Comscore Tracker

6 Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong untuk Kesehatan

Yakin masih males makan daun singkong?

Manihot Esculenta Crantz atau lebih dikenal dengan nama singkong merupakan sumber kalori terpenting ketiga setelah padi dan jagung. Selain umbinya, daun tumbuhan yang hanya bisa tumbuh dengan subur di negara tropis ini juga dapat dikonsumsi.

Namun, jika diolah dengan cara yang kurang tepat, daun singkong akan memiliki tekstur alot, pahit, dan mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Hal inilah yang membuat daun singkong kurang diminati. Padahal, terdapat enam manfaat yang akan kamu dapatkan dari rajin mengonsumsi daun singkong. Yuk, disimak.

1. Mencegah penuaan dini

6 Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong untuk Kesehatanpexels.com/brucemars

Antioksidan yang terkandung dalam daun singkong sangat melimpah sehingga tidak sedikit yang menyebutnya sebagai sumber antioksidan. Nah, antioksidan ini sendiri mampu mencegah terjadinya penuaan dini seperti keriput dan noda hitam.

2. Membantu meregenerasi sel

6 Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong untuk Kesehatanpexels.com/XimenaMora

Asam amino esensial seperti lisin, arginin, leusin, isoleusin,  dan valin yang terkandung dalam daun singkong dapat membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Tidak hanya itu saja, asam amino esensial juga berfungsi untuk menjaga sel-sel tubuh agar tetap bisa berfungsi dengan normal.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

6 Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong untuk Kesehatanpexels.com/MicahBoerma

Daun singkong mengandung vitamin C dan asam folat yang cukup tinggi. Kedua zat gizi tersebut mampu melawan mikroba penyebab infeksi dan radang seperti bakteri dan virus. Antioksidan yang terdapat dalam daun singkong juga dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Jadi, jika kamu ingin memiliki imunitas tubuh yang baik, tidak ada salahnya untuk menambahkan daun singkong dalam menu makanan kamu.

Baca Juga: 6 Daun Tanaman Ini Bisa Dijadikan Lalapan, Enak dan Menyehatkan

4. Baik untuk pencernaan

6 Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong untuk Kesehatanpexels.com/rawpixel.com

Serat yang terkandung dalam daun singkong sangat tinggi. Hal ini ternyata sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh karena dapat menyehatkan serta menjaga kesehatan usus besar manusia.  Selain itu, kamu pun akan terhindar dari segala jenis macam masalah pencernaan mulai dari sembelit hingga diare.

5. Penambah darah

6 Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong untuk Kesehatanpexels.com/PIxabay

Daun singkong mengandung zat besi yang sangat tinggi. Zat tersebut sangatlah dibutuhkan oleh mereka yang mengalami anemia. Jadi, tidak heran kalau dokter sering menganjurkan pasien yang menderita penyakit anemia untuk rajin mengonsumsi daun singkong.

6. Menjaga kehamilan

6 Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong untuk Kesehatanpexels.com/freestocks.org

Ibu hamil yang rawan terkena masalah anemia pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daun singkong selama masa kehamilan. Tidak hanya itu, daun singkong juga mengandung asam folat yang cukup tinggi, di mana zat ini sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin yang sedang dikandung,

Sekarang sudah tahu kan manfaat dari daun singkong? Jadi, jangan takut untuk menambahkan daun singkong ke dalam menu harian kamu, ya.

Baca Juga: Cooking 101: Cara Mengolah Daun Singkong Agar Empuk dan Tidak Pahit

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Ernia Karina

Just For You