Comscore Tracker

6 Makanan Rantang Khas Sunda, Cocok buat Rekomendasi Kudapan Piknik

Menu wajibnya orang Sunda, nih #LokalIDN

Kuliner Indonesia punya banyak beragam sajian masakan khasnya sendiri. Seperti misalnya di Jawa Barat dengan sajian menu masakan Sunda yang paling digemari oleh masyarakat di sekitarnya.

Lantas, sajian menu apa sajakah yang paling raos disantap oleh orang Sunda?

1. Nasi liwet

6 Makanan Rantang Khas Sunda, Cocok buat Rekomendasi Kudapan PiknikNasi liwet (Pexels.com/wangjeanie)

Nasi liwet khas Sunda ialah nasi gurih yang dimasak dengan berbagai macam rempah pilihan yang terdiri dari santan, lengkuas, daun salam, batang serai, bawang putih, bawang merah, dan daun jeruk.

Nasi liwet dimasak menggunakan panci agar mendapatkan hasil kerak nasi yang lezat dan sangat berkesan tradisional. Selain itu, aroma dari nasi liwet ini juga sedap dan wangi sehingga membuat masakan menjadi begitu istimewa.

2. Tahu dan tempe goreng

6 Makanan Rantang Khas Sunda, Cocok buat Rekomendasi Kudapan PiknikTahu dan tempe (archive-en.netralnews.com)

Sama-sama dari bahan kacang kedelai, tahu dan tempe ini seringkali dijadikan lauk pauk andalan warga Sunda. Meskipun bernilai sederhana tapi rasanya sangat nagih jika disantap dengan berbagai menu lengkap lainnya.

Tahu goreng dan tempe goreng selalu setia dalam hidangan masakan Sunda yang bikin rasanya jadi otentik.

3. Ikan asin

6 Makanan Rantang Khas Sunda, Cocok buat Rekomendasi Kudapan PiknikIkan asin (Instagram.com/xsazha)

Ikan asin merupakan salah satu menu Sunda yang bikin nafsu makan jadi makin meningkat. Lalu, jenis ikan asin yang biasanya dikonsumsi dan tersaji dalam menu khas Sunda yaitu jambal roti.

Ikan asin jambal roti sangat disukai banyak orang Sunda. Jadi banyak yang dirindukan oleh para perantauan di luar sana jika sedang ingat dengan masakan kampungnya.

Baca Juga: 5 Resep Masakan Sunda Sederhana, Paling Enak untuk Menu Harianmu

4. Petai dan jengkol

6 Makanan Rantang Khas Sunda, Cocok buat Rekomendasi Kudapan PiknikPetai (Instagram.com/tanaman_buahdalam_pot)

Mungkin bagi beberapa orang jengkol dan petai adalah makanan yang paling dihindari karena aromanya yang begitu khas dan menyengat, sehingga mereka jadi enggan mencobanya. Sebaliknya, orang Sunda malah lebih senang dan menyukainya. 

Bagi orang Sunda, jika makan tanpa adanya petai dan jengkol seperti tidak lengkap rasanya. Oleh karena itu, mereka jadikan petai dan jengkol sebagai pelengkap makan supaya lebih nikmat.

5. Sambal ulek

6 Makanan Rantang Khas Sunda, Cocok buat Rekomendasi Kudapan PiknikSambal ulek (Instagram.com/heytheresia)

Sambal ulek merupakan menu yang paling banyak difavoritkan. Biasanya sebelum menyantap hidangan Sunda, sambal ulek diolah dadakan supaya cita rasanya tetap terjaga dan makin ketagihan.

Bahannya terdiri dari cabai rawit, tomat, bawang putih, bawang merah, terasi, serta ditambah bumbu lainnya. Kemudian, semua bahan dimasukkan ke dalam minyak panas di wajan, lalu digoreng sampai wangi.

Setelah itu angkat dan diulek sampai agak kasar. Sajikan bersama tambahan minyak goreng panas secukupnya. Hasilnya jadi pedas menggiurkan, deh.

6. Lalapan 

6 Makanan Rantang Khas Sunda, Cocok buat Rekomendasi Kudapan PiknikIlustrasi lalapan (Instagram.com/intan.nizam)

Lalapan seringkali dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam sajian masakan khas Sunda. Kalau gak ada lalapan, pasti rasanya kurang komplit bagi orang Sunda.

Meskipun mentahan, lalapan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, barulah dinikmati bersama nasi hangat dan menu lainnya. Umumnya lalapan Sunda bisa terdiri dari mentimun, daun kemangi, selada, dan kol. 

Itulah beberapa menu hidangan yang paling disukai orang Sunda. Nah, dari sekian menu masakan tadi sangat cocok juga buat kudapan rantang untuk hari piknikmu. Pokoknya sangat direkomendasikan!

Baca Juga: 7 Makanan Berbahan Dasar Tahu Khas Sunda, Mana Favoritmu?

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learn and learn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya