Comscore Tracker

Resep Ceker Krispi yang Renyah dan Gurih, Bikin Ketagihan! 

Ceker dengan cita rasa gurih dan renyah tahan lama  

Ceker menjadi salah satu bagian ayam paling difavoritkan hampir semua orang, karena dagingnya empuk dan kenyal, sehingga jika diolah ke berbagai macam masakan gurih akan menambah kenikmatannya. Kini olahan ceker pun beragam, salah satu olahan ceker paling populer adalah ceker krispi.

Ceker krispi banyak yang disukai karena daging yang lembut serta tekstur yang renyah dan gurih, jadi rasanya bikin ketagihan. Kita juga bisa membuat ceker krispi dengan cita rasa gurih dan renyahnya tahan lama yang bikin nagih, simak pembuatannya di bawah.

 1. Siapkan bahan untuk membuat ceker krispi

Resep Ceker Krispi yang Renyah dan Gurih, Bikin Ketagihan! ilustrasi tepung (pexels.com/ShotPot)

Bahan:

  • 500 gram ceker ayam
  • Tepung bumbu ayam krispi secukupnya
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya

Baca Juga: Resep Ceker Rica-Rica, Pedasnya Bikin Nafsu Makan Bertambah

 2. Cara membuat ceker krispi yang mudah

Resep Ceker Krispi yang Renyah dan Gurih, Bikin Ketagihan! ilustrasi ceker ayam mentah (pixabay.com/falco)

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu ceker, telur, kunyit, ketumbar hingga tepung bumbu. Pertama, cucilah ceker hingga bersih di bawah air mengalir, bersihkan ceker hingga kulit kuningnya terkelupas, dan kuku ceker dibuang. Bersihkan kembali dengan air mengalir, bisa tambahkan perasan jeruk nipis supaya ceker tidak bau amis dan aromanya lebih segar.

 3. Haluskan bahan bumbu untuk ceker

Resep Ceker Krispi yang Renyah dan Gurih, Bikin Ketagihan! Bumbu ulekan (Instagram.com/xiuyunk)

Jika ceker telah bersih, sisihkan ke dalam wadah. Selanjutnya, siapkan bahan bumbu seperti bawang putih, kunyit dan ketumbar, haluskan hingga merata. Bumbu yang telah halus, sisihkan dulu sebentar.

Kemudian, rebus air hingga panas, jika sudah, masukkan ceker dan bumbu halus. Masak ceker hingga matang dan bumbunya meresap. Setelah itu, angkat dan tiriskan ceker, kemudian sisihkan ke wadah dan biarkan hingga agak dingin.

 4. Membuat tepung krispi untuk ceker

Resep Ceker Krispi yang Renyah dan Gurih, Bikin Ketagihan! ilustrasi menambahkan tepung sagu (pexels.com/Klaus Nielsen)

Cara membuat ceker krispi biar renyah adalah menggunakan tepung dengan porsi yang tepat. Buatlah tepung krispi yang terdiri dari tepung terigu, tepung bumbu, telur, dan garam. Tepung terigu dan tepung bumbu dicampurkan ke dalam wadah, lalu pecahkan telur ke dalam wadah yang berbeda, beri sedikit air dan kocok hingga rata.

Ambil ceker satu per satu celupkan ke dalam telur, lalu gulingkan ke dalam tepung.
Kemudian ceker dicelup lagi ke dalam telur, dan gulingkan lagi ke dalam tepung sambil ditekan-tekan agar tepungnya lebih menempel. Lakukan hal yang sama dengan ceker lainnya, agar semua ceker terbaluti tepung krispi yang telah dibuat.

Baca Juga: Resep Tumis Ceker Ayam Pedas, Lauk yang Gak Bikin Bosan 

5. Goreng ceker ke dalam minyak panas hingga matang

Resep Ceker Krispi yang Renyah dan Gurih, Bikin Ketagihan! Ilustrasi ceker ayam krispi (youtube.com/The Bopha and Jonathan's Adventure Show)

Masukkan minyak goreng ke dalam wajan, panaskan. Jika minyak sudah panas, masukkan ceker hingga terbenam, goreng sampai matang dan berubah warna kuning keemasan. Jika ceker sudah terlihat garing, angkat dan tiriskan, kemudian sajikan ceker ke piring dan lengkapi dengan saus cocolan.

Resep ceker krispi ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menu camilan atau lauk makan. Salah satu rahasia membuat ceker krispi agar renyah tahan lama, dijamin suka!

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya