Comscore Tracker

5 Manfaat Kesehatan Biji Kaskas, Mirip Biji Wijen yang Kaya Nutrisi

Biji kaskas sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan

Biji kaskas atau disebut juga dengan poppy seed merupakan biji-bijian yang dihasilkan oleh tanaman opium, sejenis tumbuhan yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan narkotika. Namun, tenang dulu. Biji kaskas ini aman dikonsumsi, kok. Bahkan, sering dimanfaatkan orang sebagai olahan untuk makanan, seperti makanan asin, kue, dan kukis. 

Nah, apa sajakah manfaat kesehatan yang dimiliki oleh biji kaskas ini? Daripada membuat kamu penasaran, mending langsung saja ke pokok pembahasannya. Yuk, disimak!

1. Mampu meningkatkan proses pembekuan darah dan jaringan ikat 

5 Manfaat Kesehatan Biji Kaskas, Mirip Biji Wijen yang Kaya Nutrisiilustrasi memeriksa tekanan darah (freepik.com/Stefamerpik)

Kandungan unsur yang terdapat pada biji kaskas atau poppy seed ternyata cukup banyak, lho. Beberapa di antaranya unsur mangan, tembaga, kalsium, magnesium dan unsur kimia lainnya.

Unsur mangan yang terdapat pada biji kaskas ini berperan dalam membantu tubuh memproses asam amino, lemak, dan karbohidrat serta juga meningkatkan proses pembekuan darah. Sedangkan unsur tembaga berperan dalam membentuk jaringan ikat.

Dilansir Healthline, berikut nutrisi yang terdapat pada biji kaskas:

Kalori: 46
Protein: 1,6 gram
Lemak: 3,7 gram
Karbohidrat: 2,5 gram
Serat: 1,7 gram
Mangan: 26% dari Nilai Harian (DV)
Tembaga: 16% dari DV
Kalsium: 10% dari DV
Magnesium: 7% dari DV
Fosfor: 6% dari DV
Seng: 6% dari DV
Tiamin: 6% dari DV
Besi: 5% dari DV

2. Menurunkan gangguan insomnia 

5 Manfaat Kesehatan Biji Kaskas, Mirip Biji Wijen yang Kaya Nutrisiilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Buat kamu yang mengalami gangguan insomnia, menggunakan biji kaskas sebagai obat, bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi gangguan susah tidur yang kamu alami.

Biji kaskas mengandung senyawa opioid yang dapat meredakan stres dan juga membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Caranya, kamu cukup menambahkan beberapa sendok biji kaskas ke dalam susu hangat, lalu diminum sebelum tidur. Dijamin, tidurmu menjadi lebih nyenyak dan pulas.

Baca Juga: 9 Olahan Unik dari Bahan Biji Wijen, Gak Hanya Onde-onde

3. Meningkatkan kesehatan jantung 

5 Manfaat Kesehatan Biji Kaskas, Mirip Biji Wijen yang Kaya Nutrisiilustrasi jantung sehat (freepik.com)

Biji kaskas memiliki banyak serat yang terkandung di dalamnya. Serat berperan aktif menjaga keseimbangan kolesterol di dalam tubuh.

Biji kaskas juga kaya dengan zat besi yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, terdapat pula asam lemak omega-3 yang mampu mengurangi gangguan penyakit jantung. Yuk, cobain mengonsumsi biji kaskas ini, untuk menjaga jantung kamu tetap sehat!

4. Membantu mengatasi gangguan pencernaan 

5 Manfaat Kesehatan Biji Kaskas, Mirip Biji Wijen yang Kaya Nutrisiilustrasi sistem pencernaan yang sehat (freepik.com/Wayhomestudio)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, manfaat serat yang terdapat pada biji kaskas, selain dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, juga dapat menjaga sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Rutin menambah biji kaskas ke dalam makananmu dengan takaran yang cukup, dapat membuat kamu terhindar dari masalah sembelit dan diare.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

5 Manfaat Kesehatan Biji Kaskas, Mirip Biji Wijen yang Kaya Nutrisiilustrasi gigi yang sehat (freepik.com/Tirachardz)

Biji kaskas mengandung unsur mineral yang cukup tinggi. Di antaranya ada mangan, kalsium dan tembaga.

Unsur mangan berfungsi membantu memproduksi protein kolagen yang dapat melindungi tulang dari gangguan. Sedangkan kalsium dan tembaga mempunyai peran dalam meningkatkan kesehatan pada tulang.

Itulah lima manfaat kesehatan biji kaskas. Tenang, biji kaskas aman dikonsumsi, lho. Jadi, kamu kamu gak perlu khawatir mengenai keamanan dan legalitas penggunaan biji kaskas ini sebagai makanan.

Baca Juga: 5 Macam Bumbu Berbahan Biji Wijen, Akrab untuk Masakan Enak

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing." || Instagram: @ffz_23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya