Comscore Tracker

5 Bahan Tradisional Ini Ternyata Bisa Mengurangi Hormon Stres!

#PANJATPOIN Yang alami lebih baik daripada obat

Stres adalah gangguan mental yang paling sering terjadi dan umumnya banyak menjangkiti orang-orang yang hidup di perkotaan. Stres mempengaruhi perasaan, pikiran, suasana hati, perilaku, dan bahkan kesehatan fisik seseorang. Namun, stres dapat diobati baik secara langsung lewat obat-obatan medis maupun tidak langsung seperti lewat terapi psikolog.

Buat kamu yang ingin bebas dari efek negatif obat-obatan, berikut adalah bahan tradisional yang bisa mengobati stres dan bebas efek samping. Apa saja?

1. Biji pala

5 Bahan Tradisional Ini Ternyata Bisa Mengurangi Hormon Stres!Tastessence.com

Biji pala berfungsi untuk merelaksasi otak dan merangsang perbaikan sel-sel otak. Biji pala juga dapat mengurangi efek kelelahan serta membuat suasana hati yang lebih baik, sehingga secara otomatis menghilangkan dan mengurangi stres. Untuk mendapatkan kualitas antidepresan dari biji pala, cukup tambahkan satu sendok makan bubuk pala lalu tambahkan pada teh manis hangat dan tambahkan juga sedikit perasan lemon.

2. Madu

5 Bahan Tradisional Ini Ternyata Bisa Mengurangi Hormon Stres!Thecostaricanews.com

Madu mengandung gula alami, mineral, vitamin, enzim, dan asam amino. Gula alami yang terkandung dalam madu dapat memperbaiki mood seseorang, memperbaiki suasana hati dan juga dapat mengendurkan saraf yang tegang. Asam amino yang terkandung dalam madu, triptofan, dapat meningkatkan kualitas tidur hal ini sangat berguna karena biasanya orang yang stres juga sering menderita insomnia ringan hingga sedang. Cukup makan satu sendok makan madu murni dua kali setiap hari, sekali di pagi hari, dan sekali sebelum tidur.

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Aman buat Penderita Diabetes, Tetap Manis

3. Apel

5 Bahan Tradisional Ini Ternyata Bisa Mengurangi Hormon Stres!Eatrightct.org

Buah apel kaya akan phytochemical dan mengandung vitamin B, fosfor, dan kalium. Apel juga mengandung quercetin, asam klorogenat, phloridzin, dan memiliki sifat antioksidan yang terbukti membantu melawan masalah yang berhubungan dengan stres seperti mudah cemas dan juga depresi. Nutrisi-nutrisi yang dikandung apel tersebut dapat membantu tubuh dalam memperbaiki sel-sel saraf yang rusak, memperbaiki fungsi otak, dan membantu melawan depresi.

4. Daging ayam

5 Bahan Tradisional Ini Ternyata Bisa Mengurangi Hormon Stres!Carinanorthqualitymeats.com.au

Ayam adalah sumber protein yang mengandung sedikit sekali lemak jenuh sehingga sangat bagus untuk menyeimbangkan kadar serotonin dalam tubuh. Daging ayam juga kaya akan asam amino triptofan, yang nantinya diubah tubuh menjadi serotonin, hormon yang mengakibatkan perasaan tenang dan rileks. Orang yang sedang stres biasanya memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dapat membuat otak merasa tegang dan tertekan, dan daging ayam dapat menjadi salah satu sumber vitamin B6 yang baik. Untuk mendapatkan nutrisi dari daging ayam secara maksimal, daging ayam sebaiknya dikonsumsi dengan cara direbus. 

5. Minyak ikan

5 Bahan Tradisional Ini Ternyata Bisa Mengurangi Hormon Stres!Lifehacker.com.au

Orang yang sedang stres biasanya kekurangan asam lemak omega-3 dalam tubuh mereka. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu memperbaiki fungsi otak, dan memperbaiki sel-sel saraf yang rusak, hal-hal tersebut sangatlah penting bagi orang yang menderita stres. Ikan-ikan seperti ikan sarden, ikan, salmon dan tuna banyak mengandung asam lemak omega-3. 

Nah kalau kamu stres bisa dicoba bahan-bahan alami ini sebelum kamu mencoba obat-obatan medis, karena bahan alami tidak mengandung bahan kimia buatan yang seringnya berbahaya untuk tubuh.

Baca Juga: Makan Melulu Padahal Gak Lapar? Bisa Jadi Kamu Mengidap Stress-Eating

Ika Diinan Photo Verified Writer Ika Diinan

Feel free to contact me: friskafebrianty@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya