Comscore Tracker

Resep Caramel Popcorn ala Rumahan, Camilan Simpel untuk Nonton Film

Rasa gurih manisnya melekat di mulut 

Popcorn adalah camilan nikmat yang menawarkan kerenyahan yang menggoda, disertai berbagai macam rasa seperti manis, asin, dan gurih. Bukan hanya nikmat sebagai camilan yang enak, ternyata popcorn juga memiliki manfaat yang baik, yaitu dapat membantu meningkatkan suasana hati dan sistem kekebalan tubuh.

Pantas saja kita sangat menikmati makan popcorn ini, apalagi dengan berbagai varian rasa yang unik. Contohnya saja caramel popcorn yang banyak digemari, karena rasa manis caramelnya yang melekat di mulut. Cara membuat caramel popcorn juga gampang, bahkan bisa kita buat sendiri di rumah. Berikut adalah caranya:

1. Bahan-bahan dibutuhkan 

Resep Caramel Popcorn ala Rumahan, Camilan Simpel untuk Nonton Filmilustrasi biji jagung (pexels.com/Markus Winkler)

Bahan:

  • Biji jagung berondong, takaran sesuai selera
  • Margarin/butter secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • Sedikit garam

2. Cara membuat caramel popcorn ala bioskop 

Resep Caramel Popcorn ala Rumahan, Camilan Simpel untuk Nonton Filmilustrasi melelehkan margarin (pixabay.com/scratsmacker)

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat berondong jagung terlebih dahulu. Siapkan biji jagung berondong dengan takaran sesuai selera dan margarin atau butter secukupnya. Panaskan wajan teflon, lalu masukkan secukupnya margarin untuk dilelehkan. Kemudian masukkan biji jagung ke dalamnya, aduk-aduk hingga rata dengan margarin. Setelah itu tutup wajan agar biji jagungnya mengembang jadi berondong.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Popcorn agar Mengembang Sempurna, Semudah Itu!  

3. Panaskan biji jagung hingga merekah 

Resep Caramel Popcorn ala Rumahan, Camilan Simpel untuk Nonton Filmilustrasi berondong jagung (pixabay.com/Der_Mentor)

Panaskan biji jagung dengan margarin dengan cara diaduk-aduk sampai merata. Lalu tutup wajan, biarkan biji jagung tersebut sampai mengembang dan merekah jadi sekumpulan berondong. Untuk mengetahui perkembangannya, dengarkan suara meletup-letup dari dalam wajan yang ditutupi.

Jika suara letupannya sudah tidak terdengar lagi, buka tutup wajan untuk mengetahui kematangan biji jagungnya sudah merata atau belum alias jadi berondong semua. Setelah matang, angkat dan sisihkan jagung berondong ke wadah.

4. Cara  membuat caramel 

Resep Caramel Popcorn ala Rumahan, Camilan Simpel untuk Nonton Filmilustrasi karamel (pexels.com/Angele J)

Langkah kedua kali ini kita membuat caramel manis untuk popcorn. Cara membuatnya gampang, dengan bahan yang sederhana yaitu hanya gula pasir dan air bersih saja. Siapkan kedua bahan caramel tersebut dengan takaran secukupnya, lalu masukkan gula pasir ke wajan, tambahkan air secukupnya hingga menutupi permukaan gula pasir.

Biar panaskan sampai gula meleleh dan berwarna coklat, tapi jangan diaduk-aduk, diamkan hingga ada perubahan warna dan jangan sampai gosong. Jika sudah berwarna coklat, masukkan margarin secukupnya, aduk-aduk sambil tambahkan sedikit garam. Aduk-aduk rata sampai agak mengental, dan kalau sudah begitu langsung tuangkan ke jagung berondong.

5. Sajikan caramel ke popcorn untuk dinikmati  

Resep Caramel Popcorn ala Rumahan, Camilan Simpel untuk Nonton Filmilustrasi caramel popcorn (pexels.com/Anna Pyshniuk)

Setelah menjadi caramel yang agak mengental dan kecoklatan, langsung secepatnya tuangkan dan siramkan ke jagung berondong. Aduk-aduk sampai caramelnya merata ke seluruh popcorn, dan tenang aja tidak akan melempem dan tetap garing meskipun dicampur dengan cairan caramel.

Jika sudah tercampur rata, saatnya sajikan caramel popcorn ke dalam wadah stoples, dan selalu simpan dalam keadaan tertutup rapat, ya. Nikmatilah caramel popcorn sebagai teman ngemil nonton film di rumah.

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya