Comscore Tracker

Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selera

Inspirasi makanan rumahan nih #LokalIDN

Kecipir menjadi salah satu tanaman merambat yang sering diolah menjadi beragam makanan. Banyak negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang memanfaatkannya sebagai sayuran pendamping nasi. Kecipir atau kacang botol ini terbilang renyah, mudah ditemukan, dan diolah.

Ada kecipir tapi masih bingung mau dimasak dengan cara apa? Berikut ini olahan kecipir yang mudah dan menggugah selera. Let's check this out!

1. Kulub kecipir dengan sambal pecel

Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selerainstagram.com/rahma_henik

Olahan kecipir yang paling mudah dan pas benget dengan cita rasa Nusantara, yakni kulub. Kamu pun cukup memotongnya menjadi beberapa bagian, kemudian direbus. Bisa juga dicampur dengan sayur lainnya, setelah itu beri sambal pecel di atasnya. 

Cara mengolah kecipir satu ini banyak kamu temui di daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah. Makin nikmat dengan lauk tahu, tempe dan rempeyek. Pas banget buat sarapan, ya. 

2. Urap-urap kecipir yang gak kalah praktis

Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selerainstagram.com/jantiew

Selain kulub kecipir dengan sambal pecel, urap-urap juga bisa kamu coba. Cara membuatnya pun cukup praktis dan hampir mirip. Setelah kecipir direbus, tambahkan parutan kelapa yang telah dicampur dengan bumbu halus seperti cabai, bawang putih, dan garam.

Selain kecipir, kamu bisa menambahkan sayuran lain seperti kacang panjang atau taoge. Setelah itu, aduk hingga tercampur merata. Siap dinikmati sebagai pendamping nasi.

3. Sayur lodeh kecipir, makanan rumahan untuk dinikmati bareng keluarga

Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selerainstagram.com/ourbreakfasting

Sayur lodeh seolah menjadi primadona dibanding makanan rumahan lainnya. Kamu pun bebas menggunakan sayur yang akan diolah, salah satunya kecipir. Meski terbilang sederhana, tapi menggugah selera.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun seperti membuat sayur lodeh pada umumnya. Kamu juga bisa menambahkan rebon kering dan tahu kuning supaya makin nikmat. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Sayur Kecipir bagi Kesehatan!

4. Tumis kecipir, nikmatnya menggugah selera

Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selerainstagram.com/yscooking

Kalau kamu gak mau ribet dengan sayur lodeh yang bersantan, tumis atau oseng kecipir bisa jadi pilihan. Kamu cukup menggunakan kecipir dan cabai merah yang diiris halus. Bisa juga kamu tambahkan tempe, tahu, serta potongan tomat.

Sumber protein lain yang bisa kamu tambahkan, yakni teri atau rebon kering. Makin nikmat disantap dengan nasi ketika masih hangat. 

5. Mau coba olahan kecipir dari negeri tetangga? Salad kecipir ala Thailand

Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selerainstagram.com/awesomethingzinlife

Yum tuapu adalah salad kecipir ala Thailand ini bisa menjadi menu barumu. Olahan kecipir ini sangat populer di Thailand, isiannya pun cukup beragam. Biasanya ditambahkan udang dan daging ayam.

Beberapa bahan yang membuat hidangan ini memiliki cita rasa khas, yakni tambahan daun mint dan kecap ikan. Tidak lupa tambahan telur ayam sebagai sumber protein lainnya. Makin lengkap, kan?

6. Ikan kakap dan kecipir ala Vietnam

Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selerasbs.com.au

Kalau kamu mau mengombinasi sayur dan ikan, olahan ikan kakap dan kecipir ala Vietnam ini patut dicoba. Beberapa bumbu wajib untuk membuat olahan kecipir satu ini, yakni lada hitam dan saus ikan. Supaya gak bau amis, kamu perlu menambahkan air jeruk nipis.

Di Vietnam, olahan ikan kakap dan kecipir ini disajikan dengan anggur laut. Perpaduan rasa asam, gurih, dan segar bikin penasaran. Berani coba di rumah?

7. Tempura kecipir yang cocok jadi camilan

Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selerafoodandwine.com

Satu lagi nih olahan kecipir yang bisa kamu coba di rumah. Berbeda dari sebelumnya yang menjadi pendamping nasi, kali ini ada tempura. Rasanya yang renyah dan sedikit manis cocok nih buat camilan sayur. 

Kalau kamu ingin membuat tempura vegan tanpa telur, gunakan soda dan baking powder. Sedangkan untuk menjaga tempura tetap renyah, biarkan adonan dingin sampai siap digoreng. Jangan lupa, rebus kecipir dengan air dan garam sebelum dibalut dengan adonan.

Itulah tadi ketujuh olahan kecipir yang mudah dibuat dan menggugah selera. Kamu mau coba yang mana nih? 

Baca Juga: 5 Trivia Japchae, Tumis Soun Sayur ala Korea Sejak Dinasti Joseon

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya