Comscore Tracker

5 Makanan Ini Wajib Kamu Konsumsi Saat Diare Melanda

Dijamin deh diare langsung minggat

Di musim hujan seperti sekarang ini, tubuh lebih rentan terserang berbagai jenis penyakit. Salah satunya diare.

Meskipun tidak sedikit orang yang menyepelekan dan menganggap enteng penyakit diare, ada baiknya kamu menangani diare dengan serius agar aktivitas sehari-hari kamu tidak terganggu. Selain istirahat yang cukup dan mengonsumsi obat atau cairan elektrolit yang sangat kamu butuhkan, memerhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi selama terserang diare juga sangat penting.

Kali ini IDN Times merekomendasikan makanan yang cocok kamu konsumsi selama terserang diare. Makanan-makanan ini bermanfaat untuk memadatkan feses dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

1. Makanan berkuah

5 Makanan Ini Wajib Kamu Konsumsi Saat Diare Melandapexels.com/NavadaRa

Berbagai macam jenis makanan berkuah wajib sekali kamu makan selama terserang diare. Cairan tubuh yang hilang karena diare pun dapat tergantikan dengan kuah sup favorit kamu.

Contoh makanan berkuah yang bisa kamu konsumsi selama diare yaitu sup ayam, sup tomat, sayur bayar, dan masih banyak lagi asalkan tidak mengandung lemak dan olahan susu seperti keju dan krim yang berlebihan, ya. Itu karena lemak dan olahan susu dapat membuat otot perut tegang dan memperparah diare yang sedang menyerang kamu.

2. Sayuran & buah-buahan yang tidak mengandung gas

5 Makanan Ini Wajib Kamu Konsumsi Saat Diare Melandapexels.com/rawpixel.com

Sayuran dan buah-buahan yang mengandung gas maksudnya adalah sayuran dan buah-buahan yang dapat membuat perut kamu kembung. Hal itu disebabkan oleh kandungan FODMAPs, yaitu karbohidrat rantai pendek yang bisa menghasilkan gas dalam perut. Kandungan tersebut mampu membuat usus besar kamu iritasi dan memparah diare.

Ada pun sayuran dan buah-buahan yang mengandung gas yaitu kangkung, brokoli, kubis, pir, mangga, dan masih banyak lagi.

Jadi, selain sayuran dan buah-buahan yang disebutkan di atas, kamu bisa mengonsumsinya agar nutrisi-nutrisi penting yang hilang saat kamu mengalami buang air besar berlebih dapat digantikan dengan baik. Contohnya seperti apel, pisang, wortel, kentang, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Bad Mood Saat PMS? Usir dengan 6 Menu Makanan Ini 

3. Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi

5 Makanan Ini Wajib Kamu Konsumsi Saat Diare Melandapexels.com/HuyPhan

Selain baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diare, dengan mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi mampu mengembalikan energi yang hilang dan memadatkan feses. Makanan dengan sumber karbohidrat yang tinggi yang bisa kamu konsumsi selama mengidap penyakit diare yaitu beras putih, kacang hijau, oatmeal, dan masih banyak lagi.

Agar lebih mudah dicerna oleh usus dan lambung, ada baiknya beras putih dan kacang hijau di olah menjadi bubur.

Hindari mengonsumsi beras merah selama diare. Meski pun baik untuk kesehatan, beras merah mengandung gas sehingga tidak baik jika dikonsumsi saat diare.

4. Makanan hambar

5 Makanan Ini Wajib Kamu Konsumsi Saat Diare Melandahealtline.com

Mengonsumsi makanan hambar alias memiliki cita rasa yang tidak cukup kuat ternyata mampu mempercepat proses penyembuhan diare, lho.

Salah satu pola makanan hambar yang sering dianjurkan oleh dokter untuk dikonsumsi oleh penderita diare adalah BRAT. BRAT merupakan singkatan dari Banana atau pisang, Rice atau nasi, Apple sauce atau pure apel, dan Toast atau roti panggang.

Bahan makanan yang terdapat pada pola makan BRAT memiliki serat yang padat dan mudah dihaluskan, sehingga sangat baik untuk organ pencernaan sekali pun sedang mengalami peradangan.

5. Probiotik

5 Makanan Ini Wajib Kamu Konsumsi Saat Diare Melandapexels.com/DariaShevtsova

Makanan probiotik seperti yogurt dan kefir ternyata dapat membantu dalam beberapa kasus.Probiotik mampu membantu mempercepat proses pemulihan dengan meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam usus.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, yogurt dan kefir dapat mengiritasi sistem pencernaan dan memperparah diare. Jadi, cukup konsumsi satu kotak kecil yogurt setiap harinya atau sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter.

Buruan gih dikonsumsi makanan-makanan yang sudah dibahas di atas. Biar kamu sehat lagi dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Baca Juga: Kamu Mengalami Sakit Perut Setelah Ngopi? Ini Penyebab Medisnya!

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You