dalam keanekaragaman hayati dunia yang dapat menginformasikan tingkat kelangkaan flora dan fauna. Ginkgo menjadi salah satu tanaman asal Tiongkok yang terancam punah.

Bahkan menjadi satu-satunya spesies yang masih ada dari divisi Ginkgophyta.  Tapi kamu masih bisa menemukannya di Provinsi Zhejiang dan Guizhou, China Tengah. Selain itu juga terdapat di Golden Gate Park, San Francisco serta jalanan Manhattan serta Jepang.

4. Dihormati penganut agama Buddha, Shinto dan Konghucu

5 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Tanaman Langka Asal Tiongkoklinnea.ch

Ginkgo memiliki makna khusus bagi penganut Koghucu. Pada jaman kuno, mereka menghabiskan waktu yang cukup lama untuk membaca, menulis dan berpikir di bawah pohon tersebut. Ginkgo biasanya sengaja ditanam di kawasan kuil Buddha dan Shinto dan menjadikannya sumber makanan serta obat-obatan tradisional.

5. Sering dijadikan obat-obatan tradisional

5 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Tanaman Langka Asal Tiongkokhealth.harvard.edu

Ginkgo sudah dijadikan sebagai obat sejak jaman dahulu hingga saat ini. Beberapa manfaatnya, antara lain mengandung flavonoid dan terpenoid. Sehingga dapat berperan sebagai antioksidan yang bisa menetralisir efek radikal bebas. Selain itu, dalam pengobatan tradisional Tiongkok, biji ginkgo digunakan untuk meningkatkan aliran darah dan masih banyak lagi kegunaannya untuk kesehatan.

Itulah beberapa fakta tentang ginkgo biloba yang bisa menambah pengetahuanmu terhadap keanekaragaman hayati dunia. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Miso, Bumbu Masak Dari Kedelai Fermentasi Khas Jepang  

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You