Comscore Tracker

Resep Turkey Wellington Renyah ala Rumahan, Menu Kalkun yang Tak Biasa

Tak hanya daging sapi yang bisa diolah menjadi wellington

Wellington merupakan sajian daging yang diolah dengan lapisan pastry renyah di luarnya. Sebab dilapisi oleh puff pastry, maka tak heran bila tekstur luarnya renyah dan berpadu dengan lembutnya daging pada bagian bawah.

Jika biasanya menu wellington menggunakan daging sapi, maka menu ini justru menggunakan daging kalkun yang tidak kalah lezat. Penyajian menu wellington dengan daging kalkun ternyata bisa memberikan konsep menu menarik untuk dicicipi. Jika kamu ingin membuat sajian ini ala rumahan, maka kamu dapat mencoba resep berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Turkey Wellington Renyah ala Rumahan, Menu Kalkun yang Tak BiasaIlustrasi daging kalkun (solidstarts.com)

Bahan-bahan:

  • 1.6 kg dada kalkun tanpa kulit
  • Garam dan lada hitam secukupnya
  • Minyak zaitun
  • 1 ikat daun thyme segar
  • 1 x 340 gram selai cranberry
  • 25 gram jamur porcini yang telah dikeringkan
  • 600 gram jamur dengan beragam jenis (opsional)
  • 1 mentega unsalted
  • 2 x 500 gram puff pastry yang didinginkan sebelumnya
  • 1 butir telur kocok

2. Memanggang daging kalkun

Resep Turkey Wellington Renyah ala Rumahan, Menu Kalkun yang Tak BiasaIlustrasi memanggang daging kalkun (epicurious.com)

Proses pengolahan kalkun wellington dapat dimulai dengan memanaskan oven terlebih dahulu. Selanjutnya, persiapkan loyang untuk meletakan daging kalkun di atasnya. Tidak lupa dengan membaluri seluruh bagian daging kalkun menggunakan beberapa bahan seperti minyak zaitun, setengah dari daun thyme segar, hingga selai cranberry.

Sebelum memulai proses pemanggangan, kamu juga dapat membalurinya dengan garam dan lada, serta meratakannya agar cita rasanya pas. Proses pemanggangannya memakan waktu sekitar 60-70 menit. Jika sudah, maka kamu dapat menyisihkannya.

Baca Juga: Resep Sup Kalkun Kuah Santan yang Penuh Cita Rasa, Sedap Banget!

3. Mengolah jamur dan bahan-bahan lainnya

Resep Turkey Wellington Renyah ala Rumahan, Menu Kalkun yang Tak BiasaIlustrasi jamur porcini (italian-feelings.com)

Proses pengolahan selanjutnya akan dimulai dengan merendam jamur porcini di dalam air mendidih. Perendaman cukup memakan waktu sekitar 5 menit saja, lalu angkat dan dapat kamu aduk dengan menggunakan garpu. 

Untuk jamur lainnya yang sudah dipersiapkan, kamu hanya perlu mencampurkannya dengan mentega. Proses pengolahannya juga bisa menggunakan food processor sehingga kamu memperoleh tekstur yang renyah dan pas.

4. Mempersiapkan puff pastry dan memanggang turkey wellington

Resep Turkey Wellington Renyah ala Rumahan, Menu Kalkun yang Tak BiasaIlustrasi memanggang kalkun wellington (somethingood.co.uk)

Sebelum memulai untuk membungkus daging kalkun, pastikan puff pastry sebelumnya telah dibaluri tepung terlebih dahulu. Setelah itu, rapihkan setiap bagian puff pastry dan letakan dada kalkun di atasnya. Penambahan jamur yang telah diolah juga dapat kamu letakan di dalamnya. Lalu, kamu dapat mulai membungkus kalkun dengan puff pastry secara perlahan agar rapih dan tertutup sempurna.

Jika semua sudah selesai, maka persiapkan telur yang sudah dikocok untuk dibaluri ke seluruh bagian dari puff pastry. Proses pemanggangannya akan memakan waktu sekitar 50-60 menit hingga berwarna kecokelatab dan renyah pada bagian luarnya. 

5. Sajikan turkey wellington selagi hangat

Resep Turkey Wellington Renyah ala Rumahan, Menu Kalkun yang Tak BiasaTurkey wellington (gordonramsay.com)

Bila proses pemanggangan telah selesai, diamkan sejenak selama kurang lebih 10 menit di suhu ruang. Cara ini akan membuat kalkun wellington lebih mudah dikomsumsi.
Proses penyajiannya dapat dilakukan dengan menambahkan olahan jamur dan saus pada sisinya. Tentunya proses penyajiannya yang masih hangat dapat memberikan cita rasa tersendiri.

Tidak sulit dalam membuat kalkun wellington rumahan yang bisa dibuat dengan mudah. Kamu juga bisa bikin sendiri, lho!

Baca Juga: Resep Sosis Kalkun untuk Menu Sarapan, Gak Selalu dari Daging Sapi!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya