Comscore Tracker

7 Kreasi Bongko Khas Nusantara, Sajian Manis untuk Berbuka Puasa

Hanya ada di bulan Ramadan, lho! #ANGPOIN

Pernah dengar bongko? Yups, kuliner tradisional yang dibungkus dengan daun pisang ini memang jarang ditemui. Bahkan, di beberapa daerah asalnya hanya dapat ditemui saat Ramadan.

Buat kamu yang ingin menikmati kelezatannya, tapi bingung beli di mana, bisa buat sendiri. Kamu pun bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Berikut ini kreasi bongko khas Nusantara, cocok juga buat takjil buka puasa. 

1. Bongko kopyor

7 Kreasi Bongko Khas Nusantara, Sajian Manis untuk Berbuka Puasainstagram.com/anindyakitchen

Bongko kopyor menjadi salah satu kuliner khas Gresik yang hanya dapat ditemui saat Ramadan. Sekilas akan mirip dengan bubur sumsum tapi dengan beragam isian. Isiannya pun cukup lengkap dan dapat disajikan saat masih hangat atau dingin. 

Beberapa di antaranya menggunakan tepung beras, roti tawar, sagu mutiara dan irisan buah. Kemudian diberi santan dan dibungkus dengan daun pisang. Ada pula yang tidak menggunakan tepung beras.

2. Bongko kelapa muda

7 Kreasi Bongko Khas Nusantara, Sajian Manis untuk Berbuka Puasainstagram.com/renata_widianto

Bongko kelapa muda bisa menjadi referensi buatmu yang mau berkreasi di rumah. Kali ini menggunakan tepung beras, tepung sagu dan kelapa muda. Kamu bisa menambahkan irisan nangka dan gula merah sebagai isian.

Kreasi bongko satu ini memiliki cita rasa manis dan gurih dari kelapa muda serta santan. Jangan lupa tambahkan daun pandan untuk menghasilkan aroma yang menggoda. 

3. Bongko pisang

7 Kreasi Bongko Khas Nusantara, Sajian Manis untuk Berbuka Puasainstagram.com/dapoersikoko

Kalau kamu gak mau ribet, bongko pisang bisa menjadi pilihan. Sekilas seperti nagasari, tapi sedikit berbeda. Irisan pisang bukan sebagai isian, melainkan dimasukkan setelah larutan tepung matang.

Prosesnya pun makin panjang, meski udah dicampur, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Cara membungkusnya pun berbeda, bukan memanjang tapi lebih mirip botok. Kalau gak ada daun pisang, bisa menggunakan wadah lainnya. 

Baca Juga: Resep Es Bongko, Dessert Ala Pontianak yang Segar nan Mengenyangkan

4. Bongko palinggam

7 Kreasi Bongko Khas Nusantara, Sajian Manis untuk Berbuka Puasainstagram.com/mega__salsabila

Bongko palinggam berasal dari daerah Palinggam, Kota Padang. Kuliner satu ini juga hanya ada saat Ramadan, konon cukup sulit ditemukan. Hijau menjadi warna khasnya dengan kuah santan.

Seperti bongko pada umumnya, bongko palinggam juga terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan air daun pandan. Gak heran kalau warnanya hijau dengan aroma khas. Sedangkan untuk kuahnya menggunakan santan kelapa yang dicampur dengan gula aren.

5. Bongko sagu mutiara

7 Kreasi Bongko Khas Nusantara, Sajian Manis untuk Berbuka Puasainstagram.com/heti_sulistiana

Bongko sagu mutiara juga disebut awug mutiara. Kreasi bongko satu ini tidak menggunakan tepung, melainkan parutan kelapa dan sagu mutiara. Sedangkan pemanisnya menggunakan gula pasir.

Pembuatan bongko sagu mutiara membutuhkan waktu yang cukup lama. Tentunya, supaya sagu mutiara benar-benar matang dan mengembang. Kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan bahan lainnya, termasuk vanili dan daun pandan. Setelah itu, dibungkus dan dikukus hingga matang. 

6. Bongko nangka

7 Kreasi Bongko Khas Nusantara, Sajian Manis untuk Berbuka Puasalestariweb.com

Buat kamu yang suka kudapan manis, coba deh nikmati bongko nangka. Bahan dasar yang dibutuhkan pun gak banyak, cukup nangka, tepung terigu, gula merah, garam dan santan. Kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Kamu pun cukup memasak semua bahan sekaligus, kecuali nangka. Kamu bisa memberi dua sendok nangka yang sudah dipotong kecil-kecil setiap bungkusnya. Kemudian dikukus hingga aromanya harum. 

7. Es bongko

7 Kreasi Bongko Khas Nusantara, Sajian Manis untuk Berbuka Puasainstagram.com/sriwarrrdani

Kalau kamu udah bosan dengan bongko yang itu-itu aja, coba deh buat es bongko. Es satu ini terkenal di Kalimantan Barat, lho. Pas banget buat hidangan menyegarkan saat buka puasa, nih.

Berbeda dari sebelumnya, adonan bongko kali ini terbuat dari tepung hunkwe, yakni berasal dari kacang hijau. Biasanya menggunakan jus pandan untuk memberi warna hijau dan tentu aroma khas. 

Sedangkan untuk kuahnya terbuat dari santan yang telah diberi gula merah dan gula pasir. Beberapa di antaranya juga menambahkan susu kental manis. Jangan lupa es batunya, ya!

Itulah tadi ketujuh kreasi bongko khas Nusantara yang cocok kamu jadikan takjil buka puasa. Jangan sampai salah dengan bongko khas Jepara atau Pemalang yang gurih dengan isian daging ayam. Berani buat sendiri di rumah? 

Baca Juga: Resep Es Bongko Khas Pontianak yang Segar Gurih, Enaknya Kebangetan!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya