Comscore Tracker

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Biar gak ganggu hidung tetangga!

Selain mengganggu diri sendiri, nyatanya bau mulut juga akan mengganggu orang lain. Maka, secara nggak langsung ini akan menurunkan kepercayaan diri.

Tapi, kamu nggak perlu galau lagi. Sebab, dilansir dari Treehugger dan Smile Direct Club ada berbagai makanan dan minuman untuk mengatasi bau mulut. Yuk simak delapan daftarnya!

1. Buah-buahan

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Ininaturalsolutionsmag.com

Agar bau mulutmu segera hilang, kamu bisa memilih buah-buahan bertekstur renyah seperti apel, pir, ataupun wortel. Sebab, buah-buahan seperti itu membantu mulutmu untuk memproduksi air liur guna membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

Sebagai contoh, apel. Saat kamu menggigit apel, itu sama dengan plak di gigimu sedang dibersihkan. Dan juga, buah ini sendiri mengandung deterjen alami, tutur Dr. Grenn. Bahkan, saking hebatnya buah apel, ia mampu bekerja tiga kali lebih ekstra untuk mencegah bau mulut.

2. Sayuran hijau

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Iniorientalcuisine.my

Kabar baik bagi kamu yang vegetarianSebab, sayuran hijau mampu untuk membasmi bau mulut yang mengganggu. Nah, kamu bisa mencoba sayuran hijau seperti bayam, selada, kangkung, peterseli, hingga kemangi.

Sayuran hijau membantu untuk menjaga pH internal agar seimbang dan kadar basa agar rendah, penyebab mulut kering yang mengakibatkan bau mulut dan mengandung klorofil sebagai pewangi alami. Cocok dicoba seusai mengkonsumsi bawang putih!

3. Jahe

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Inichatelaine.com

Selain menghangatkan, jahe mampu mencegah bau mulut sebab mengandung senyawa 6-gingerol. Senyawa tersebut membantu untuk merangsang enzim dalam liur yang berguna untuk memecah senyawa belerang di mulut, menurut laman Smile Direct Club.

Dengan mudah, kamu dapat mengkonsumsinya sebagai tambahan pada minuman atau makanan kesukaanmu.

4. Vitamin C

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Ininaukrinama.com

Nggak hanya menjaga kekebalan tubuh, rupanya vitamin C juga mampu untuk mencegah bau mulut dan merawat gusimu dengan cara vitamin C akan mengusir bakteri jahat penyebab bau mulut, dilansir dari Treehugger. Kamu bisa mengkonsumsinya dalam berbagai bentuk. Misalkan saja buah-buahan seperti buah beri, melon, ataupun jeruk. Yuk, dicoba!

Baca Juga: 5 Olahan yang Akan Membuat Napas Lebih Segar, Anti Bau Mulut!

5. Yogurt

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Ininewsbomb.gr

Tahukah kamu, jika yogurt mengandung bakteri baik? Nah, bakteri baik sendiri bertugas untuk memerangi bakteri jahat dan menurunkan kadar asam sulfit penyebab bau mulut. Bahkan, juga mampu untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah plak lho.

Hal ini diperkuat dengan adanya studi dari Asosiasi Internasional. Studi tersebut mengatakan bahwa mereka menemukan seseorang yang mengkonsumsi yogurt tanpa gula sebanyak 3 ons, 2 kali sehari selama 6 minggu mengalami penurunan bakteri jahat penyebab bau mulut.

6. Permen karet

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Inieltribuno.com

Wah, siapa sih yang nggak suka permen karet? Teksurnya yang kenyal bikin nagih.

Permen karet akan bekerja dengan cara menarik sisa-sisa makanan dan sel mati di gigimu. Dengan begitu, ini akan mengurangi bakteri penyebab bau mulut. 

Kembali ke tujuan awal untuk merawat, baiknya kamu jangan mengkonsumsi permen karet mengandung gula. Sebab, itu akan berdampak sebaliknya. Gunakan pilihan lain dengan mengkonsumsi permen karet menggunakan pemanis alami.

7. Teh hijau

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Inimykonosticker.com

Teh hijau mengandung antioksidan, polifenol, serta flavonoid. Nah, ketiga kandungan tersebut merupakan kombinasi yang epik untuk mencegah bau mulut.

Tapi, baiknya kamu konsumsi secukupnya ya. Sebab, terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau dapat memicu kerusakan gigi. Untuk pilihan lain, kamu bisa mengkonsumsi ekstrak teh hijau berbentuk suplemen.

8. Air putih

Bau Mulut Bikin Sesak Napas? Atasi dengan 8 Makanan dan Minuman Inimedicalnewstoday.com

Air putih paling mudah dicari tapi juga mudah dilupakan. Padahal, air putih nggak kalah pentingnya dengan makanan dan minuman di atas.

Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur dan cukup, mulutmu akan memproduksi air liur. Maka, air putih akan membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut. Jadi, jangan disepelekan lagi ya!

Nah, delapan makanan dan minuman di atas akan membantumu untuk mengatasi bau mulut. Yuk dicoba dan bersiap untuk mendapatkan napas segar!

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 11 Penyakit dan Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Kamu Bau Mulut

Garnis Sukma Photo Verified Writer Garnis Sukma

Hello there!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya